x

3 Alasan Timnas Indonesia Bisa Bantai Mudah Nepal di Kualifikasi Piala Asia 2023

Selasa, 14 Juni 2022 11:33 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Timnas Indonesia bakal menghadapi Nepal di laga pamungkas Grup A kualifikasi Piala Asia 2023. Foto: PSSI.

FOOTBALL265.COM - Timnas Indonesia bakal menghadapi Nepal di laga pamungkas Grup A kualifikasi Piala Asia 2023.

Sebelumnya, anak-anak asuh Shin Tae-yong menuai hasil yang kurang maksimal namun tidak terlalu buruk di dua matchday pertamanya melawan Kuwait dan Yordania.

Baca Juga

Saat laga pembuka, mereka menekuk tipis Kuwait dengan skor 2-1 lewat gol Marc Klok dan Rachmat Irianto.

Hanya saja, hasil positif tersebut gagal terulang ketika menghadapi salah satu lawan tangguh di Grup A, Yordania, pada pertandingan tanggal 12 Juni lalu.

Lagi-lagi tipis, kali ini Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan lawannya lewat gol tunggal Yazan Al-Naimat.

Baca Juga

Dengan demikian, skuat Garuda hingga saat ini mengukir catatan serupa Kuwait yang mengantongi masing-masing satu kemenangan dan kekalahan di Grup A.

Timnas Indonesia pun dipastikan mengincar kemenangan kontra Nepal demi menjaga asa peluang lolos ke putaran final Piala Asia 2023 nanti. 

Pasalnya, mereka saat ini terancam tidak lolos jika hanya menang tipis (1-0, 2-1), imbang, apalagi kalah dari Nepal.

Baca Juga

Ya, hal ini tidak lepas dari posisi Kuwait yang masih sangat mengancam di klasemen. Jika mereka menang atas Yordania, bukan tidak mungkin Timnas Indonesia akan tergeser.

Akan tetapi, peluang masih terbuka cukup lebar dan akan lebih baik lagi Rachmat Irianto dkk bisa menang dan mencetak banyak gol untuk meningkatkan produktivitas mereka atas Kuwait.


1. Skuat Nepal yang Problematik

Timnas Indonesia bakal menghadapi Nepal di laga pamungkas Grup A kualifikasi Piala Asia 2023.

Meski nampak sebagai yang menantang, kemenangan kontra Nepal jelas bukan hal mustahil. Apalagi, jika mengingat skuat mereka saat ini sedang dilanda banyak masalah.

Tanpa Rohit Chand

Eks pemain Persija Jakarta yang satu ini memang tidak berpartisipasi melawan Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga

Padahal, ia adalah salah satu pemain senior di skuat, yang kehadiran serta kontibusinya pasti banyak diharapkan oleh para rekan dan juga suporter timnas.

Selain itu, eksistensinya yang sudah familier di kalangan sepak bola Indonesia juga membawa euforia tersendiri bagi para penikmat sepak bola Tanah Air.

Mereka tentu berharap bisa melihat penampilan Rohit Chand bersama negaranya, Nepal, bertanding melawan Timnas Indonesia di kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga

Namun sayang, pemain yang kini membela Persik Kediri tersebut memilih mundur dari skuat karena dikabarkan berselisih dengan sang pelatih, Abdullah Al Mutairi.

Banyak Pemain Mundur

Salah satu kabar yang cukup mengagetkan dalam beberapa waktu terakhir, adalah mundurnya 10 pemain Nepal dari skuat sebelum kualifikasi dimulai, termasuk Rohit Chand.

Dari sejumlah kabar yang beredar, masalah internal di skuat Nepal sudah mencuat sejak pemusatan latihan jelang keberangkatan ke Kuwait.

Baca Juga

Banyak pemain menolak tinggal di dalam penginapan yang disediakan oleh Asosiasi Sepak Bola Nepal (ANFA) karena dianggap tidak layak.

Abdullah Al Mutairi yang merasa geram pun dan dengan tegas menyarankan para pemainnya untuk meninggalkan skuat.

 

2. Situasi di Kubu Nepal Bakal Untungkan Timnas Indonesia?

Timnas Indonesia bakal menghadapi Nepal di laga pamungkas Grup A kualifikasi Piala Asia 2023.

Rohit Chand menjadi satu dari sekian pemain yang mundur dari skuat dan pada akhirnya memilih pergi ke Indonesia untuk memperkuat Persik Kediri di Piala Presiden 2022.

Seperti tim sepak bola pada umumnya, kehilangan banyak pemain tentu berpengaruh pada kekuatan Nepal bersama skuat mereka saat ini.

Baca Juga

Absennya Rohit Chand dan sembilan Nepal lainnya pun bisa membuat Timnas Indonesia ketiban untung.

Anak-anak asuh Tae-yong nantinya berpeluang memanfaatkan kekacauan yang tengah terjadi di skuat lawan saat ini untuk meraih kemenangan besar.

Catatan Buruk Nepal

Dengan situasi skuat yang sedang problematik karena ditinggal banyak pemain, Nepal terbukti cukup keteteran ketika berlaga di kualifikasi Piala Asia 2023.

Baca Juga

Bahkan, mereka saat ini berstatus tim paling lemah di Grup A dibandingkan rival-rivalnya yang lain, termasuk Timnas Indonesia.

Untuk diketahui, Nepal mencatatkan kekalahan sempurna di dua matchday mereka masing-masing melawan Yordania dan Kuwait.

Setelah dihantam dua gol tanpa balas melawan Yordania, Suman Aryal dkk ditekuk 4-1 oleh Kuwait di pertandingan tanggal 11 Juni lalu.

Baca Juga

Dengan catatan mengecewakan ini, Nepal nampak sebagai penantang yang paling mudah ditaklukkan di Grup A kualifikasi Piala Asia 2023.

Bukan hanya itu, Nepal juga satu-satunya anggota di grup yang mencatatkan selisih gol minus akibat dua kekalahan mereka yang lalu. 

Timnas IndonesiaBola InternasionalPiala AsiaNepalBerita Timnas IndonesiaKualifikasi Piala Asia 2023One Football

Berita Terkini