x

Jadi Idaman Petinggi Klub, 5 Pemain yang Terbuang Jika Erik Ten Hag Latih Manchester United

Selasa, 15 Februari 2022 16:54 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Erik ten Hag jadi kandidat idaman petinggi Manchester United untuk jadi manajer baru. Berikut 5 bintang yang terbuang jika pria Belanda itu benar-benar datang. FOTO: REUTERS/Craig Brough

FOOTBALL265.COMErik ten Hag jadi kandidat idaman petinggi Manchester United untuk jadi manajer baru. Berikut 5 bintang yang terbuang jika pria Belanda itu benar-benar datang.

Menjalani era baru bersama Ralf Rangnick yang menjadi manajer interim, performa Manchester United tak juga membaik.

Setan Merah bahkan tak pernah menang di 3 laga terakhir di semua kompetisi, termasuk disingkirkan Middlesbrough di babak keempat Piala FA.

Situasi ini pun membuat MU kembali dikaitkan dengan sejumlah nama untuk menjadi manajer baru mereka musim depan, seperti Mauricio Pochettinno. Apalagi, pria Argentina itu santer disebut bakal meninggalkan Paris Saint-Germain akhir musim ini.

Baca Juga
Baca Juga

Tak hanya itu, sejumlah pemain Manchester United juga sudah menyampaikan harapan mereka agar Pochettino-lah yang ditunjuk sebagai juru taktik anyar.

Meski demikian, dilansir The Sun, CEO baru Setan Merah yakni Richard Arnold, punya kandidat lain. Sosok yang dimaksud adalah pelatih Ajax Amsterdam, Erik ten Hag.

Nama Erik ten Hag sendiri direkomendasikan oleh Rangnick yang akan meninggalkan pos sebagai manajer MU akhir musim ini, dan beralih menjadi konsultan klub.

Pria Jerman itu meyakinkan Arnold bahwa ten Hag adalah sosok yang tepat untuk memimpin proyek kebangkitan MU musim depan. Arnold pun diketahui memercayai penilaian ten Hag.

Baca Juga
Baca Juga

Ten Hag sendiri memang menyuguhkan performa apik bersama Ajax, dengan membawa mereka 2 kali memenangi gelar ganda Liga Belanda dan Piala KNVB pada 2018/2019 dan 2020/2021, serta meloloskan anak asuhnya ke semifinal Liga Champions 2018/2019.

Tak hanya itu, di bawah asuhannya, Ajax juga berhasil menyuguhkan permainan yang atraktif dan menghibur.

Meski demikian, kedatangan ten Hag berisiko diikuti terbuangnya sejumlah bintang Manchester United karena tidak sesuai dengan sistem dan filosofi permainannya. Lantas, siapa saja pemain MU yang bakal tersingkir jika ten Hag sungguh-sungguh datang? Berikut ulasannya:

 

1. Trio Bintang Gaek Jadi Korban

Aksi Edinson Cavani saat membela Manchester United (Simon Stacpoole/Offside/Offside via Getty Images)

Aaron Wan-Bissaka

Bersama Ajax, ten Hag dikenal menggemari full back yang memiliki kemampuan menyerang yang baik seperti Noussair Mazraoui di kanan yang sudah mencetak 5 gol dan 3 assist.

Dengan kemampuan menyerang yang pas-pasan, Aaron Wan-Bissaka jelas akan tersingkir dari starting line up MU di era ten Hag seperti yang terjadi sekarang bersama Rangnick.

Apalagi, belakangan ini performanya dalam aspek bertahan pun terbilang menurun dengan beberapa kali membuat kesalahan, yang membuatnya makin sulit mendapatkan tempat.

Cristiano Ronaldo

Memasuki usia 37 tahun, performa Cristiano Ronaldo mulai menurun drastis. CR7 kini bahkan tercatat gagal mencetak gol dalam 6 laga beruntun bersama MU, yang merupakan rekor terburuknya sejak 2010.

Dengan situasi itu ditambah sistem permainan ten Hag yang memiliki lini depan cair, cepat, dan dinamis, Cristiano Ronaldo yang belakangan ini lebih sering tampil statis di depan karena masalah stamina, jelas tak cocok untuk dipertahankan.

Edinson Cavani

Dibandingkan Ronaldo, Edinson Cavani memang memiliki pergerakan lebih dinamis dan lebih rajin melakukan pressing. Namun, dengan usia yang sudah 35 tahun, kondisi fisiknya mulai menurun yang terlihat dari kerapnya ia mengalami cedera.

Ditambah dengan fakta bahwa kontraknya yang akan habis pada 30 Juni 2022 nanti, bukan tidak mungkin Edinson Cavani akan menjadi nama pertama yang dilepas MU seiring kedatangan ten Hag.

Nemanja Matic

Musim ini, Nemanja Matic tak lagi jadi pilihan utama di lini tengah MU. Situasi ini diyakini tak akan berubah saat Erik ten Hag datang musim depan.

Pasalnya, selain performa yang mulai menurun, fisik Nemanja Matic tak lagi cocok untuk para pemain tengah ten Hag yang harus rajin naik turun dan punya daya jelajah tinggi.

Dengan kontrak yang habis Juni 2023, Matic berpotensi dijual musim panas nanti agar MU tidak kehilangan dirinya secara gratis.

Eric Bailly

Eric Bailly memang memiliki kemampuan yang mumpuni. Sayangnya, fisik sang bek tengah terbilang buruk sehingga ia kerap cedera dan sulit menunjukkan kemampuan terbaiknya bersama MU.

Eric ten Hag jelas tak ingin mengandalkan pemain yang kondisi fisiknya tak bisa diandalkan. Besar kemungkinan Bailly akan dilepas sehingga posisinya di skuat biasa diisi oleh pemain anyar yang punya performa dan fisik yang lebih baik sehingga siap dimainkan saat dibutuhkan.

Manchester UnitedCristiano RonaldoEdinson CavaniAjax AmsterdamNemanja MaticEric BaillyLiga InggrisTRIVIAAaron Wan BissakaBerita Liga InggrisErik ten Hag

Berita Terkini