x

4 Pemain Garuda Select 2 yang Terjun ke Liga 2, Ada Bocah Ajaib yang Gemparkan Inggris

Rabu, 24 Agustus 2022 16:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Skuat Garuda Select angkatan 2 di Inggris.

FOOTBALL265.COM - Setidaknya ada empat pemain jebolan Garuda Select 2 yang kini memutuskan terjun ke Liga 2, termasuk sang bocah ajaib, Fernando Pamungkas.

Garuda Select adalah program pembinaan pemain sepak bola usia muda Indonesia di Inggris. Pada tahun 2022 ini, program akan segera bergulir untuk musim kelima.

Baca Juga

Pemain Garuda Select jilid pertama sudah mendapat tempat di tim senior, demikian pula beberapa pemain jilid kedua, yang rata-rata kelahiran tahun 2003 (19 tahun).

Pemain Garuda Select 2 memiliki lebih banyak pengalaman, karena tak hanya berlatih di Inggris, tetapi juga sempat berlatih dan uji coba melawan tim Italia.

Namun, berdasarkan pantauan INDOSPORT, ada empat pemain jebolan Garuda Select 2, yang berangkat ke Inggris pada tahun 2019, tetapi kini terjun ke kompetisi Liga 2 2022.

Baca Juga

1. Dodi Irawan

Dodi Irawan berhasil lolos seleksi Garuda Select 2 tahun 2019, ketika ia membela Akademi Perseru Badak Lampung FC.

Dodi Irawan selalu menjadi andalan di lini pertahanan Garuda Select, baik saat main di Inggris maupun di Italia. Sepulangnya ke Indonesia, ia dikontrak Bhayangkara FC.

Namun, Dodi Irawan tak kunjung mendapat jam terbang di tim senior Bhayangkara FC. Pasalnya, skuat sudah mulai padu ketika musim lalu diracik oleh Paul Munster. 

Baca Juga

Musim ini pun, ketika Widodo C. Putro mengambil alih mandat kepelatihan, Dodi Irawan tak menjadi pilihan. Alhasil, ia pun memilih hijrah ke PSMS Medan di Liga 2.

Dodi Irawan berjumpa pemain jebolan Garuda Select jilid 1 yang juga dipastikan merapat ke PSMS Medan jelang kick off Liga 2 2022, yaitu Sandi Arta Samosir.


1. 2. Renaldi

Aksi wonderkid PSM Makassar, Renaldi, dalam sesi latihan di Bosowa Sport Center.

Datang dari Sulawesi Selatan, Renaldi pun berhasil menembus seleksi Garuda Select 2, dan mencicipi ketatnya persaingan sepak bola di Inggris dan Italia, tahun 2019-2020.

Pulang dari Eropa, Renaldi yang merupakan bek jangkung berusia muda, dipertahankan oleh manajemen PSM Makassar agar bisa menjadi masa depan bagi skuat Juku Eja.

Baca Juga

Namun, karena tak kunjung dapat menit bermain, Renaldi sempat dipinjamkan ke Babel United dan bermain di Liga 2 2021.

Kini, Renaldi juga belum mendapatkan kesempatan berseragam PSM Makassar. Jelang kick off Liga 2 2022, ia akhirnya kembali dipinjamkan ke Gresik United.

Jika Renaldi bisa membuktikan kualitasnya di Liga 2, maka bukan tidak mungkin jika ia akan ditarik kembali ke PSM Makassar dan bermain di kompetisi kasta tertinggi Liga 1.

Baca Juga

3. Muhammad Ilham

Namanya mungkin kurang familiar, tetapi Muhammad Ilham adalah salah satu pilar penting dari skuat Garuda Select jilid 2.

Bermain di posisi bek tengah, Ilham terus menunjukkan tajinya di Inggris, dan kembali ke klub yang telah membesarkan namanya, Borneo FC, untuk menantikan jam terbang.

Sayangnya, Ilham kalah saing dengan bek senior hingga bek asing Borneo FC. Ia pun dipinjamkan ke Persijap Jepara, kemudian Sulut United yang bermain di Liga 2 2021.

Baca Juga

Sempat kembali ke Borneo FC di putaran kedua Liga 1 2021, tetapi Ilham masih belum bisa bersaing dengan tim inti. Maka dari itu, ia pun ditransfer kembali ke Sulut United.

Muhammad Ilham resmi menekan kontrak bersama Sulut United untuk mengarungi Liga 2 2022, mulai 27 Agustus mendatang.


2. 4. Fernando Pamungkas

Pemain muda Persebaya, Fernando Pamungkas

Fernando Pamungkas boleh dikatakan sebagai 'bocah ajaib' pada masanya. Ia kerap mendapatkan pujian dari pelatih Garuda Select di Inggris, Des Walker.

Meski kalah saing dari Brylian Aldama dan David Maulana di Garuda Select 2, namun Fernando Pamungkas jadi andalan pelatih ketika dipanggil kembali di angkatan ketiga.

Bahkan, Fernando Pamungkas juga turut melesakkan gol ke gawang Crystal Palace U-17, dan membawa skuat Garuda Select menang 5-3 atas tim Inggris tersebut.

Pulang ke Indonesia, Fernando langsung dikontrak oleh Persebaya Surabaya dengan durasi mencapai lima tahun, dan membuka peluang untuknya bermain di level Liga 1.

Hanya saja, ia gagal bersaing di tim senior. Gelandang 19 tahun itu pun dipinjamkan ke Nusantara United FC, dan akan mencicipi persaingan lini tengah di Liga 2 2022.

Liga IndonesiaLiga 2TRIVIAGaruda SelectBerita Liga 2Fernando Pamungkas

Berita Terkini