x

Bertemu di Final, Apa Prestasi Terbaik Malaysia dan Laos di Piala AFF U-19?

Kamis, 14 Juli 2022 18:09 WIB
Editor: Juni Adi
Logo Piala AFF u19 2022.

FOOTBALL265.COM - Dua negara memastikan diri tampil di final Piala AFF U-19 2022, yakni Malaysia dan Laos. Lantas apa prestasi terbaik keduanya di turnamen kelompok umur ini?

Gelaran turnamen sepak bola kelompok umur antar negara Asia Tenggara, Piala AFF U-19 2022 telah memasuki partai final. Dua negara yang memastikan diri lolos adalah Malaysia dan Laos.

Baca Juga

Malaysia melaju hingga partai final berkat kemenangan meyakinkan atas Vietnam di babak semifinal.

Bermain di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Rabu (13/07/22) kemarin, Malaysia menang dengan skor telak 3-0.

Kedua tim sempat tampil hati-hati di menit-menit awal hingga pertengahan babak pertama. Namun Malaysia bermain lebih agresif.

Baca Juga

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-26. Harimau Malaya Muda unggul lebih dahulu melalui gol Adam Farhan. Skor 0-1.

Tak mau kalah, Vietnam coba memberikan perlawanan. Sejumlah peluang mereka ciptakan akan tetapi tak ada yang berbuah gol.

Hingga wasit meniup peluit, skor 0-1 untuk keunggulan Malaysia di babak pertama semifinal Piala AFF U-19 2022 tak berubah.

Memasuki interval kedua, Vietnam lebih dahulu mengambil inisiatif serangan. Sejumlah ancaman mereka lontarkan ke gawang Malaysia.

Baca Juga

Beruntung dewi fortuna masih melindungi gawang Malaysia. Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang Vietnam justru malah kembali kebobolan.

Pada menit ke-70, Muhammad Haikal Haqeemi menggandakan skor jadi 2-0 untuk Malaysia.

Tiga menit jelang babak kedua berakhir, Malaysia memperbesar keunggulan jadi 3-0 menit ke-87. Skor 0-3 untuk keunggulan Malaysia atas Vietnam tak bergeming. Harimau Malaya Muda pun lolos ke partai puncak.


1. Magic Semifinal Piala AFF U-19

Pertandingan antara Timnas Indonesia U-19 vs Thailand U-19 Piala AFF U-19 di Stadion Patriot, Rabu (06/07/22).

Hasil tak kalah mengejutkan terjadi di pertandingan semifinal Piala AFF U-19 lainnya, yakni keberhasilan Laos melaju ke final.

Tak tanggung-tanggung, lawan yang mereka kalahkan adalah tim kuat Thailand. Skor akhirnya pun sangat meyakinkan yakni 2-0.

Baca Juga

Laos yang bermain agresif, langsung tampil menekan sejak menit awal. Mereka pun akhirnya mampu unggul cepat di menit ke-8.

Peter Phanthavong membawa Laos sementara unggul. Tersentak kebobolan cepat, Thailand langsung coba tampil lebih baik dalam membangun serangan.

Hasilnya beberapa kali mereka mendapat peluang berbahaya, sayang tak ada yang bisa dikonversi menjadi gol. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Baca Juga

Di babak kedua, Laos lebih sering bermain bertahan dan hanya mengandalkan serangan balik, demi mempertahankan kedudukan.

Sedangkan Thailand, kesulitan membongkar pertahanan Laos yang disiplin. Alih-alih menyamakan kedudukan, gawang Thailand malah kembali kebobolan.

Kali ini pemain Laos, Damoth Thongkhamsavath yang mencatatkan namanya di papan skor untuk membawa negaranya unggul 2-0, dan bertahan hingga laga usai.

Baca Juga

Laos pun melaju ke final Piala AFF U-19 2022, untuk berhadapan dengan Malaysia. Ini final yang cukup mengejutkan, karena keduanya mengalahkan tim kuat ASEAN.

Lantas apa prestasi terbaik dari Malaysia dan Laos di Piala AFF U-19?


2. Prestasi Terbaik Malaysia dan Laos di Piala AFF U-19

Logo Piala AFF u19 2022.

Piala AFF U-19 pertama kali digelar pada tahun 2002. Kala itu dua negara menjadi tuan rumahnya yakni Thailand dan Kamboja.

Thailand keluar sebagai juara perdana, diikuti oleh Myanmar dan Laos masing-masing di posisi runner-up dan peringkat ketiga.

Baca Juga

Tidak seperti turnamen Piala AFF senior yang digelar per dua tahun sekali, untuk kelompok umur federasi sepak bola Asia Tenggara (AFF) menggelarnya rutin setiap tahun tanpa jeda.

Setelah sempat lancar baru tahun 2020 turnamen ini tak bisa digelar selama dua tahun, 2020 dan 2021. Penyebabnya karena pandemi covid-19 yang melanda sejumlah negara di dunia termasuk di kawasan ASEAN.

Baca Juga

Baru pada tahun ini Piala AFF U-19 kembali bisa digelar dengan Indonesia ditunjuk menjadi tuan rumahnya. 

Total sudah 18 edisi Piala AFF U-19 diselenggarakan. Dua negara tercatat menjadi raja ajang ini yakni Thailand dan Australia yang sudah mengemas masing-masing 5 trofi.

Lantas bagaimana prestasi terbaik dari dua finalis Piala AFF U-19 tahun 2022 ini, Malaysia dan Laos?

Baca Juga

Malaysia prestasi terbaiknya adalah mampu meraih satu kali juara pada edisi 2018, saat Indonesia menjadi tuan rumahnya.

Sementara Laos, prestasi terbaiknya mampu finsi di peringkat ketiga sebanyak tiga kali yakni pada 2002, 2005, dan 2015.

Andai Malaysia mampu menjadi juara tahun ini, maka mereka sukses mengulang memori manis Piala AFF U-19 edisi tahun 2018 lalu.

MalaysiaLaosBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Piala AFF U-19 2022

Berita Terkini