x

5 Bintang Muda Liga 1 yang Terlewatkan dari Skuat Timnas Indonesia U-23

Minggu, 6 Februari 2022 17:31 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Pelatih Shin Tae-yong memanggil 29 nama untuk pelatnas Timnas Indonesia U-23 jelang Piala AFF U-23. Namun, sejumlah bintang Liga 1 dinilai terlewatkan dari daftar. (Foto: Naufal Laudza/PSSI)

FOOTBALL265.COM – Pelatih Shin Tae-yong memanggil 29 nama untuk pelatnas Timnas Indonesia U-23 jelang Piala AFF U-23. Namun, sejumlah bintang Liga 1 dinilai terlewatkan dari daftar.

Usai timnas senior berlaga di Piala AFF akhir tahun lalu, bulan ini giliran timnas Indonesia U-23 yang berkompetisi. Dipimpin pelatih Shin Tae-yong, skuat Garuda Muda akan berlaga di Piala AFF U-23 yang akan digelar di Kamboja pada 14 – 26 Februari 2022.

Pelatih asal Korea Selatan itu telah memanggil 29 nama untuk mengikuti pemusatan latihan selama 2 pekan ini di Bali sebelum berangkat ke Kamboja.

Shin Tae-yong memenuhi ucapannya dengan tidak memanggil para pemain yang  berkarier di luar negeri seperti Witan Sulaeman, Asnawi Mangkualam, hingga Egy Maulana Vikri.

Baca Juga
Baca Juga

Dengan demikian, seluruh 29 pemain yang mengikuti pusat pelatihan berasal dari kompetisi domestik di Liga 1.

Beberapa di antaranya ikut membela timnas senior di Piala AFF 2020 akhir tahun lalu, di antaranya Muhammad Riyandi, Rizky Ridho, Alfeandra Dewangga, Pratama Arhan, Rachmat Irianto, Syahrian Abimanyu, Ramai Rumakiek, dan Hanis Saghara.

Selain itu, ada pula nama-nama seperti Ronaldo Kwateh, Bayu Mohammad Fiqri, Marcelino Ferdinan, dan Achmad Figo yang baru saja membela timnas senior saat menghadapi Timor Leste di ajang uji coba pekan lalu.

Baca Juga
Baca Juga

Nama-nama itu kemudian dilengkapi para pemain muda yang tampil apik bersama klub mereka di Liga 1 seperti Bagas Kaffa, Beckham Putra, hingga Gunansar Mandowen.

Meski demikian, ada sejumlah pemain muda lainnya yang tampil gemilang di Liga 1 musim ini, tapi terlewatkan oleh Shin Tae-yong sehingga tak masuk skuat saat ini. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya:

 

1. Ada Langganan Timnas dan Kakak Adik

Kiper Timnas dan Persebaya Ernando Ari. Foto: Abdurrahman Ranala/INDOSPORT

Ernando Ari

Ernando Ari sudah beberapa kali bekerja sama dengan Shin Tae-yong. Kiper Persebaya itu bahkan masuk skuat timnas senior di Piala AFF tahun lalu, dan sempat tampil saat mengalahkan Laos 5-1.

Ia kemudian kembali masuk skuat saat menghadapi Timor Leste di laga ujicoba tanggal 30 Januari lalu. Namun, secara mengejutkan Ernando Ari yang baru berusia 19 tahun justru tak masuk dalam skuat timnas U-23.

Feby Eka

Baru berusia 22 tahun, Feby Eka tampil apik bersama Arema FC musim ini. Sejauh ini, ia sudah tampil dalam 14 pertandingan di Liga 1 dan mencetak 1 gol untuk membantu Singo Edan memuncaki klasemen sementara.

Feby Eka sendiri sejatinya sudah berpengalaman di timnas dengan pernah membela timnas U-23. Namun, padatnya persaingan di sektor sayap membuat ia gagal mendapatkan panggilan kali ini.

Alfriyanto Nico

Alfriyanto Nico menyuguhkan performa gemilang bersama Persija Jakarta musim ini. Baru berusia 18 tahun, ia jadi pilihan utama sektor sayap dan sudah mencetak 3 gol dari 17 penampilan. Catatan golnya itu bahkan lebih tinggi dari sejumlah pemain senior seperti Riko Simanjuntak.

Namun, sama seperti Feby, banyaknya pilihan di sektor sayap membuat Alfriyanto Nico gagal mendapatkan kesempatan dari Shin Tae-yong untuk masuk timnas U-23.

Brian Fatari

Sempat jadi penghangat bangku cadangan Persipura awal musim ini, Brian Fatari sukses menembus tempat utama mulai November lalu dan jadi sosok bek tengah tak tergantikan. Ia pun kini tercatat selalu jadi starter di 11 pertandingan terakhir Mutiara Hitam di Liga 1.

Kehadirannya pun mendongkrak kualitas lini belakang Persipura dengan hanya menelan 2 kekalahan dari 9 laga terakhir. Namun, Brian Fatari gagal mengikuti jejak 3 pemain Persipura lainnya yakni Ramai Rumakiek, Irsan Lestaluhu, dan Gunansar Mandowen.

Braif Fatari

Braif Fatari menjadi pemain muda lainnya yang tampil gemilang bersama Persija Jakarta. Adik Brian Fatari itu tampil 12 kali untuk Persija Jakarta di Liga 1 musim ini dan sudah mencetak 1 gol.

Braif Fatari sejatinya sudah cukup sering dipanggil Shin Tae-yong ke timnas U-19 maupun U-23 di beberapa waktu terakhir ini, tapi secara mengejutkan kali ini tak mendapat kesempatan.

Indonesia U-23Timnas IndonesiaBola InternasionalFeby Eka PutraErnando Ari SutaryadiBrian FatariBerita Liga 1Berita Timnas IndonesiaShin Tae-yongAlfriyanto Nico SaputroBraif FatariBRI Liga 1 2021-2022Piala AFF U-23

Berita Terkini