x

Akrabnya Manchester City dan Arsenal di Bursa Transfer Musim Panas: Wacana 'Barter' 3 Pemain

Rabu, 22 Juni 2022 11:05 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Manchester City dan Arsenal tengah menjalin hubungan akrab di bursa transfer musim panas ini, dengan potensi kepindahan 3 pemain antara kedua klub.

FOOTBALL265.COM Manchester City dan Arsenal tengah menjalin hubungan akrab di bursa transfer musim panas ini, dengan potensi kepindahan 3 pemain antara kedua klub.

Di saat tim raksasa Liga Inggris seperti Manchester United dan Chelsea belum bergerak di bursa transfer pemain, Manchester City dan Arsenal menjadi salah dua tim yang aktif.

Baca Juga

Sejauh ini, kedua tim tersebut sama-sama sudah mendatangkan pemain baru di mana Manchester City seperti diketahui mendatangkan Erling Haaland dari Borussia Dortmund.

Selain itu mereka resmi kedatangan Julian Alvarez yang sejatinya sudah dibeli Januari lalu tapi dipinjamkan kembali ke River Plate.

Sementara itu, Arsenal baru saja meresmikan kedatangan gelandang kreatif dari Porto, Fabio Vieira. Gelandang 22 tahun itu diboyong dengan biaya 30 juta pounds dan diikat kontrak 5 tahun.

Baca Juga

Meski demikian, kedatangan para pemain itu masih belum cukup baik bagi The Citizens maupun The Gunners, dengan kedua tim sama-sama masih memburu sejumlah pemain demi mencapai misi mereka.

Seperti diketahui, City masih membidik gelar juara Liga Champions untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

 Smentara itu Arsenal mencoba kembali tampil di Liga Champions dengan mengincar finis di 4 besar Liga Inggris setelah musim lalu hanya finis di posisi 5.

Baca Juga

Situasi menarik pun kini terjadi, seiring terbukanya peluang ‘barter’ alias pertukaran pemain di antara kedua tim di bursa transfer musim panas ini.

Pasalnya, ada pemain Arsenal yang menjadi incaran Manchester City, dan sebaliknya ada pula pemain The Citizens yang dibidik oleh The Gunners.


1. Arsenal ke Manchester City

Pemain Arsenal, Kieran Tierney

Arsenal dan Manchester City sendiri memang kerap melakukan bisnis jual beli pemain di antara kedua klub.

Dalam sekitar satu dekade terakhir, tercatat ada beberapa pemain Arsenal yang pindah ke City seperti Bacary Sagna, Samir Nasri, Gael Clichy, hingga Kolo Toure.

Baca Juga

Di sisi lain, Mikel Arteta yang kini tengah membesut The Gunners pun sebelumnya berstatus sebagai asisten Pep Guardiola di kubu The Citizens.

Kedekatan kedua klub ini pun membuka peluang kepindahan beberapa pemain dari Arsenal ke Manchester City dan sebaliknya di musim panas ini.

Apalagi, memang ada sejumlah pemain The Citizens yang sesuai dengan kebutuhan The Gunners, dan begitu pula sebaliknya. Lantas, siapa saja pemain Arsenal dan Manchester City yang berpotensi berpindah kubu dalam waktu dekat ini? Berikut ulasannya:

Baca Juga

Kieran Tierney

Masa depan Benjamin Mendy yang tak jelas usai didakwa terlibat dalam 8 kasus pemerkosaan membuat Manchester City membutuhkan bek kiri baru.

Sempat diklaim memburu Marc Cucurella dari Brighton, Pep Guardiola kini disebut mengalihkan bidikan pada bintang andalan Arsenal, Kieran Tierney.

Kierney sendiri memang tampil gemilang bersama The Gunners, sejak diboyong dari Celtic pada bursa transfer musim panas 2019.

Baca Juga

Meski kerap menderita cedera, bek asal Skotlandia ini selalu jadi pilihan utama jika ia berada dalam kondisi fit. Sejauh ini, Tierney telah mencatatkan 4 gol dan 12 assist dari 86 penampilan untuk Arsenal.

Kegemarannya maju membantu serangan pun sesuai dengan kebutuhan Pep Guardiola yang memang menyukai full back yang bertipe agresif. Namun peran pentingnya bagi Arsenal dan kontraknya yang masih tersisa 4 tahun, mendatangkan Kieran Tierney diyakini tidak akan mudah.

 

2. Manchester City ke Arsenal

Selebrasi gol Gabriel Jesus di laga Burnely vs Manchester City.

Gabriel Jesus

Penyerang tengah menjadi kebutuhan utama Arsenal di bursa transfer musim panas ini, usai Alexandre Lacazette memilih kembali ke klub lamanya Lyon.

Pasalnya, The Gunners kini hanya memiliki satu penyerang tengah murni, Eddie Nketiah, yang baru saja menandatangani kontrak baru. Menjadikan Nketiah yang baru berusia 23 tahun sebagai andalan utama dan satu-satunya tentu menjadi langkah yang berisiko.

Baca Juga

Situasi ini membuat Arsenal membidik bomber Manchester City, Gabriel Jesus. Pemain Brasil itu terancam kehilangan tempat di skuat The Citizens, seiring kedatangan Erling Haaland.

Dengan finishing mumpuni ketajaman yang cukup baik (95 gol dan 46 assist dari 236 penampilan untuk Man City), dan kemampuannya membuka ruang bagi rekan setim, Jesus menjadi nama yang sesuai bagi Arsenal yang memiliki winger cepat dan tajam seperti Gabriel Martinelli dan Bukayo Saka.

Di sisi lain, Man City sendiri tak keberatan melepas Jesus untuk menyeimbangkan keuangan setelah membeli Haaland. Pakar transfer Fabrizio Romano pun menyebut negosiasi Arsenal dengan City berjalan lancar, dan tengah merampungkan persyaratan pribadi dengan Jesus dan agennya.

Baca Juga

Oleksandr Zinchenko

Selain Jesus, ada satu nama lagi dari Manchester City yang menjadi bidikan Arsenal. Sosok yang dimaksud adalah bintang asal Ukraina, Oleksandr Zinchenko.

Bintang Ukraina itu diketaui ingin hengkang dari Etihad Stadium setelah tak pernah jadi pilihan utama, dan tak pernah tampil lebih dari 20 laga Liga Inggris dalam satu musim.

Situasi ini siap dimanfaatkan Mikel Arteta, yang pernah bekerja sama dengan Zinchenko ketika ia masih menjadi asisten pelatih Pep Guardiola, untuk memboyongnya. Menariknya, Arteta menjanjikan Zinchenko untuk bermain di posisi aslinya yakni sebagai gelandang, sepeti yang ia jalani di timnas.

Baca Juga

Zinchenko pun akan menjadi pesaing Granit Xhaka dan Mohamed Elneny, dalam menjadi partner Thomas Partey di pos double pivot, maupun menggantikan Partey mengingat kerapnya bintang Ghana itu ceddera.

Di sisi lain, dengan potensi kepergian Kieran Tierney ke Manchester City, terbuka pula peluang Oleksandr Zinchenko menjadi bek kiri utama Arsenal, menggantikan bek Skotlandia itu.

Bursa TransferArsenalManchester CityGabriel JesusLiga InggrisOleksandr ZinchenkoTRIVIABerita Liga InggrisBerita Bursa TransferOne FootballKieran Tierney

Berita Terkini