x

3 Momen Paling Bersejarah Juventus vs Inter Milan, Ada yang Kontroversial

Minggu, 3 April 2022 11:50 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Berikut tiga momen paling bersejarah Juventus vs Inter Milan sepanjang masa. Foto: Valerio Pennicino/Getty Images.

FOOTBALL265.COM - Partai sengit antara Juventus vs Inter Milan akan tersaji di jadwal Liga Italia hari Senin (04/04/22) dini hari WIB.

Gelaran Serie A Liga Italia kembali menyajikan pertandingan-pertandingan menarik akhir pekan ini. Setidaknya ada dua big match yang pastinya telah dinanti para penggemar sepak bola Negeri Pizza.

Baca Juga

Selain Atalanta vs Napoli yang berjuang meraup poin penuh demi zona Eropa, pertempuran Juventus vs Inter Milan juga diprediksi berjalan panas seperti biasa.

Sampai tulisan ini dibuat, Juventus yang bertengger di peringkat 4 klasemen dengan 59 poin, belum terkalahkan di lima pertandingan terakhirnya di Liga Italia.

Sementara itu, dengan perbandingan yang sama, Inter Milan yang bercokol di peringkat 3 klasemen, telah menorehkan 60 poin, dengan satu kekalahan saat melawan Sassuolo pada bulan Februari lalu.

Baca Juga

Kemenangan pun akan membawa Juventus maupun Inter Milan memangkas jarak dengan rival terdekatnya di klasemen.

Di sisi lain, sekaligus menjaga asa juara musim ini karena masih harus bersaing dengan tim-tim kuat seperti Napoli dan AC Milan.

Akan tetapi, jelang lawan Inter Milan, Juventus harus dilanda cobaan berat lantaran ada cukup banyak pemain yang absen.

Baca Juga

Federico Chiesa, Weston McKennie, dan Kaio Jorge menepi dari cedera, sedangkan Luca Pellegrini sedang menjalani hukuman larangan main.

Di sisi lain, Stefan de Vrij adalah pemain yang diragukan tampil dari kubu Inter Milan untuk laga nanti malam.


1. Rekor Pertemuan

Salah satu suasana pertandingan Juventus vs Inter Milan. Foto: Matt Childs - Pool/Getty Image.

Berstatus dua raksasa Liga Italia, Juventus dan Inter Milan pastinya telah sering berjumpa di kompetisi domestik.

Tercatat, dari 31 pertemuan, Juventus unggul dengan raihan 15 kemenangan, sedangkan Inter Milan 11. Sisanya, pertandingan berakhir imbang.

Baca Juga

Lalu, terakhir kali mereka pertemu adalah bulan Januari 2022 lalu di partai final Supercoppa Italia. Saat itu, Nerazzurri unggul 2-1 berkat dua gol Lautaro Martinez dan Alexis Sanchez.

Namun kedua tim memang harus berjibaku di babak extra time karena kedudukan mereka sama kuat 1-1 saat waktu normal berakhir.

Padahal, Si Nyonya Tua sempat unggul duluan 1-0 lewat Weston McKennie di babak pertama, tepatnya pada menit ke-25.

Baca Juga

Akan tetapi, keunggulan itu tidak bertahan lama usai kedudukan disamakan oleh Lautaro Martinez lewat titik putih pada menit ke-35 yang memaksa permainan lanjut ke extra time.

Kini, kedua tim akan berjumpa kembali pada bulan April, dalam pertandingan yang tidak kalah seru dan krusial.

Dari sekian banyak pertemuan dari masa ke masa, duel sengit antara Bianconeri dan Nerazzurri pun tidak pernah luput dari perhatian publik.

Baca Juga

Nah, sebelum pertandingan nanti malam, berikut beberapa momen tidak terlupakan Juventus vs Inter Milan dan sebaliknya, yang terjadi sepanjang sejarah.

Apa saja? Berikut ulasannya.

 

2. 3 Momen Paling Bersejarah Juventus vs Inter Milan

Salah satu suasana pertandingan Juventus vs Inter Milan. Foto: Matt Childs - Pool/Getty Image.

1983

Mari mulai dengan yang paling ‘jadul’ terlebih dahulu. Saat itu, Juventus dan Inter Milan berlaga di Liga Italia yang mulai memasuki penghujung musim.

Pada 1 Mei 1983, Juventus asuhan Giovanni Trapattoni perlu memenangkan Derby d'Italia untuk terus memepet pemuncak klasemen sementara, AS Roma.

Baca Juga

Di sisi lain, Inter Milan yang berada di peringkat tiga juga menguntit cukup ketat, membuat Juventus mau tidak mau harus menang dan meraih poin penuh.

Pertandingan berakhir dengan skor imbang. Akan tetapi, kejayaan pada akhirnya jadi milik Inter Milan setelah ‘dianugerahi’ hadiah kemenangan karena kejadian rusuh yang menimpa mereka sebelum laga.

Pasalnya Inter Milan sempat diserang ole sekumpulan oknum suporter Juventus yang melempar batu bata ke kaca bus, hingga melukai Giampiero Marini dan membuat sang pemain dilarikan ke rumah sakit.

Baca Juga

2003

Selanjutnya, ada Paul Nedved yang berkontribusi untuk keseluruhan tiga gol kemenangan Juventus atas Inter Milan pada musim 2002-2003.

Ia berkontribusi untuk gol bunuh diri lawan yang dicetak oleh Andres Guglielminpietro, kemudian mencetak satu atas namanya sendiri, dan terakhir menyumbang assist untuk gol pamungkas Mauro Camoranesi.

2020

Maret 2020, untuk pertama kalinya laga Juventus vs Inter Milan digelar saat masa pandemi Covid-19. Partai pun terpaksa berlangsung secara tertutup tanpa kehadiran pentonton.

Baca Juga

Di laga ‘spesial’ yang tidak terlupakan ini, Juventus meraih kemenangan 2-0 lewat gol Aaron Ramsey dan Paulo Dybala.

Leonardo Bonucci juga tampil luar biasa bagi pertahanan Juventus dengan menahan laju Alexis dan Romelu Lukaku yang berpotensi besar mencetak angka bagi Inter Milan.

Serie A ItaliaInter MilanJuventusLiga ItaliaBerita Liga Italia

Berita Terkini