x

Mengenal Graeme Jones, Calon Pelatih Anyar Newcastle yang 'Salip' Conte dan Lampard

Selasa, 12 Oktober 2021 15:51 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Sempat dikaitkan dengan Antonio Conte, Frank Lampard, dan Steven Gerrard, justru Graeme Jones yang akan jadi pelatih pertama Newcastle United di era Arab Saudi.

FOOTBALL265.COM – Sempat dikaitkan dengan Antonio Conte, Frank Lampard, dan Steven Gerrard, justru Graeme Jones yang akan jadi pelatih pertama Newcastle United di era Arab Saudi.

Usai diambil alih oleh konsorsium yang dimotori Public Investment Fund Arab Saudi pimpinan putra mahkota Pangeran Mohammed bin Salman, klub Liga Inggris Newcastle United resmi menjadi klub kaya raya.

Perubahan status ini membuat The Magpies langsung dikaitkan dengan sejumlah pemain bintang, yang bisa mereka boyong di bursa transfer.

Baca Juga
Baca Juga

Tak hanya itu, mereka juga dihubungkan dengan sejumlah manajer papan atas untuk menggantikan Steve Bruce.

Sejumlah juru taktik jitu yang disebut-sebut di antaranya Antonio Conte, Frank Lampard, hingga Steven Gerrard.

Dari nama-nama itu, Lampard dan Conte berada di deretan teratas karena pengalaman mereka melatih di Liga Inggris, serta statusnya yang menganggur.

Di sisi lain, Newcastle disebut akan segera mendepak Steve Bruce pekan ini. Dengan demikian, mereka diharapkan sudah dipimpin pelatih baru saat menghadapi Tottenham di pekan kedelapan Liga Inggris, Minggu (17/10/21) malam WIB.

Baca Juga
Baca Juga

Meski demikian, mepetnya waktu negosiasi Lampard membuat sosok yang akan menjadi pelatih pertama Newcastle United di era Arab Saudi bukanlah nama-nama seperti Antonio Conte dan Frank Lampard.

Posisi itu kemungkinan besar akan menjadi milik asisten Steve Bruce, Graeme Jones. Dilansir Daily Mail, Jones diyakini akan menjadi pelatih interim sementara pihak klub mencari manajer permanen.

Lantas, siapa sebenarnya Graeme Jones dan layakkah ia menempati posisi pelatih utama Newcastle United meski hanya sementara? Berikut ulasannya:


1. Bawa Inggris ke Final Euro 2020

Graeme Jones asisten pelatih Newcastle United

Lahir pada 13 Maret 1970 di Gateshead yang merupakan kota tetangga Newcastle, Graeme Jones sempat berkarier sebagai pemain profesional pada 1991-2006. Namun, kariernya dihabiskan di klub-klub level bawah. Ia bahkan tak pernah bermain di kasta tertinggi Liga Inggris.

Pada 2007, ia memulai karier kepelatihannya pada Maret 2007 di Swansea, sebagai asisten dari Roberto Martinez. Ia kemudian mengikuti jejak Martinez yang pindah ke Wigan, Everton, hingga Timnas Belgia.

Perpisahan mereka baru terjadi 2018 ketika ia menerima pinangan sebagai asisten pelatih di West Brom. Setahun kemudian, Jones untuk pertama kalinya menjadi pelatih kepala usai menerima tawaran Luton Town.

Jones baru bergabung ke Newcastle pada Januari 2021 lalu. Empat bulan kemudian, ia ditarik ke tim pelatih timnas Inggris dan pada akhirnya membantu Tiga Singa menembus final Euro 2020.

Kinerja Jones sebagai pelatih kepala di Luton memang tak terlalu baik. Dalam 41 laga, ia hanya bisa membawa timnya meraih 12 kemenangan.

Meski demikian, performanya di Newcastle United terbilang apik. Ia berhasil membawa The Magpies bangkit dari 5 kekalahan beruntun, hingga akhirnya finis di posisi 15 dan lolos dari degradasi,

Ia pun menerima banyak pujian, salah satunya dari striker The Magpies, Callum Wilson. “Saya rasa kedatangan Jones pada Januari melengkapi manajer (Steve Bruce). Jones punya pemahaman taktik yang baik dan modern, sedangkan manajer punya kelebihan di sektor lain,” katanya dilansir Football London.

 Wacana penunjukan Jones sebagai pelatih sementara pun mendapat dukungan dari para suporter Newcastle United, yang terlihat dari berbagai unggahan di media sosial.

“Ini keputusan bagus sampai kandidat yang tepat ditemukan,” tulis akun @diam0ndeyesx.

“Biarkan Jones memimpin sampai mereka menemukan kandidat yang tepat. Saya tidak ingin klub membuat keputusan yang terburu-buru demi menyenangkan orang-orang. Jones dihormati oleh pemain, itu sudah jelas.”

Dengan pengalaman panjangnya di Inggris maupun di level internasional, meski hanya sebagai orang kedua, Graeme Jones diharapkan bisa membawa Newcastle United tampil apik di masa transisi, sebelum manajer permanen datang.

Menarik ditunggu apakah Jones benar-benar akan memimpin The Magpies saat menghadapi Tottenham, dan akan seperti apa kinerjanya sebagai orang nomor satu di St James’ Park.

BelgiaFrank LampardAntonio ConteNewcastle UnitedRoberto MartinezEuro 2020Steve BruceTimnas InggrisLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini