x

Terungkap! Ini Alasan Pelatih Tokyo Verdy Pasang Pratama Arhan Jadi Winger Kanan

Kamis, 7 Juli 2022 19:50 WIB
Penulis: Ilham Oktafian | Editor:
Pelatih Tokyo Verdy, Hiroshi Jofuku akhirnya buka suara usai memasang Pratama Arhan sebagai winger kanan.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Tokyo Verdy, Hiroshi Jofuku akhirnya buka suara usai memasang Pratama Arhan sebagai winger kanan.

Hiroshi Jofuku blak-blakan ingin memaksimalkan potensi terbaik dari eks penggawa PSIS Semarang tersebut.

Baca Juga

Untuk diketahui, Pratama Arhan sendiri memang baru saja melakoni laga debutnya bersama klub kasta kedua Liga Jepang alias J2 League, Tokyo Verdy.

Arhan melakoni debutnya saat Tokyo Verdy memainkan lawatannya ke markas Tochigi SC di pekan ke-25 J2 League pada Rabu (06/07/22).

Arhan bahkan tampil sejak menit awal alias dipercaya tampil starter oleh nakhoda Tokyo Verdy yakni Hiroshi Jofuku. 

Baca Juga

Menariknya, di laga tersebut ia tak dimainkan di posisi aslinya. Arhan dipasang sebagai winger kanan, padahal selama ini ia dikenal sebagai wingback kiri. Arhan mengisi 3 ujung tombak bagi kubu tamu.

Di awal-awal pertandingan, tampak sekali jika Arhan masih kesulitan untuk unjuk gigi. Bahkan di 10 menit awal ia belum diberi kesempatan untuk mendapatkan bola.

Meski demikian, Arhan mulai panas dan menemukan ritme permainan. Bahkan, ia nyaris saja bikin assist bagi Tokyo Verdy. Sayang umpan matang Arhan gagal dimanfaatkan oleh Junki Koike.

Baca Juga

Rupanya Arhan hanya diberi kesempatan bagi pelatih Tokyo Verdy selama 45 menit alias satu babak saja. Pemain berusia 20 tahun tersebut digantikan oleh Mizuki Arai di jeda waktu babak pertama. 

Usai laga yang berkesudahan 1-0 untuk kemenangan Tokyo Verdy tersebut, Hiroshi Jofuku akhirnya buka suara terkait keputusannya memasang Pratama Arhan sebagai winger kanan.


1. Kata Pelatih Tokyo Verdy

Acara pelepasan Pratama Arhan oleh PSSI jelang keberangkatan ke Jepang untuk bergabung dengan Tokyo Verdy di kantor PSSI, Jumat (04/03/22). Foto: Herry Ibrahim/Football265.com

Hiroshi Jofuku blak-blakan ingin memaksimalkan potensi terbaik dari eks penggawa PSIS Semarang tersebut.

Ia sadar betul bahwa Arhan merupakan seorang wingback. Posisi tersebut seolah melekat pada diri Arhan saat berada di Mahesa Jenar maupun Timnas Indonesia.

Baca Juga

Akan tetapi, Hiroshi Jofuku ingin memaksimalkan potensi Arhan dengan bereksperimen memasang Arhan lebih ofensif yakni sebagai winger kanan.

Meski Arhan sempat kiku, namun kata Hiroshi Jofuku pemain kelahiran Blora, Jawa Tenga tersebut cukup memikatknya.

Terutama saat Arhan ikut turun membantu pertahanan. Hal tersebut menjadi nilai plus bagi Hiroshi Jofuku mengenai sosok Arhan.

Baca Juga

"Dia seorang bek samping, jadi saya pikir dia kesulitan dengan penempatan sebagai penyerang yang melebar," ujarnya dikutip dari situs resmi Tokyo Verdy.

"Namun,  jika saya melihatnya, saya pikir saya sudah terbiasa dengan 10 menit terakhir babak pertama,"

"Yang penting masuknya dia tidak merusak pertahanan. Itulah poin pentingnya, dan meskipun saya tidak bisa mendapatkan titik awal yang baik, saya pikir itu bagus,"

Baca Juga

Selain dipasang lebih ofensif, momen menarik lain yang terjadi di laga debut Pratama Arhan adalah saat ini mendapat kartu kuning.

Pada menit ke-29 saat ia diganjar kartu kuning oleh wasit lantaran melakukan pelanggaran dengan menarik baju pemain Tochigi SC.


2. Penerjemah Arhan Dipecat

Logo Tokyo verdy

Kabar mengejutkan datang dari Tokyo Verdy. Klub J2 League alias divisi dua Liga Jepang tersebut resmi mendepak penerjemah Pratama Arhan, Auliya Agung Barkah per Rabu (06/07/22).

Usut punya usut, Auliya Agung Barkah dipecat lantaran ia kepergok mengunggah sususan pemain Tokyo Verdy saat bentrok dengan Tochigi SC.

Ia mengunggah susunan pemain Tokyo Verdy vs Tochigi SC lewat akun media sosialnya, yakni instagram story di akun @goldbarka.

Sebelum dihapus, Auliya Agung Barkah kegep mengunggah susunan pemain yang diturunkan kedua tim di laga tersebut. Rupanya, aksi yang dilakukan oleh Auliya Agung Barkah melanggar aturan J2 League utamanya Bab 1 Pasal 3 terkait Kewajiban yang arus dilakukan.

Baca Juga
Bola InternasionalJ2 LeaguePratama ArhanPratama Arhan AliefTokyo Verdy

Berita Terkini