x

Timnas Indonesia Ditahan Bangladesh, 2 Pemain 'Titipan' Fans Jadi Kambing Hitam Shin Tae-yong

Kamis, 2 Juni 2022 20:35 WIB
Penulis: Izzuddin Faruqi Adi Pratama | Editor: Indra Citra Sena
Shin Tae-yong anggap Dimas Drajad dan Stefano Lilipaly kurang maksimal sehingga timnas Indonesia ditaham imbang Bangladesh 0-0 di laga uji coba.

FOOTBALL265.COM - Stefano Lilipaly dan Dimas Drajad menjadi dua pemain yang disorot performanya oleh Shin Tae-yong usai timnas Indonesia hanya bisa bermain imbang 0-0 kontra Bangladesh pada Rabu (01/06/22) lalu.

Kedua pemain dianggap oleh sang juru taktik asal Korea Selatan tersebut belum memenuhi harapan dan perlu mendapat evaluasi.

Baca Juga

Melawan Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat adalah laga pertama Lilipaly untuk timnas Indonesia setelah sekian lama.

Gelandang naturalisasi dari Belanda tersebut baru kali pertama bermain untuk tim Garuda di era Shin Tae-yong dan jelas butuh penyesuaian lagi.

Bisa dibilang penggawa anyar Borneo FC itu mendapat peluang paling banyak namun gagal menunjukkan penyelesaian akhir yang bagus.

Baca Juga

Sementara itu Dimas malah baru memainkan debut senior di level internasional setelah sebelum hanya pernah membela timnas Indonesia untuk kelompok umur.

Dimasukkan di babak kedua juga membuat bintang Persikabo 1973 itu punya waktu yang terbatas untuk beradaptasi dengan strategi baru dan melawan rasa grogi.

Kendati demikian Shin Tae-yong tidak ingin mempermanis kritiknya untuk Stefano Lilipaly dan Dimas Drajad yang semoga jadi tambahan motivasi kedua pemain untuk maju.

Baca Juga

"Dimas dan Lilipaly, sebagai pemain di lini depan, mereka seharusnya bisa membuat peluang," ungkap Shin Tae-yong dikutip dari laman Antara.

"Akan tetapi, mereka tidak melakukan itu. Sampai sekarang, mereka belum memenuhi ekpsektasi saya," imbuh pria berusia 52 tahun itu.


1. Shin Tae-yong Merasa Bersalah Juga

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong saat memberikan arahan kepada para pemainnya dalam laga uji coba melawan Bangladesh di stadion Si Jalak Harupat, Rabu (01/06/22).

Shin Tae-yong sendiri tidak lepas tanggung jawab usai timnas Indonesia meraih hasil yang kurang maksimal yang seharusnya bisa jadi tolak ukur kemajuan.

Yang bersangkutan meminta maaf secara terbuka terlebih karena setelah sekian lama Merah-Putih kembali bisa berlaga di hadapan fans sendiri.

Baca Juga

Ini merupakan kali pertama pertandingan timnas senior disaksikan penonton selepas pandemi COVID-19. 

Bagi Shin Tae-yong, kehadiran suporter di tribun juga menjadi pengalaman pertama sejak berkarir di Indonesia. 

Setidaknya, 8.657 penonton menyaksikan laga ini namun tidak ada gol yang bisa dirayakan oleh mereka walau terus memberi dukungan selama 90 menit.

Baca Juga

“Memang pertandingan itu berstatus persahabatan. Akan tetapi, laga tersebut tetap saja uji coba sebelum Kualifikasi Piala Asia 2023 di Kuwait," sambung Shin Tae-yong lagi.
 
"Seharusnya kami bisa menang dengan selisih tiga atau empat gol untuk membahagiakan suporter. Dukungan dari suporter itu sangat keren. Seharusnya kami pun bisa menunjukkan performa serupa tapi ternyata tidak bisa,"

"Saya sekali meminta maaf, sekaligus terima kasih kepada masyarakat Indonesia. Saya berharap fans bisa lebih bayak datang, dan memberikan dukungan yang lebih bagus. Saya akan berusaha menunjukkan laga yang bagus dan cantik," pungkasnya kemudian.

Baca Juga

Duel melawan Bangladesh menjadi satu-satunya pertandingan uji coba timnas Indonesia. Selepas laga ini, Fachruddin Aryanto dan kawan-kawan akan bertolak ke Kuwait untuk menjalani rangkaian pertandingan Grup A babak akhir kualifikasi Piala Asia 2023.

Belum diketahui apakah Shin Tae-yong nantinya masih akan melibatkan Stefano Lilipaly dan Dimas Drajad dalam skemanya mengingat kedua pemain ini adalah pemain yang diminta suporter untuk diberi kans.


2. Timnas Indonesia 'Dipermalukan' Bangladesh, Ini Komentar Saddil

Winger timnas Indonesia, Saddil Ramdani saat pertandingan menghadapi Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (1/6/22).

Winger timnas Indonesia, Saddil Ramdani, mengaku sudah berusaha menampilkan permainan terbaik ketika menghadapi Bangladesh di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Rabu (1/6/22).

Dia bersama rekan setim juga berusaha semaksimal mungkin menjalankan instruksi yang diberikan oleh pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Hanya saja, dalam sepak bola semuanya bisa terjadi, sehingga pada FIFA Matchday tersebut skuat Garuda gagal mengamankan kemenangan dan harus puas bermain imbang tanpa gol dengan Bangladesh.

"Saya sebagai pemain sudah berusaha keras untuk memulai laga dengan baik sesuai arahan pelatih, tetapi inilah sepak bola. Tidak bisa memprediksi harus menang," kata Saddil Ramdani saat jumpa pers setelah pertandingan di Stadion Si Jalak Harupat.

Pengguna nomor punggung 11 optimistis penampilan timnas Indonesia akan lebih baik lagi di pertandingan selanjutnya. Pasalnya, Shin Tae-yong pasti bakal membenahi kekurangan yang ada di dalam skuat Garuda.

Baca selengkapnya: Timnas Indonesia Dibikin Mati Kutu Bangladesh, Begini Dalih Saddil Ramdani

Dimas DrajadStefano LilipalyTimnas IndonesiaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongBangladesh

Berita Terkini