x

Liga 1: Tak Mau Strateginya Bocor, Persib Agendakan Pramusim Lawan Klub Asing

Sabtu, 23 April 2022 12:35 WIB
Kontributor: Arif Rahman | Editor: Subhan Wirawan
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, ingin melakukan pertandingan uji coba kontra tim luar negeri untuk memantapkan persiapan jelang Liga 1 musim depan. Foto: Nofik Lukman Hakim/Football265.com

FOOTBALL265.COM - Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts, menilai pada persiapan menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan skuat Maung Bandung membutuhkan pertandingan uji coba.

Hanya saja, idealnya pertandingan uji coba tersebut bukan menghadapi tim peserta Liga 1 atau yang ada di Indonesia, melainkan dengan lawan yang berasal dari luar negeri.

Baca Juga

Pelatih asal Belanda ini, sepertinya tidak ingin persiapan skuat Persib Bandung terpantau oleh tim peserta Liga 1 lainnya, sehingga dia berusaha agar anak asuhnya tidak bertemu dengan tim peserta kompetisi.

"Tapi tentunya lebih bijak jika memainkan laga uji coba di pramusim tanpa bermain melawan sesama tim Indonesia," kata Robert Alberts.

Mantan pelatih PSM Makassar ini menambahkan, pramusim akan dimaksimalkan olehnya untuk mematangkan persiapan anak asuhnya, sehingga saat kompetisi bergulir skuat Maung Bandung bisa tampil maksimal. 

Baca Juga

"Dalam masa pramusim, kita harus tegas bahwa itu dimanfaatkan untuk membuat tim siap tampil di kompetisi (liga)," ucap Robert Alberts.

Sebelum kompetisi dimulai, Robert Alberts sudah memiliki program yang akan diberikan kepada anak asuhnya. Materi latihan tersebut, akan diberikan secara bertahap kepada pemainnya.

"Tim harus memiliki rencana beberapa pekan jelang liga dimulai dan membangun kekuatan dari awal," ungkap Robert Alberts.

Baca Juga

"Pada dasarnya dimulai dari aerobik, membentuk stamina dasar. Karena jika tidak melakukan itu maka nantinya bisa dilihat akan banyak pemain yang cedera," jelas Robert Alberts.


1. Kumpulkan Pemain

Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat melakukan konferensi pers.

Sementara itu, setelah berakhirnya kompetisi Liga 1 2021-2022, aktivitas tim Persib diliburkan dan mayoritas pemain memilih untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing.

Robert Alberts sendiri saat ini sedang berada di negaranya Belanda untuk menikmati libur sebelum menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan.

Baca Juga

"Kami akan memulai latihan di hari Senin tanggal 16 (Mei)," ucap Robert Alberts.

Meski skuat Maung Bandung akan berlatih pada 16 Mei, namun pemain harus sudah datang dan berkumpul di Bandung sepekan sebelum aktivitas latihan tim.

Pasalnya, sebelum pemain beraktivitas kembali bersama tim Persib, mereka akan menjalani dulu serangkaian tes, untuk mengetahui kondisi kebugaran setelah mendapat libur. 

Baca Juga

"Dan sepekan sebelum tanggal 16, atau tepatnya di tanggal 10 semua pemain harus sudah kembali berkumpul di Bandung dan akan melakukan serangkaian tes," ujar Robert Alberts.

Selain itu, sepekan sebelum latihan bersama, diharapkan seluruh keperluan pemain sudah selesai. Sehingga, saat 16 Mei semuanya sudah fokus mempersiapkan diri untuk menghadapi kompetisi Liga 1 musim depan.

"Jadi akan melakukan tes medis, lalu di pekan itu juga pemain akan mengurus keperluannya dengan klub atau misalnya mencari rumah baru,"

Baca Juga

"Jadi di tanggal itu kami sudah berada di Bandung namun tidak langsung berlatih," ungkap Robert Alberts.

"Diharapkan seluruh keperluan selesai di pekan tersebut dan ketika memulai latihan, semuanya bisa fokus ke latihan perdana," harap Robert Alberts.


2. Pelatih Liga Thailand Ingin Boyong Pemain Papua ke Kasta Teratas Thai League

Wanderley Machado Da Silva Junior saat membawa tim Phrae United lolos Liga 2 Thailand

Berpotensi juara dan raih tiket promosi musim ini, salah satu pelatih Liga Thailand berhasrat datangkan pemain asal Papua ke kasta teratas Thai League.

Berbeda dengan Liga 1 yang baru saja usai, kompetisi Liga Thailand untuk musim 2021/22 masih terus bergulir sampai saat ini dan menyisakan beberapa pekan lagi untuk diselesaikan.

Termasuk di ajang Thai League 2 atau kasta kedua Liga Thailand di mana para tim peserta masih bakal menjalani dua pertandingan sebelum tutup musim.

Hingga pekan ke-32, Lamphun Warriors sebgai pemuncak klasemen sementara masih kokoh di urutan pertama dengan perolehan 68 angka.

Mereka hanya unggul satu angka dari Sukhothai FC sebagai runner-up sekaligus pesaing terdekat mereka untuk meraih gelar juara.

Baca selengkapnya: Pelatih Liga Thailand Ingin Boyong Pemain Papua ke Kasta Teratas Thai League

Persib BandungRobert Rene AlbertsLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1

Berita Terkini