x

4 Fakta Tak Terduga dari Tyrell Malacia, Pembelian Pertama Manchester United era Erik ten Hag

Rabu, 6 Juli 2022 15:40 WIB
Editor: Juni Adi
Bek muda Tyrell Malacia yang akan jadi pembelian pertama Manchester United. Foto: Instagram@heyatimizmanchesterunited

FOOTBALL265.COM - Manchester United akhirnya resmi memperkenalkan pemain barunya, Tyrell Malacia, yang diboyong dari Feyenoord. Berikut beberapa fakta tentangnya.

Setelah dalam beberapa pekan terakhir tak ada pergerakan, Manchester United akhirnya mulai aktif di lantai bursa transfer musim panas ini.

Baca Juga

Hal itu ditandai dengan mulainya perekrutan di bawah komando pelatih baru Erik ten Hag. Pembelian pertama jatuh kepada pemain yang berposisi sebagai bek sayap, Tyrell Malacia.

Tyrell Malacia diboyong Manchester United dari klub Belanda, Feyenoord Rotterdam. Ia diperkenalkan oleh Manchester United melalui laman resmi dan media sosial klub, Selasa (05/07/22) kemarin. 

Bek kiri berusia 22 tahun itu dikontrak hingga Juni 2026, dengan opsi perpanjangan kontrak satu tahun lagi. Ia didatangkan dengan nilai transfer 15 juta euro menurut Mirror.

Baca Juga

Nama Tyrell Malacia memang belakang jadi buah bibir, setelah penampilannya yang memukau bersama Feyenoord di Eredivisie Belanda dalam beberapa musim belakangan.

Ia dinilai sebagai salah satu bek muda potensial di Eropa, sehingga Manchester United tertarik untuk memboyongnya sebagai investasi klub di masa depan.

Tyrell Malacia telah membuat 136 penampilan sepanjang kariernya untuk Feyenoord. Dia juga memperkuat timnas Belanda di setiap level dari U-16 hingga senior, dengan catatan lima caps internasional.

Baca Juga

"Sungguh perasaan yangluar bias bisa bergabung dengan Manchester United. Ini adalah babak baru dalam karier saya, rekan satu tim baru, dan manajer luar biasa," kata Malacia.

"Saya tahu dari bermain melawan timnya di Eredivisie, kualitas yang dia (Erik ten Hag) miliki dan apa yang dia tuntut dari para pemainnya," imbuhnya. 

Lebih lanjut, Tyrell Malacia mengaku sudah tidak sabar untuk memulai petualangan barunya di kompetisi musim depan bersama Manchester United.

"Meskipun saya tahu saya masih muda dan masih butuh berkembang, tapi percayalah saya berjanji kepada para United Fans, saya akan tampil baik di atas lapangan dan meninggalkan semua urusan ketika sudah mengenakan baju merah ini," tuturnya.

Sekarang saya siap untuk fokus pada masa depan bersama United, dan membantu klub baru saya mencapai kesuksesan," pungkas Malacia.

Berikut beberapa fakta menarik yang belum diketahui banyak oleh para penggemar Manchester United tentang Tyrell Malacia.


1. Berdarah Saudara Jauh Jawa

Bek muda Feyenoord, Tyrell Malacia, yang akan jadi pembelian pertama Manchester United dan Erik ten Haag. (Foto: Instagram@tyrellmalacia)

Tyrell Malacia lahir di Rotterdam, Belanda, pada 17 Agustus 1999 lalu. Meski lahir di Negeri Kincir Angin, dirinya mempunyai dua paspor yakni Belanda dan Curacao karena ayahnya berasa dari negara tersebut.

Dirinya juga berdarah Suriname dari sang ibu, sebuah negara yang mempunyai penduduk banyak bersuku Jawa. 

Baca Juga

Karena kedua orang tuanya lama tinggal di Belanda, Tyrell Malacia tumbuh besar di sana. Ia pun menekuni olahraga sepak bola dari akademi Feyenoord Rotterdam.

Lama menimba ilmu di tim akademi hingga tim junior, Tyrell Malacia akhirnya dipromosikan ke tim utama pada tahun 2017.

Sejak saat itu, bek 22 tahun tersebut belum pernah membela klub manapun. Dia juga tak pernah menjalani peminjaman ataupun bergabung dengan klub lain.

Baca Juga

Sudah Masuk ke Tim Nasional

Penampilan gemilang Tyrell Malacia di kompetisi domestik bersama Feyenoord Rotterdam, membuat pelatih Timnas Belanda, Louis van Gaal memanggilnya untuk memperkuat tim senior pada 04 September 2021 lalu.

Tyrell Malacia tampil pertama kali bersama tim Oranje saat berusia 22 tahun 18 hari. Dia tampil melawan Timnas Montenegro pada kualifikasi Piala Dunia 2022.

Sejauh ini ia sudah mencatatkan 5 penampilan untuk timnas senior Belanda dan mencetak 2 assist. Sebelum di tim utama, Tyrell Malacia juga sudah beberapa kali mengenakan baju Oranje di level kelompok umur.

Baca Juga

Timnas Belanda U-16, U-17, U-20, dan U-21 sudah pernah ia bela. Catatan yang paling banyak penampilannya terjadi ketika ia bermain untuk tim U-17 Belanda, dengan torehan 14 penampilan.


2. Merasakan Final Eropa

Bek muda Tyrell Malacia yang akan jadi pembelian pertama Manchester United. Foto: Instagram@heyatimizmanchesterunited

Tyrel Malacia pernah mengantarkan klubnya Feyenoord Rotterdam lolos ke final kompetisi antar klub Eropa, UEFA Conference League atau Liga Konferensi Eropa UEFA musim 2021-2022.

Sayangnya, Feyenoord gagal meraih gelar tersebut. Tim yang bela Tyrell Malacia dikalahkan AS Roma di partai puncak.

Baca Juga

Kendati demikian, bukan berarti Tyrell Malacia tidak punya trofi bergengsi yang dikoleksi di lemarinya.

 Ada dua trofi yang berhasil direngkuh dengan klub yang berbasis di Rotterdam tersebut.

Gelar pertama adalah Piala Belanda atau Piala KNVB 2017/2018. Sementara trofi yang kedua adalah Piala Super Belanda atau Piala Johan Cruyff pada tahun 2019.

Erik ten Hag Sudah Mengenal Betul

Tyrell Malacia berposisi sebagai bek kiri. Erik ten Hag meliriknya karena MU kemungkinan akan melepas bek kiri Alex Telles. 

Baca Juga

Ia akan bersaing dengan Luke Shaw untuk menjadi starter di pos bek kiri MU.

Ten Hag sudah mengenal betul Malacia. Pasalnya Erik Ten Hag juga bekerja di Liga Belanda bersama Ajax Amsterdam. Tahun lalu Ten Hag juga berencana merekrut Malacia ke Ajax.

Malacia menjadi pemain Liga Belanda keempat yang dikiatkan dengan MU sejak Ten Hag resmi ditunjuk menggantikan caretaker Ralf Rangnick.

Baca Juga

Sebelumnya ada tiga pemain Ajax yang konon masuk radar MU yakni bek tengah Jurrien Timber, penyerang Sebastien Haller dan sayap Antony.

Bursa TransferManchester UnitedFeyenoordLiga InggrisTRIVIAErik ten HagTyrell Malacia

Berita Terkini