x

Bikin Vietnam Ngos-ngosan, Pengamat Minta Shin Tae-yong Dipertahankan

Kamis, 16 Desember 2021 14:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Nadeo Argawinata berhasil menepis bola dari serangan pemain Vietnam di depan gawang pada laga Piala AFF 2020.

FOOTBALL265.COM - Sukses mengimbangi Vietnam di Grup B Piala AFF 2020, Rabu (15/12/21), pengamat sepak bola nasional meminta pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, dipertahankan.

Di bawah komando Shin Tae-yong, timnas Indonesia berhasil menahan imbang skuat Vietnam dengan skor 0-0. Vietnam adalah salah satu tim terkuat di Asia Tenggara.

Bahkan, penggawa Vietnam dibuat ngos-ngosan oleh Ricky Kambuaya dkk, meski skuat Merah Putih memilih bermain bertahan di laga ketiga Piala AFF 2020 itu.

Baca Juga
Baca Juga

Komentator sekaligus pengamat sepak bola nasional, Binder Singh, mengakui jika Shin Tae-yong adalah pelatih yang cerdas, dan layak dipertahankan di timnas Indonesia.

"Kita perlu mengapresiasi apa yang sudah dilakukan oleh Shin Tae-yong," ungkapnya melalui kanal Youtube Bola Bung Binder.

"Saya melihat orang ini (Shin) sudah bekerja keras. Orang ini mengambil risiko untuk melakukan sebuah perubahan demi sepak bola Indonesia lebih maju lagi," lanjutnya.

Masih menurut Bung Binder, wajar jika Shin Tae-yong mengandalkan mayoritas pemain muda di Piala AFF 2020. Sebab, mereka ini yang akan jadi tumpuan di masa depan.

Baca Juga
Baca Juga

"Tapi segala sesuatu perlu dimulai dari nol, makanya dia pilih mayoritas pemain muda, ditambah beberapa pemain senior yang bisa mengikuti konsep permainannya," cetusnya.


1. Efek Shin Tae-yong

Shin Tae Yong memimpin latihan Timnas Indonesia di Turki

Bagi Bung Binder, gaya kepelatihan Shin Tae-yong memberikan efek yang positif bagi perkembangan timnas Indonesia, dan terlihat di Piala AFF 2020 kontra Vietnam.

"Kalau saya perhatikan di layar kaca, pemain Vietnam yang ngos-ngosan, pemain kita tuh stabil terus. Di sini kita melihat efek dari pelatih kelas dunia, Shin Tae-yong," jelasnya.

"Pertama-tama, yang dia lakukan adalah membenahi stamina pemain. Kemudian, ia memperbaiki fisik dan permainan agresif dari para pemain," pungkas Bung Binder.

VietnamTimnas IndonesiaPiala AFFBola InternasionalTimnas VietnamBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongBinder SinghPiala AFF 2020

Berita Terkini