x

6 Pemain Portugal yang Pernah Bermain untuk Arsenal: Fabio Vieira Wajib Hati-hati!

Senin, 20 Juni 2022 09:05 WIB
Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Berikut ini ada enam pemain Portugal yang pernah berseragam Arsenal menyusul bergabungnya bakat muda bernama Fabio Vieira.

FOOTBALL265.COM – Berikut ini ada enam pemain Portugal yang pernah berseragam Arsenal menyusul bergabungnya bakat muda bernama Fabio Vieira.

Belakangan ini nama Fabio Vieira menjadi perbincangan seiring bergabungnya pemain muda asal Portugal itu ke Arsenal di bursa transfer musim panas 2022 ini.

Baca Juga

Pemain berusia 22 tahun ini bakal berseragam Arsenal usai FC Porto selaku klub pemiliknya, mengkonfirmasi bahwa The Gunners telah menebusnya.

Dalam rilis yang diunggah FC Porto, tertulis bahwa pihak klub telah sepakat dengan Arsenal untuk melepas Fabio Vieira dengan mahar total 40 juta euro (Rp622 miliar).

Mahar tersebut memiliki rincian di mana 35 juta euro sebagai uang transfer, sedangkan 5 juta euro akan diberikan sebagai bonus.

Baca Juga

Kedatangan Fabio Vieira sendiri menjadi tambahan penting bagi Arsenal, yang ingin memperkuat lini tengahnya saat ini.

Apalagi pemain berkebangsaan Portugal itu punya catatan menarik sepanjang musim lalu, di mana ia mencetak enam gol dan 14 assist dari 27 pertandingan liga.

Sebelum membela The Gunners, ada baiknya Fabio Vieira menilik kembali kiprah pemain asal Portugal yang lebih dulu membela Arsenal sebelumnya.

Baca Juga

Tak disangka, pemain-pemain Portugal yang berseragam Arsenal ini punya kiprah jauh dari kata memuaskan, yang akan menjadi alarm bagi Fabio Vieira.

Siapa saja pemain Portugal tersebut? Berikut daftarnya.


1. Pemain Portugal yang Pernah Bela Arsenal

Pemain Crystal Palace, Wilfried Zaha beraksi dengan Cedric Soares dari Arsenal REUTERS-David Klein

1. Cedric Soares

Cedric Soares merupakan pemain Portugal yang kini masih tercatat sebagai pemain Arsenal. Ia diboyong dari Southampton dengan status permanen pada 2020 lalu.

Sebelum dipermanenkan, Soares sempat dipinjam terlebih dulu oleh Arsenal selama enam bulan. Jadi, sudah 2,5 musim bek kanan berusia 30 tahun ini membela The Gunners.

Dalam kurun waktu tersebut, Soares bisa dikatakan gagal memenuhi ekspektasi fans Arsenal, di mana ia hanya bermain sebanyak 54 kali dan bukanlah pilihan utama.

Baca Juga

2. Elton Monteiro

Sebelum Soares dan Tavares, Arsenal pernah merekrut pemain Portugal lainnya bernama Elton Monteiro yang diboyong dari akademi FC Sion pada 2008.

Usai direkrut, Monteiro bermain di level akademi Arsenal, sebelum naik ke tim utama pada 2011. Sayangnya, sejak promosi ke tim utama ia tak pernah bermain untuk The Gunners.

Hingga akhirnya Arsenal memilih melepasnya pada 2013 ke Club Brugge secara gratis, dan bek tengah ini masih bermain di Swiss.

Baca Juga

3. Amaury Bischoff

Sama seperti Monteiro, Amaury Bischoff juga diboyong Arsenal saat masih berstatus pemain akademi untuk klub Jerman, Werder Bremen.

Usai diboyong, pemain berkebangsaan Portugal ini gagal memenuhi ekspektasi usai hanya tampil empat pertandingan saja bagi Arsenal.

Karena gagal memenuhi ekspektasi, pemain yang berposisi gelandang tengah ini ditendang Arsenal ke klub Portugal, Coimbra secara gratis.


2. Mayoritas Gagal

Nuno Tavares (tengah) bersama Rob Holding dan Emile Smith Rowe di laga West Ham vs Arsenal (01/05/22). (Foto: Reuters/Matthew Childs)

4. Nuno Tavares

Nuno Tavares menyusul Cedric Soares sebagai pemain muda asal Portugal yang direkrut Arsenal dari Benfica pada musim panas 2021 lalu.

Ia diboyong Arsenal untuk menjadi pesaing dan pelapis Kieran Tierney di sektor bek kiri mengingat bek asal Skotlandia ini kerap dihantam cedera.

Sayangnya, pemain berusia 22 tahun ini tampil kurang impresif di musim debutnya bersama Arsenal. Parahnya lagi, The Gunners dilaporkan bakal melepasnya ke Atalanta.

Baca Juga

5. Rui Fonte

Rui Fonte adalah penyerang berbakat asal Portugal saat dirinya masih muda. Hal ini membuat The Gunners merekrutnya pada 2006 dari akademi Sporting CP.

Usai diboyong, Rui Fonte bermain di akademi Arsenal, di mana ia tercatat hanya bermain sekali bagi The Gunners yakni pada 2008 sebagai pemain pengganti di Piala Liga Inggris.

Setelahnya ia dipinjamkan ke Crystal Palace dan kemudian dilepas pada 2009 ke klub lamanya, Sporting CP dan berpetualang ke berbagai klub.

Baca Juga

6. Luis Boa Morte

Luis Boa Morte merupakan penyerang top asal Portugal yang diboyong Arsenal pada 1997 dari Sporting CP. Sayangnya ia gagal bersaing dengan penyerang top The Gunners lainnya musim itu.

Setibanya di Arsenal, Boa Morte kerap menjadi cadangan. Bahkan catatannya bersama The Gunners begitu buruk, yakni empat gol dari 37 pertandingan.

Usai dua tahun membela Arsenal, Boa Morte dilepas ke Southampton dengan harga murah dan meneruskan kariernya di Liga Inggris bersama klub-klub lainnya.

Bursa TransferArsenalLuis Boa MorteLiga InggrisCedric SoaresSepak Bola

Berita Terkini