x

Lionel Messi Lenyap, 3 Pemain Ini Berpeluang Besar Gondol Ballon d'Or 2022

Sabtu, 13 Agustus 2022 11:16 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Lionel Messi terdepak dari Ballon d'Or 2022. FOTO: REUTERS/Susana Vera.

FOOTBALL265.COM - Daftar nominasi Ballon d’Or 2022 baru saja dirilis, namun dari 30 kandidat tidak ada nama megabintang Paris Saint-Germain (PSG), Lionel Messi.

Padahal, pemain yang akrab disapa La Pulga tersebut terhitung sebagai ‘pelanggan’ tetap di ajang bergengsi ini.

Baca Juga

Lionel Messi masih jadi yang terbaik dengan raihan 7 gelar, disusul Cristiano Ronaldo (5 gelar). Bahkan, keduanya sudah sangat sering mendominasi penghargaan dari tahun ke tahun sejak 2008 silam.

Hanya Luka Modric, satu-satunya pemain yang berhasil menyelip di antara dominasi absolut ini ketika memenangkan Ballon d’Or 2018.

Kini, nampaknya sejarah itu bisa terulang lagi, di mana edisi 2022 akan memiliki ‘juara baru’ seperti Luka Modric empat tahun lalu.

Baca Juga

Terlebih, nama Lionel Messi tidak ada di daftar 30 besar yang dirilis France Football, Sabtu (13/08/22) dini hari WIB.

Dari 30 nama tersebut, tentu hanya satu yang akan membawa pulang trofi Ballon d’Or yang sangat bergengsi ini.

Lantas, siapa saja yang berpeluang besar memenangkannya? Berikut prediksi tiga pemain yang layak menjadi kandidat kuat peraih Ballon d’Or 2022.

Baca Juga

Karim Benzema

Nampaknya sangat layak disebut paling pertama di daftar ini. Apalagi kalau bukan penampilannya yang luar biasa pada 2021-2022.

Belakangan, ia bahkan panen trofi bersama klubnya, Real Madrid, dengan memenangkan Liga Spanyol, Liga Champions, dan Piala Super Eropa.


1. Karim Benzema Terdepan. Disaingi Robert Lewandowski

Karim Benzema nampak terdepan dalam perburuan Ballon d'Or 2022. Foto: REUTERS-Kai Pfaffenbach.

Bukan hanya itu, statistik apik secara individu juga membuka pintu yang sangat lebar baginya untuk memenangkan Ballon d’Or 2022.

Bagaimana tidak? Mesin gol Real Madrid tersebut menorehkan angka-angka yang sangat luar biasa dalam beberapa waktu terakhir, termasuk 44 gol dan 15 assist dari 46 pertandingan.

Baca Juga

Faktor ini pun menjadi bekal kuat Karim Benzema menyabet Ballon d’Or 2022 yang menekankan pada raihan individu pemain sepanjang musim 2021-2022.

Dukungan untuk Karim Benzema agar memenangkan Ballon d’Or pun sempat diutarakan pelatihnya di Real Madrid, Carlo Ancelotti.

“Dia pemain penting, seorang pemimpin dalam tim, dan mencetak banyak gol. Dia mengakhiri musim lalu dan mengawali musim ini dengan sama baiknya,” ucap Carlo Ancelotti, dikutip dari Football Espana.

Baca Juga

Meski meyakini Karim Benzema sangat layak diganjar trofi Ballon d’Or, di benak Don Carlo tetap terlintas kemungkinan terburuk bahwa anak asunya itu mungkin tidak akan menang.

“Tidak ada orang yang meragukan bahwa dia layak [memenangkan] Ballon d’Or. Saya rasa demikian, tapi apa pun bisa terjad,” tambahnya lagi.

Robert Lewandowski

Sempat beberapa kali digadang-gadang sebagai calon pemenang Ballon d’Or dalam beberapa tahun terakhir, namun memang belum rezeki.

Baca Juga

Tahun ini, peluangnya kembali terbuka berkat penampilan yang ciamik saat masih berseragam klub Liga Jerman, Bayern Munchen.

Musim lalu, mesin hol yang tidak kalah produktif dari Karim Benzema ini berhasil mencatatkan 50 gol dari 46 laga yang ia lakoni.

 

2. Cristiano Ronaldo Masih Punya Peluang?

Aksi Cristiano Ronaldo di laga pramusim Manchester United. Foto: Reuters/Ed Sykes.

Bukan hanya itu. Ia juga menggondol Sepatu Emas Eropa - menasbihkan namanya sebagai pencetak gol tersubur di liga-liga top Benua Biru.

Namun untuk urusan gelar, 2021-2022 hanya ‘menyumbangkan’ satu trofi baginya di level klub yakni Liga Jerman (Bundesliga). Ya, Karim Benzema memang panen lebih banyak bersama Real Madrid.

Baca Juga

Meski begitu, nampaknya dua pemain ini akan terlibat persaingan yang lumayan sengit di tengah lenyapnya Lionel Messi di daftar kandidat Ballon d’Or 2022.

Cristiano Ronaldo

Absennya La Pulga tahun ini sekilas nampaknya bakal jadi rezeki nomplok bagi Cristiano Ronaldo yang sudah lima kali menjadi pemenang Ballon d’Or.

Walau Manchester United terseok-seok entah di Liga Inggris maupun kompetisi lainnya musim lalu, megabintang Timnas Portugal ini menorehkan catatan individu yang terbilang tidak mengecewakan.

Baca Juga

Ia berhasil mencetak 18 gol dari 31 pertandingan ketika The Red Devils terpuruk dan kemudian finis di peringkat 6 klasemen akhir Liga Inggris 2021-2022.

Buntut dari kegagalan Manchester United inilah, termasuk tidak akan bermain di Liga Champions 2022-2023, memunculkan rumor tidak sedap terkait masa depan Cristiano Ronaldo di klub.

CR7 sempat disebut-sebut ingin angkat kaki karena ingin bermain di Liga Champions, ditambah lagi prestasi Manchester United yang lumayan acak adul bersama Ralf Rangnick.

Baca Juga

Namun hingga detik ini sang pemain masih bertahan, menyusul kesulitannya mendapat klub baru di bursa transfer musim panas.

Dengan catatan ini, apakah Cristiano Ronaldo pesaing yang layak bagi Karim Benzema dan Robert Lewandowski di Ballon d’Or 2022? Mari kita lihat saja hasilnya nanti.

Cristiano RonaldoLionel MessiKarim BenzemaBallon d'OrBola InternasionalOne Football

Berita Terkini