x

Piala Afrika Tetap Digelar, Liverpool dan Klub-Klub Liga Inggris Merana?

Kamis, 16 Desember 2021 17:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
turnamen Piala Afrika (AFCON) akhirnya resmi digelar. Liverpool dan klub-klub Liga Inggris lainnya bisa merana karenanya. Visionhaus/GettyImages

FOOTBALL265.COM – Setelah sempat terancam batal karena COVID-19, turnamen Piala Afrika (AFCON) akhirnya resmi digelar. Liverpool dan klub-klub Liga Inggris lainnya bisa merana karenanya.

Sebagaimana diketahui, Piala Africa (AFCON) sempat dipertimbangkan untuk ditunda karena kekhawatiran atas meningkatkan kasus varian Omicron Covid-19 di benua tersebut.

Baca Juga
Baca Juga

Bahkan, Asosiasi Klub Eropa (ECA) sudah mengirimi FIFA surat yang menyatakan mereka keberatan melepaskan pemain Afrika mereka ke tim nasional untuk turnamen tersebut.

Bisa dipahami, selain adanya kasus Omicron juga aturan karantina setelah kepulangan para pemain dari AFCON tidak ditentukan menjadi masalah bagi ECA dan khususnya klub Liga Inggris.

Secara terpisah, melansir dari The Guardian, pihak Confederation of African Football (Caf) enggan menanggapi surat ECA tersebut dengan menyatakan bahwa turnamen AFCON tetap digelar sesuai jadwal.

“Piala Afrika (AFCON) akan digelar di Kamerun pada 9 Januari 2022. Ini adalah keputusan yang tak bisa diganggu gugat,” demikian bunyi pernyataan resmi Caf. 

Digelarnya turnamen yang sudah tertunda dari jadwal semula (Juni dan Juli 2021 lalu), memungkinkan 40 pemain Liga Inggris dipanggil ke timnas negara-negar Afrika.

Baca Juga
Baca Juga

Liverpool, sebagai salah satu klub Liga Inggris, yang ‘terdampak’  dengan digelarnya turnamen ini telah mengadakan pembicaraan soal menunda kepergian Mohamed Salah dan Sadio Mane.

Manajer The Reds, Jurgen Klopp, bahkan mengatakan bahwa dirinya optimistis kedua pemainnya itu tak akan pergi dan siap tampil menghadapi Leicester dan Chelsea selama periode turnamen.


1. Ada Banyak Pemain Afrika di Liga Inggris

Selebrasi Mesir mengarak trofi juara Piala Afrika usai menekuk Ghana di laga final, 31 Januari 2010.

Selain Liverpool, Manchester City juga memiliki pemain Aftika Riyad Mahrez, dan di Chelsea ada Edouard Mendy.

Sementara Arsenal memiliki Thomas Partey dan Pierre-Emerick Aubameyang, di Leicester ada Kelechi Iheanacho, Crystal Palace punya Wilfried Zaha sedangkan West Ham juga punya Said Benrahma yang bakal dipanggil timnas.

Terhitung, 15 lebih klub Liga Inggris memiliki setidaknya satu pemain untuk dipanggil melakoni turnamen tersebut.

Turnamen yang digelar pada 9 Januari sampai 6 Februari 2022 merupakan edisi yang ke-33 dari AFCON, dengan edisi sebelumnya dimenangkan Aljazair di tahun 2019.

LiverpoolPiala AfrikaLiga InggrisBerita Liga InggrisVirus Corona

Berita Terkini