x

Mengenang Momen The Big Six Liga Inggris Degradasi, Man City Paling Baru

Kamis, 24 Maret 2022 12:45 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Mengenang momen saat tim The Big Six Liga Inggris harus terdegradasi sehingga turun kasta ke kasta yang lebih rendah.

FOOTBALL265.COM – Mengenang momen saat tim The Big Six Liga Inggris harus terdegradasi sehingga turun kasta ke kasta yang lebih rendah.

Liga Inggris musim ini menyisakan 9 partai tersisa, di mana tak hanya perebutan gelar juara yang memanas, melainkan juga perebutan tempat untuk keluar dari zona degradasi.

Baca Juga

Salah satu tim yang berpeluang terdegradasi adalah Everton. Tim berjuluk The Toffees ini sendiri tengah melempem musim ini dan berpotensi turun kasta.

Bakal turun kastanya Everton membuat orang merasa miris. Pasalnya, The Toffees menjadi salah satu tim yang paling lama bertahan di kasta teratas.

Tercatat, saat Everton terdegradasi, Inggris saat itu belum memiliki zebra corss, tak memiliki tower dan bahkan The Beattles belum terbentuk.

Baca Juga

Tepatnya, Everton terakhir kali merasakan degradasi itu di musim 1950/51. Sejak saat itu, The Toffees selalu berada di kasta teratas hingga musim ini.

Menilik hal tersebut, banyak yang bertanya-tanya. Kira-kira apakah tim The Big Six yang merupakan penguasa liga merasakan degradasi.

Usut punya usut, semua tim The Big Six yakni Manchester City, Liverpool, Chelsea, Manchester United, Arsenal dan Tottenham Hotspur pernah merasakan degradasi.

Baca Juga

Lantas, kapan kira-kira tim The Big Six Liga Inggris ini merasakan degradasi?


1. Daftar Degradasi The Big Six Liga Inggris

Pemain Manchester City, Jack Grealish dan Raheem Sterling Usai Cetak Gol di Piala FA

1. Manchester City

Manchester City menjadi tim The Big Six paling baru yang merasakan degradasi. Tim berjuluk The Cityzens tercatat dua kali merasakan degradasi di era Premier League.

Man City terdegradasi masing-masing pada tahun 1996 dan 2001. Bahkan di tahun 1998, The Citizens terjerembab ke kasta ketiga.

Baca Juga

Jika ditotal termasuk saat pertama kali dibentuk, Man City sendiri telah terdegradasi sebanyak 11 kali, seperti yang dilansir dari Football Predictions.

2. Chelsea

Chelsea juga salah satu tim The Big Six yang belum lama merasakan degradasi ke kasta kedua. Tercatat, terakhir kali The Blues terdegradasi pada musim 1987/88.

Baca Juga

Namun, hanya semusim saja Chelsea di kasta kedua. Setelah terdegradasi, The Blues naik kasta teratas dan bertahan hingga saat ini.

Jika dihitung, Chelsea sendiri telah merasakan enam kali degradasi. Hanya saja, sepanjang era Premier League, The Blues tak pernah lagi merasakan degradasi.


2. Daftar Degradasi The Big Six Liga Inggris

Skuat Manchester United merayakan gol Cristiano Ronaldo ke gawang Tottenham Hotspur (13/03/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

3. Tottenham Hotspur

Tottenham Hotspur menjadi salah satu tim The Big Six musim ini yang paling miskin gelar. Meski demikian, Spurs bisa berbangga diri setidaknya di daftar ini, mereka di atas  Chelsea dan Man City.

Dalam urusan degradasi, Tottenham terakhir kali turun kasta pada tahun 1977. Namun sama seperti Chelsea, Spurs langsung bangkit dan promosi.

Baca Juga

Sepanjang sejarahnya, Tottenham sendiri baru terdegradasi sebanyak empat kali. Degradasi terakhir terjadi pada tahun 1977 tersebut.

4. Manchester United

Tak ada yang meragukan status Manchester United sebagai penguasa Inggris. Meski demikian, Setan Merah ternyata pernah terdegradasi.

Baca Juga

Man United terakhir kali terdegradasi pada tahun 1974. Ironisnya, Setan Merah dibuat turun kasta oleh legendanya sendiri, Denis Law yang mencetak gol untuk Manchester City.

Sejarah mencatat, Man United telah terdegradasi sebanyak lima kali dari kasta teratas, termasuk saat mereka masih bernama Newton Heath.


3. Daftar Degradasi The Big Six Liga Inggris

Para pemain Liverpool merayakan gol yang dicetak Sadio Mane ke gawang West Ham United (06/03/22). (Foto: REUTERS/Phil Noble)

5. Liverpool

Rival abadi Man United,  Liverpool juga menjadi tim yang juga pernah merasakan degradasi. Terakhir kali The Reds terdegradasi yakni pada musim 1953/54.

Bahkan, Liverpool butuh waktu delapan tahun untuk kembali ke kasta teratas. Kembalinya The Reds ke pentas teratas sendiri tak lepas dari kedatangan Bill Shankly.

Baca Juga

Sejarah mencatat, Liverpool telah terdegradasi sebanyak tiga kali, di mana degradasi terakhir dirasakan pada tahun 1954 tersebut.

6. Arsenal

Dari tim The Big Six yang ada saat ini, hanya Arsenal tim yang paling lama bertahan di kasta teratas. Meski demikian, The Gunners ternyata pernah merasakan degradasi.

Baca Juga

Arsenal merasakan degradasi pada tahun 1913, tepatnya pada 12 April 1913 usai tumbang dari Derby County kala masih bernama Woolwich Arsenal.

Sejak saat itu, Arsenal belum pernah merasakan terdegradasi dan menjadi tim yang paling lama bertahan di kasta teratas dibandingkan tim Inggris lainnya.

Manchester UnitedLiverpoolChelseaArsenalManchester CityEvertonTottenham HotspurLiga InggrisSepak Bola

Berita Terkini