x

Insiden Pagar JIS Roboh, Ketum Jakmania: Karena Antusiasme yang Sangat Luar Biasa

Rabu, 27 Juli 2022 12:06 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Subhan Wirawan
Insiden pagar roboh yang terjadi di Grand Launching Jakarta International Stadion (JIS) hari Minggu Minggu (24/07/22) lalu, cukup menarik perhatian termasuk dari ketua umum Jakmania, Diky Soemarno.

FOOTBALL265.COM - Insiden pagar roboh yang terjadi di Grand Launching Jakarta International Stadion (JIS) hari Minggu Minggu (24/07/22) lalu, cukup menarik perhatian termasuk dari ketua umum Jakmania, Diky Soemarno.

Insiden tersebut terjadi sebelum peluit laga persahabatan Persija Jakarta kontra Chonburi FC dibunyikan.

Baca Juga

Pagar pembatas di sisi utara tribun penonton ambruk lantaran dinaiki oleh sejumlah Jakmania yang hendak mengibarkan spanduk.

Kejadian tersebut juga menyebabkan salah satu Jakmania tersungkur hingga ditandu oleh tim medis.

Ketika disinggung soal Rojali alias 'Rombongan Jakmania Liar' oleh awak media saat press conference berlangsung, Diky Soemarno selaku Ketua Umum Jakmania, menegaskan bahwa insiden pagar roboh bukan ulah dari Rojali.

Baca Juga

"Masalah Rojali, sebenarnya itu sudah nggak ada," tegas Diky Soemarno kepada awak media, Minggu (24/07/22), pada sesi Press Conference, di Jakarta International Stadium.

"Karena hari ini kuotanya 40 ribu, anggota aktif kita 102 ribu lebih. Semua yang hadir di acara Grand Launching JIS ini ya adalah anggota kita," jelas Diky.

Selaras dengan pendapat Gurbenur DKI Jakarta, Diky menerangkan jika kejadian tersebut buntut dari rasa antusias para Jakmania yang membara.

Baca Juga

Sebagai sosok yang menggawangi The Jakmania di seluruh Indonesia, Diky cukup mewajarkan kejadian tersebut.

Sebab, itu merupakan kali pertama pendukung Macan Kemayoran merasakan sensasi menonton sepak bola di Jakarta International Stadium.

"Kejadian pagar roboh itu karena antusiasme teman-teman sangat luar biasa karena kita pertama kali nyoba nonton di JIS," cetus Diky.

"Dari peristiwa ini berarti banyak yang harus disiapkan. Kalau di tempat lain kan sudah ada stagger untuk capo dll untuk nyanyi. Nah kalau ini kan belum, jadi ini memang momen kita belajar," tutup Diky Soemarno.


1. Hasil Persija Jakarta vs Chonburi FC

Acara launching tim Persija Jakarta untuk Liga 1 2022/2023 sekaligus pertandingan uji coba melawan RANS Nusantara di Stadion Wibawa Mukti, Sabtu (16/07/22).

Sementara itu, laga antara Persija Jakarta vs Chonburi FC dalam rangka Grand Launching Jakarta International Stadion (JIS), Minggu (24/07/22) lalu, berakhir dengan skor sama kuat 3-3.

Sebelum dimulainya laga tersebut, Anies Baswedan selaku Gubernur DKI Jakarta melakukan kick-off bersama legenda Indonesia, Bambang Pamungkas.

Baca Juga

Pada pertandingan persahabatan melawan Chonburi FC, skuad Macan Kemayoran tidak membawa beberapa pemain seniornya, mengingat malam sebelumnya mereka baru saja melawan Bali United di laga pembuka Liga 1 2022-2023.

Sejak awal pertandingan, Persija Jakarta langsung mencoba untuk memberikan tekanan kepada tim tamu.

Lewat skema serangan balik, tim asal Thailand, Chunburi FC hampir saja membuka keunggulan pada menit ke-6. Namun, tendangan itu masih bisa dihalau oleh Cahya Supriyadi.

Baca Juga

Tak berselang lama, Persija Jakarta mampu mencetak keunggulan di menit ke-13 lewat tendangan Taufik Hidayat yang berhasil memanfaatkan umpan Riko Simanjuntak.

Tapi, hanya butuh waktu dua menit bagi Chonburi FC untuk menciptakan gol penyeimbang lewat Yoo Byung-soo.

Yoo Byung-soo kembali mencetak brace pada menit ke-25 untuk Chonburi FC setelah berhasil melakukan kontrol bola dengan baik, dan mengakhirinya dengan tembakan keras.

Baca Juga

Menjelang akhir babak pertama, Riko Simanjuntak berhasil menyamakan keadaan menjadi 2-2 atas Chonburi FC lewat yang memanfaatkan umpan pendek di kotak penalti.

Memasuki menit-menit terakhir, Riko Simanjuntak berhasil mencatatkan brace memanfaatkan kesalahan kiper Chonburi FC dan berhasil menyamakan kedudukan 3-3 pada menit ke-87.

Baca Juga

Tambahan tiga menit diberikan oleh wasit di pertandingan grand launching JIS ini. Meski begitu, pasukan Macan Kemayoran terus mencoba melakukan serangan.

Tapi, usaha yang dilakukan oleh Riko Simanjuntak di lini depan tak mampu mengubah hasil. Kedudukan 3-3 antara Persija Jakarta vs Chonburi FC bertahan hingga akhir laga.

The JakmaniaLiga IndonesiaJakarta International Stadium (JIS)Diky Soemarno

Berita Terkini