x

Bedah Formasi Barcelona Jika Xavi Hernandez Dapatkan 2 Incaran Utamanya

Jumat, 29 Oktober 2021 08:45 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga

FOOTBALL265.COMXavi Hernandez disebut menginginkan kehadiran Raheem Sterling dan Jules Kounde jika jadi pelatih baru Barcelona. Bakal seperti apa formasi Blaugrana jika hal itu terwujud?

Hasil buruk dialami Barcelona saat menjalani lanjutan Liga Spanyol, Kamis (28/10/21) dini hari WIB. Bertandang ke markas tim promosi Rayo Vallecano, Blaugrana tumbang dengan skor 0-1.

Kekalahan ini pun akhirnya menjadi laga terakhir Ronald Koeman bersama Barcelona. Pria Belanda itu didepak dari kursi pelatih kepala hanya beberapa jam setelah laga berakhir.

Baca Juga
Baca Juga

Manajemen klub pun kemudian menunjuk mantan bek legendaris mereka, Sergi Barjuan, yang saat ini membesut tim Barcelona B.

Meski demikian, Blaugrana terus bergerak untuk mencari pelatih anyar permanen. Satu nama yang digadang kuat adalah mantan gelandang mereka, Xavi Hernandez.

Berstatus sebagai pelatih Al-Sadd, Xavi menujukkan kinerja apik bersama klub Qatar itu. Dari 89 laga, ia berhasil membawa timnya meraih 61 kemenangan dan hanya menelan 16 kekalahan. Tak hanya itu, Al-Sadd juga dibawanya meraih 7 gelar.

Xavi sendiri mengaku ingin fokus lebih dulu bersama Al-Sadd, namun ia diyakinni akan hengkan ke Barcelona bulan depan usai membawa timnya menjalani 2 laga tersisa di Liga Qatar.

Di sisi lain, laman The Sun menyebut bahwa Xavi Hernandez sudah membidik 2 nama yang akan menjadi pembelian pertamanya, jika ia kembali ke Camp Nou.

Baca Juga
Baca Juga

Kedua sosok yang dimaksud adalah bintang Manchester City, Raheem Sterling, dan Jules Kounde yang merupakan bek andalan Sevilla.

Seperti diketahui, menit bermain Sterling menurun drastis musim ini seiring kedatangan Jack Grealish, sedangkan Kounde menjelma menjadi salah satu bek muda terbaik Eropa.

Lantas, bakal seperti apa formasi Barcelona bersama Xavi Hernandez jika sang mantan gelandang sukses memboyong 2 incarannya itu? Berikut ulasannya:


1. Ansu Fati Tergusur

Raheem Sterling aka jadi andalan baru di lini depan.

Jika kembali ke Camp Nou untuk membesut Barcelona, Xavi diyakini akan mengandalkan pola 4-3-3 yang mengghadirkan kesuksesan besar ketika ia masih bermain untuk Blaugrana.

Di sektor kiper, Marc-Andre ter Stegen masih akan menjadi andalan. Bintang Jerman itu tampil stabil selama beberapa musim terakhir, dan sudah mencatatkan 78 cleansheet dari 190 pertandingan.

Di lini belakang, Jules Kounde yang menjadi incaran Xavi jelas akan menjadi pilihan utama di sektor bek tengah. Sebagai partnernya, Xavi bisa menempatkan Gerard Pique yang matang dan berpengalaman.

Opsi lain adalah memasang sesama bek muda yakni Oscar Mingueza yang jadi andalan baru di lini belakang sejak debutnya akhir tahun lalu.

Sementara itu, dua posisi di full back kanan dan kiri akan ditempati oleh Sergino Dest dan Jordi Alba, yang sama-sama dikenal memiliki kemampuan yang baik dalam membantu serangan.

Di lini tengah, Xavi memiliki opsi berlimpah meski beberapa pilihan terbilang masih sangat belia.  Meski demikian, satu tempat akan menjadi milik bintang asal Belanda, Frenkie de Jong. Sosok pendamping de Jong bisa diserahkan kepada bintang muda terbaru Barcelona, Gavi, yang tampil bersinar musim ini.

Posisi Gavi juga bisa diisi bergantian oleh gelandang muda lainnya, Pedri maupun Riqui Puig. Pedri saat ini tengah cedera, sedangkan Puig ditepikan oleh Koeman.

Keduanya akan mengapit gelandang senior Sergio Busquets yang akan bertugas menjadi jangkar dan menjaga kedalaman tim.

Di lini depan, Sergio Aguero yang baru datang musim panas ini layak mengisi sektor ujung tombak, seiring ketajaman yang ia perlihatkan bersama Manchester City.

Sektor sayap kiri diisi oleh Raheem Sterling yang menjadi bidikan utama Xavi. Fakta bahwa Sterling dan Aguero pernah bermain bersama di City menjadi nilai tambah karena keduanya sudah memiliki pemahaman dan kerja sama yang baik.

Sementara itu, sektor kanan akan ditempati si pemilik nomor 10 yang baru, Ansu Fati. Sang wonderkid tampil apik musim ini dengan catatan 2 gol dan 1 assist hanya dari 4 laga Liga Spanyol. Meski berposisi natural di kiri, Fati bisa digeser ke kanan demi memberi tempat kepada Sterling.

Barcelona XI: ter Stegen; Dest, Kounde, Pique/Mingueza, Alba; de Jong, Busquetz, Gavi/Pedri/Puig; Fati, Aguero, Sterling.3

Raheem SterlingBarcelonaLaLiga SpanyolXavi HernandezSergio AgueroAnsu FatiBerita Liga SpanyolJules KoundePedriRiqui PuigGavi

Berita Terkini