x

3 Pemain Muda yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia di Grup B Piala AFF 2020

Senin, 6 Desember 2021 16:28 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Indonesia sebentar lagi akan menghadapi sejumlah lawan di penyisihan Grup B Piala AFF 2020.

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia sebentar lagi akan menghadapi sejumlah lawan di penyisihan Grup B Piala AFF 2020.

Sebagai pengingat, skuat Garuda berada di Grup B bersama Kamboja, Laos, Malaysia, dan Vietnam. Sementara itu Grup A diisi oleh Thailand, Timor-Leste, Myanmar, Filipina, dan Singapura.

Sesuai jadwal, anak-anak asuh Shin Tae-yong akan melakoni laga perdana kontra Kamboja pada Kamis (09/12/21). Setelah itu, mereka akan menghadapi Laos di laga kedua, Minggu (12/12/21).

Timnas Indonesia baru akan bertemu lawan berat di laga ketiga. Mereka akan menghadapi laga Vietnam di laga ketiga Grup B, Rabu (15/12/21). Baru setelahnya, melawan Malaysia, Minggu (19/12/21).

Baca Juga
Baca Juga

Total akan ada 26 pertandingan yang dilangsungkan di Piala AFF 2020, termasuk partai final yang bakal digelar dalam format dua leg.

Membahas siapa-siapa saja yang berada di satu grup dengan Timnas Indonesia, jelas Vietnam adalah calon lawan yang paling berat. Apalagi, jika mengingat status mereka sebagai juara edisi sebelumnya (2018).

Selain itu, dari 10 peserta yang berpartisipasi Vietnam adalah tim yang berperingkat paling tinggi di ranking FIFA (99).

Meski begitu, para calon lawannya seperti Kamboja, Laos, dan Malaysia juga tidak boleh dipandang sebelah mata begitu saja, termasuk Singapura yang kali ini mendapat kesempatan jadi ruan rumah kompetisi.

Baca Juga
Baca Juga

Berbicara soal kekuatan tim, sederet pemain dengan nama familier bakal turut memeriahkan laga Grup B Piala AFF 2020, termasuk para penggawa Vietnam yang turut andil membawa pulang trofi juara pada 2018.

Namun terlepas dari nama-nama lama atau pemain yang sudah punya reputasi apik, ada beberapa sosok muda yang pastinya siap menggebrak panggung Piala AFF 2020 yang sudah memulai kick-off hari Minggu kemarin.

Nah, berikut tersaji tiga pemain muda yang bisa merepotkan atau layak mendapat perhatian jelang pertandingan Timnas Indonesia di Grup B pekan ini. Siapa saja?


1. Siapa Saja 3 Pemain Muda Itu?

3 pemain muda calon lawan Timnas Indonesia di laga grup Piala AFF 2020.

Nguyen Thanh Binh (21 Tahun)

Yang pertama adalah pemain Vietnam, Nguyen Thanh Binh. Pemain Viettel Football Club ini baru saja mentas dari level U-23 beberapa waktu lalu.

Ia termasuk beruntung dipanggil untuk Piala AFF 2020 mengingat Park Hang-seo sempat mencoret empat nama pemain muda untuk ajang ini. Mereka adalah Ly Cong Hoang Anh, Pham Tuan Hai, Ho Thanh Min, dan Le Van Do.

Keputusan pencoretan ini pun dilatarbelakangi oleh berbagai alasan, tapi Park Hang-seo memastikan mereka akan tetap jadi bagian tim untuk masa mendatang.

Nguyen Thanh Binh sendiri sudah pernah mencicipi asuhan Park Hang-seo saat berlaga di kualifikasi Piala Dunia melawan Australia.

Selain itu, sebagai seorang bek, posturnya yang apik merupakan aset berharga untuk menghadapi para striker bertubuh besar dan kuat.

Sieng Chantea (19 Tahun)

Penyerang Timnas Kamboja yang tentunya wajib diwaspadai Timnas Indonesia di laga Grup B Piala AFF 2020. Pasalnya, sepak terjang pemain yang satu ini sudah mentereng bahkan ketika usianya masih 16 tahun.

Ia langsung mencetak gol di laga debutnya bersama tim nasional saat menghadapi Pakistan pada 2019 lalu. Selain itu, Sieng Chantea juga kerap dijadikan ujung tombak Kamboja di sejumlah pertandingan mereka.

Hal lain yang perlu dicatat dari pemain ini adalah penampilannya yang sempat on fire bersama Timnas Kamboja di kualifikasi Piala Asia U-19 2020.

Luqman Hakim Shamsudin (19 Tahun)

Termasuk pemain Timnas Malaysia yang merumput di Eropa. Saat ini, ia tengah membela klub Belgia, Kortrijk.

Meski masih sangat muda, ia telah punya nama yang cukup besar di negaranya, dianggap sebagai salah satu produk sukses National Football Development Programme of Malaysia atau yang disebut NFDP.

Luqman Hakim Shamsudin merupakan pemain yang berani dan memiliki kualitas finishing yang apik. Timnas Indonesia maupun lawan-lawan lainnya tentu wajib waspada jika nanti ia diturunkan ke lapangan.

Timnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaPiala AFF 2020

Berita Terkini