x

Perpanjang Kontrak, Wiljan Pluim Jadi Pemain Asing Paling Betah di Liga 1

Selasa, 19 April 2022 07:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Kapten PSM Makassar, Wiljan Pluim.

FOOTBALL265.COM - Resmi memperpanjang kontrak bersama PSM Makassar untuk Liga 1 2022-2023, Wiljan Pluim menjadi pemain asing paling betah di era Liga 1.

PSM Makassar baru saja mengumumkan jika Wiljan Pluim bertahan di skuat Juku Eja untuk Liga 1 2022-2023, melalui unggahan di media sosial Instagram, Selasa (19/4/22).

Baca Juga

Menariknya, pengumuman dilakukan saat orang-orang masih asik menyantap sahur.

"The Maestro, The Capitano. Sudah biasa Pluim dikaitkan dengan klub lain di setiap transfer window. Tapi Pluim masih 'merah'," tertulis dalam caption unggahan tersebut.

Baca Juga

Wiljan Pluim menjadi pemain pertama yang dipastikan berseragam PSM Makassar di musim depan. Manajemen berjanji akan segera mengumumkan pemain lainnya.

Dengan pernyataan resmi ini, Wiljan Pluim juga sekaligus menjadi pemain asing yang paling betah di sepanjang era Liga 1.

Bahkan, Wiljan Pluim sudah berkostum PSM Makassar sebelum era Liga 1 2017. Ia datang ke Tanah Sulawesi di tengah turnamen Indonesia Soccer Championship (ISC) 2016.

Baca Juga

Kala itu, Wiljan Pluim yang berpaspor Belanda, direkomendasikan oleh pelatih PSM Makassar sekaligus kompatriotnya, Robert Rene Alberts.

Walau ada pergantian pelatih, mulai dari Darije Kalezic, Bojan Hodak, Milomir Seslija, Joop Gall, sampai kini Bernardo Tavares, Pluim pun masih terus dipercaya.


1. Janji Pluim: Sampai Pensiun di PSM

Willem Jan Pluim perpanjang kontrak di PSM.

Tepat pada Rabu, 13 Juli 2016 silam, menjadi awal dari kisah cinta antara PSM Makassar dan gelandang asal Belanda, Wiljan Pluim.

Pada awalnya, gelandang serang kelahiran 4 Januari 1989 tersebut sempat ditolak oleh segelintir suporter Juku Eja, karena gayanya dinilai lamban, tidak sesuai karakter PSM.

Baca Juga

Akan tetapi, Wiljan Pluim, eks Becamex Binh Duong, tersebut langsung menunjukkan kualitas saat melakoni laga debut melawan Persela Lamongan di pekan ke-18 ISC 2016.

Setelah itu, Wiljan Pluim mendapatkan hati para suporter PSM Makassar dan menjadi salah satu pemain yang sangat dicintai.

Baca Juga

Pada akhir ISC 2016, pemain berpostur 194 cm itu menjadi satu-satunya legiun asing yang diganjar kontrak baru selama dua tahun, untuk mengarungi ajang Liga 1 2017.

Wiljan Pluim kembali dapat perpanjangan kontrak di akhir musim Liga 1 2017, sehingga masa baktinya ditentukan akhir tahun 2021.

Kini, walau pelatih PSM Makassar berganti, tapi Wiljan Pluim tetap diandalkan sebagai kreator serangan Juku Eja di lapangan.

Baca Juga

Bahkan, pada satu kesempatan, Wiljan Pluim mengaku tidak akan minggat dari PSM Makassar sampai ia gantung sepatu.

"Dia (Pluim) sudah menyampaikan kepada saya bahwa tidak akan ke klub manapun sampai dia pensiun," ungkap CEO PSM, Munafri, dalam situs resmi Liga Indonesia.


2. 5 Pemain Asing Paling Betah di Liga 1

Wiljan Pluim.

Dengan perpanjangan kontrak ini, maka Wiljan Pluim resmi menjadi pemain asing yang paling betah di sepanjang era Liga 1.

Selain Wiljan Pluim, ada beberapa nama pemain asing yang juga sudah bermain sejak Liga 1 2017 hingga Liga 1 2021-22.

Mereka yang masih betah di Indonesia adalah Rohit Chand (Persija Jakarta) dan Ezechiel N'Douassel (Persib Bandung, Bhayangkara FC).

Kemudian ada juga pemain asing Asia, yaitu Lee Yoo-joon (Bhayangkara FC) dan Aaron Evans (Barito Putera, PSM Makassar, PSS Sleman).

Bursa TransferPSM MakassarLiga IndonesiaMunafri ArifuddinLiga 1Willem Jan PluimBerita TransferBerita Bursa TransferBerita Liga 1Transfer Pemain

Berita Terkini