x

Harapan Kiper Timnas Indonesia untuk Karier Pratama Arhan di Jepang

Senin, 21 Februari 2022 18:05 WIB
Kontributor: Nofik Lukman Hakim | Editor: Herry Ibrahim
Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, memuji keberanian Pratama Arhan mengambil petualangan baru di Liga Jepang bersama klub Tokyo Verdy.

FOOTBALL265.COM - Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata, memuji keberanian Pratama Arhan mengambil petualangan baru di Liga Jepang bersama klub Tokyo Verdy. Nadeo berharap Pratama Arhan bisa cepat adaptasi dan meraih kesuksesan.

Nadeo cukup mengenal sosok Arhan. Keduanya sudah berseragam Timnas Indonesia era Shin Tae-yong. Pada Piala AFF 2020 lalu, Arhan dan Nadeo sama-sama jadi kunci dari kesuksesan tim Garuda menembus partai final.

Keduanya kemudian bertemu di Liga 1, Minggu (20/02/22) malam. Nadeo menjadi kiper utama Bali United. Sementara Arhan menjadi andalan sektor kiri PSIS Semarang. Ini jadi pertemuan terakhir di Liga 1 2021/2022 sebelum Arhan bertolak ke Tokyo.

Baca Juga
Baca Juga

Bagi Nadeo, keputusan Arhan meninggalkan zona nyaman dan gabung klub Jepang merupakan sebuah keberanian. Ini menjadi kesempatan yang tak boleh dilepas mengingat Arhan baru berusia 20 tahun.

"Saya pikir keputusan yang cukup bagus mengingat Arhan masih muda dan berpotensi jadi pemain yang bagus. Jadi ketika ada kesempatan harus dimanfaatkan dengan baik juga," kata Nadeo, Senin (21/02/22).


1. Tidak Mudah

Kiper Timnas Indonesia, Nadeo Argawinata berharap Pratama Arhan bisa cepat adaptasi dan meraih kesuksesan di Jepang.

Liga Jepang bukan sebuah kompetisi mudah, termasuk J2-League yang jadi liga kasta kedua. Stefano Lilipaly dan Irfan Bachdim pernah merasakan sulitnya menembus tim utama Hokkaido Consadole Sapporo.

Nadeo ingin Pratama Arhan bisa cepat beradaptasi dengan tim Tokyo Verdy. Dengan adaptasi yang bagus, mulai dari lingkungan, budaya dan strategi sepak bola Jepang, Arhan punya kans lebih besar meraih kesuksesan.

Baca Juga
Baca Juga

"Semoga Arhan bisa cepat adaptasi di Jepang. Bisa menyesuaikan diri dengan cuaca, kebiasaan orang-orang di sana, dan selalu semangat," tutur Nadeo

"Saya sendiri yakin Arhan bisa bersinar di Jepang, berkat doa dari seluruh masyarakat Indonesia dan juga kerja kerasnya sendiri disana. Sukses untuk Arhan," lanjut kiper asal Kediri ini.

Pratama Arhan kini sedang menunggu dokumennya rampung untuk segera bertolak ke Jepang. J2-League sendiri sudah dimulai pada Sabtu (19/02/2). Tokyo Verdy meraih hasil imbang lawan V-Varen Nagasaki 1-1.

Timnas IndonesiaNadeo ArgawinataLiga IndonesiaLiga JepangPratama ArhanTokyo Verdy

Berita Terkini