x

Rasiman Bicara Posisi Caretaker Persis Solo dan Peluang Kalahkan Madura United

Senin, 22 Agustus 2022 20:28 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Isman Fadil
Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

FOOTBALL265.COM - Pelatih asal Banjarnegara, Rasiman, menyatakan kesiapannya menjadi caretaker Persis Solo. Tugas pertama saat bersua Madura United dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Manahan Solo, Selasa (23/08/22), ingin diwujudkan jadi tiga poin.

Persis Solo menjadi tim ketiga di Liga 1 2022/2023 yang melakukan pergantian pelatih. Keputusan Jacksen Ferreira Tiago untuk mundur membuat sosok nahkoda baru harus dicari.

Baca Juga

Untuk sementara ini, Persis Solo pilih mengangkat Rasiman sebagai caretaker tim senior. Sebelum mengemban jabatan ini, Rasiman menjadi pelatih kepala tim Persis Youth.

Jabatan ini bukan perkara mudah bagi Rasiman. Ayah kandung Syahrian Abimanyu ini hanya memiliki dua sesi latihan untuk mempersiapkan tim melawan Madura United.

Latihan perdana sudah dijalani Rasiman di Lapangan Kottabarat Solo, Minggu (21/08/22). Rasiman mengatakan tugasnya tinggal melanjutkan apa yang telah dilakukan Jacksen Tiago.

Baca Juga

"Ketika tim ini sudah membaik penampilannya, harapannya bisa menguatkan lagi tim yang sudah ada, yang selama ini mungkin ada yang perlu ditingkatkan lagi," kata Rasiman usai latihan.

Rasiman menuturkan, tugasnya menjadi sedikit lebih mudah setelah apa yang dilakukan Jacksen Tiago bersama staf kepelatihannya.

Baca Juga

"Saya respect sama coach Jacksen dan coach Eko yang sudah membangun pondasi dengan baik, jadi mempermudah kelanjutan tugas saya disini, untuk menambah intensitas di pertandingan. Mudah-mudahan apa yang saya inginkan bisa tercapai," tutur Rasiman.


1. Kekuatan Madura United

Gelandang Madura United, Lee Yu-jun, berduel di lini tengah.

Madura United tentu bukan tim yang asing bagi Rasiman. Pada Liga 1 2019 lalu, Rasiman juga pernah menjadi caretaker Madura United, menggantikan Dejan Antonic.

Lalu, pada Liga 1 2021/2022, Rasiman menjadi asisten pelatih Rahmad Darmawan, sebelum kemudian pelatih asal Brasil, Fabio Lefundes masuk.

Baca Juga

Ketika kini bersua sebagai lawan, Rasiman sedikit banyak tahu kekuatan Madura United, terutama para pemainnya. Mayoritas pemain musim lalu masih ada di tim.

"Secara normal pelatih akan melihat kekuatan dan kelemahan dari lawan. Kita analisis Madura United, bagaimana mereka cukup superior selama ini," kata Rasiman.

Baca Juga

Dalam lima pertandingan, Madura United tampil luar biasa. Skuat besutan Fabio Lefundes mencatatkan empat kemenangan dan sekali hasil seri.

Madura United dengan 13 poin menduduki puncak klasemen sementara Liga 1. Rasiman sendiri tak gentar dengan catatan mengkilap dari mantan timnya.

Baca Juga

"Saya tahu mereka ada di top level, tapi saya yakin kita punya kesempatan untuk memenangkan pertandingan ini," ucap Rasiman.


2. Pelatih Kepala Baru

Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

Rasiman dipilih manajemen bukan untuk menjadi pelatih dalam jangka panjang tim senior.

Saat ini, Rasiman dipercaya untuk pertandingan melawan Madura United, sembari menunggu pelatih kepala yang baru ditunjuk manajemen.

"Setidaknya untuk pertandingan melawan Madura United, pelatihnya Rasiman," kata media officer Persis Solo, Bryan Barcelona.

Soal kandidat, ada banyak pelatih yang sudah menawarkan diri untuk bisa membesut Laskar Sambernyawa.

Javier Roca disebut-sebut sebagai salah satu yang sudah mengajukan diri sebagai pelatih Persis Solo. Pelatih asal Chile itu baru saja mundur dari Persik Kediri.

Persis SoloMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1RasimanLiga 1 2022-2023

Berita Terkini