x

Urung Bela Timnas Indonesia U-23 Secara Penuh di SEA Games, Begini Respons Saddil Ramdani

Senin, 2 Mei 2022 19:05 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Prio Hari Kristanto
Saddil Ramdani ketika membela Timnas Indonesia U-19 vs Jepang U-19 di perempatfinal Piala Asia U-19.

FOOTBALL265.COM - Gelandang sayap Timnas Indonesia U-23, Saddil Ramdani, angkat bicara setelah dipastikan tidak bermain di semua laga di SEA Games 2021. Dia terpaksa absen karena harus kembali ke klubnya, Sabah FC.

Saddil Ramdani hanya dilepas untuk satu laga penyisihan Grup A SEA Games 2021 melawan Vietnam (06/05/22). Setelahnya, dia wajib kembali lagi Sabah FC karena akan tampil Piala FA Malaysia dan lanjutan Liga Super Malaysia 2022.

Baca Juga

Sabah FC kemudian bersedia melepas Saddil lagi setelah 17 Mei 2022. Dengan catatan, Timnas Indonesia U-23 mampu menembus semifinal SEA Games 2021.

Bagi Saddil, kebijakan tersebut sudah disepakati klub dan PSSI sehingga dia hanya menuruti. Pemain 23 tahun itu berjanji tampil maksimal di SEA Games 2021.

"Senang ya karena pertama gabung lagi di Timnas. Harapannya semoga bisa memberikan yang terbaik dan bisa menampilkan beribu-ribu persen," buka Saddil.

Eks Persela Lamongan itu menjelaskan belum dalam kondisi fit. Saddil baru beberapa hari bergabung jadi harus adaptasi, terutama soal taktikal.

Baca Juga

"Kondisi saya belum 100 persen, karena baru gabung dengan tim, sedangkan tim juga mempersiapkan baik fisik dan mental untuk persiapan," jelas Saddil.

"Karena kemarin saya disampaikan awalnya tidak jadi berangkat, tapi waktu dua hari lalu dikabarin untuk tetap bergabung. Tapi wajib bagi anak Indonesia untuk mewakili negara, siap atau pun tidak siap, harus membela timnas," katanya.

Ini akan jadi SEA Games ketiga bagi Saddil Ramdani setelah tampil di tahun 2017 dan 2019 lalu. Dari dua ajang sebelumnya, dia hanya hantarkan skuad Garuda Muda raih perunggu dan perak.

Baca Juga

Saddil Ramdani sendiri sebetulnya bertekad membantu Timnas U-23 raih medali emas pada SEA Games 2021. Hal itu juga sesuai target PSSI.

"Target tentu bisa meraih emas, seperti yang teman-teman dan coach sampaikan. Semoga kami bisa meraih kesuksesan di tahun ini, memberikan yang terbaik, kerja keras dan selalu disiplin," tuntasnya."


1. Shin Tae-yong Tidak Begitu Khawatir

Latihan Timnas Indonesia U-23 di Stadion Madya, Senayan, Selasa (12/04/22). Latihan ini sebagai persiapan skuat Garuda sebelum terbang ke Korea Selatan untuk melakukan TC jelang SEA Games 2021 Vietnam. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Sementara itu, pelatih Timnas U-23, Shin Tae-yong tidak khawatir kehilangan Saddil karena ada Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Ronaldo Kwateh dan lainnya yang bisa gantikan peran pemain Sabah FC tersebut.

"Karena SEA Games hanya 20 pemain, satu orang tidak ada merugikan tim, itu pun pilihan, tujuan kami harus masuk final," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga

"Begitu Saddil pulang ke tim setelah laga Vietnam, pastinya harus bisa menunjukkan ke timnya, dan setelah itu bisa baik ke timnas dan bisa bergabung di semifinal atau final," lanjutnya.

Shin Tae-yong tidak khawatir kehilangan Saddil karena ada Witan Sulaeman, Egy Maulana Vikri, Ronaldo Kwateh dan lainnya yang bisa gantikan peran pemain Sabah FC tersebut.

Sebelumnya, Saddil Ramdani juga absen dari pemusatan latihan di Korea Selatan. Dia baru gabung ketika Timnas U-23 latihan pada Sabtu (30/04/22) di Jakarta.

Baca Juga

Pada SEA Games 2021, Timnas Indonesia U-23 tergabung di Grup A. Skuad Garuda Muda akan menghadapi tuan rumah sekaligus juara bertahan Vietnam, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste.

Timnas U-23 ditargetkan raih medali emas pada SEA Games 2021. Skuad Garuda Muda adalah finalis pada edisi 2019, dimana kalah dari Vietnam di laga final.

Baca Juga

Sementara itu, Timnas U-23 baru saja selesaikan pemusatan latihan di Korea Selatan. Mereka akan bertolak ke Vietnam pada tanggal 3 atau 4 Mei untuk mengikuti SEA Games 2021.
 


2. Jadwal Siaran Langsung Pertandingan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Timnas Indonesia U-23 berhasil mengalahkan Andong University dengan skor 4-2 di Haemaji Football Field, Korea Selatan, Kamis (21/04/22). Foto: Naufal/PSSI

Berikut jadwal siaran langsung pertandingan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021 yang akan digelar pada 6 hingga 22 Mei 2022 mendatang di Vietnam.

Seperti diketahui, di ajang SEA Games 2021 Timnas Indonesia U-23 telah tergabung ke dalam Grup A bersama dengan Filipina, Myanmar, Timor Leste dan tuan rumah Vietnam.

Seluruh pertandingan Grup A SEA Games ke-31 akan digelar di Stadion Viet Tri, Phu Tho, Vietnam. Di laga perdana, pasukan Shin Tae-yong akan langsung bersua tuan rumah.

Jelang laga tersebut, pelatih Timnas Indonesia U-23 yakni Shin Tae-yong sudah memilih 20 daftar pemain yang akan diboyong. Suat Garuda Nusantara akan membawa tiga pemain senior yaitu Fachruddin Aryanto, Marc Klok, dan Ricky Kambuaya.

Kemudian nama-nama pemain yang bermain di luar negeri juga dipanggil untuk SEA Games 2022 seperti Asnawi Mangkualam, Elkan Baggott, Egy Maulana, Witan Sulaeman, dan Saddil Ramdani.

Baca Selengkapnya: Wajib Catat! Jadwal Siaran Langsung Pertandingan Timnas Indonesia U-23 di SEA Games 2021

Timnas Indonesia U-23Timnas IndonesiaLiga IndonesiaSaddil RamdaniBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongSEA Games 2021

Berita Terkini