x

Trik Bung Ahay Hadi Gunawan Menghafal Pemain Vietnam di Piala AFF 2020

Kamis, 16 Desember 2021 12:28 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor:
Komentator terkemuka Hadi Gunawan atau yang akrab disapa ‘Ahay Hadi Gunawan’ ternyata punya trik khusus untuk menghafal pemain Vietnam di Piala AFF 2020.

FOOTBALL265.COM - Komentator terkemuka Hadi Gunawan atau yang akrab disapa ‘Ahay Hadi Gunawan’ ternyata punya trik khusus untuk menghafal pemain Vietnam di Piala AFF 2020.

Sekilas, menjadi komentator sepakbola adalah pekerjaan yang mudah. Namun jika dilihat lebih jauh ternyata perkaranya bisa menjadi lebih rumit.

Bagaiaman tidak, seorang komentator wajib hukumnya untuk mengetetahui pertandingan secara komperhensif. Mulai dari aturan pertandingan, statistik kedua tim, dan juga kemampuan verbal.

Baca Juga
Baca Juga

Selain itu, komentator juga harus punya identitas berupa ciri khas membawakan pertandingan. Jika membicarakan tersebut, tentu salah satu nama yang terbesit adalah Hadi Gunawan.

Baca Juga
Baca Juga

Komentator salah satu acara televisi swasta tersebut punya ciri khas beruba ungkapan ‘Ahay’ yang kadung melekat padanya. Tak pelak jika ia sampai dijuluki ‘Ahay Hadi Gunawan’.

Berbeda dengan hajatan biasanya, untuk Piala AFF 2020 Hadi Gunawan sedikit bekerja lebih keras. Pasalnya ia harus menghafal nama pemain Vietnam yang terkenal sukar untuk dihafalkan. Usut punya usut ternyata ia punya trik khusus untuk mengatasi masalah tersebut.


1. Trik Hadi Gunawan

Hadi 'Ahay' Gunawan, komentator.

Dari pengakuannya langsung di akun twitter @HadiGunawan1306, ia mengaku jika untuk menghafalkan nama pemain ia mempelajari terlebih dulu susunan line up yang lumrahnya didapat 1 jam sebelum pertandingan.

Dalam rentang 60 menit tersebut, Hadi Gunawan menghafal satu-satu deretan pemain Vietnam, mulai dari yang berada di starting line up sampai pemain pengganti alias cadangan.

Lalu persoalan tak kalah pelik adalah pelafalan. Mengingat masing-masing negara punya ciri khas tersendiri dalam menyebutkan nama tertentu.

Untuk mengakali hal tersebut, Hadi Gunawan membcorokan jika ia belajar dari rekan kerjanya yang berprofesi sebagai jurnalis Vietnam. Pengalaman tersebut rupanya membantu Hadi Gunawan dalam melafalkan nama pemain Vietnma dengan fasih dan tepat.

“Kalau pelafalannya sih saya pernah belajar dari rekan saya wartawan Vietnam dulu.. Tapi kalau menghafal nama-nama pemain yang akan main, ya saat saya dapat line up 1 jam sebelum kick off,” jelas dia di akun twitter @HadiGunawan1306.

Leboh lanjut, Hadi Gunawan tak menampik jika pemain Vietnam merupakan pemain yang paling sulit ia hafalkan. Namun dengan trik tersebut ia mampu mengatasinya.

VietnamPiala AFFBola InternasionalHadi GunawanTimnas VietnamPiala AFF 2020

Berita Terkini