x

Liga 1: Kandidat Pelatih Baru Mengerucut, Persis Kadung Nyaman Dipimpin Rasiman

Sabtu, 3 September 2022 15:55 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

FOOTBALL265.COM - Persis Solo belum punya niatan untuk mengumumkan pelatih baru meski kandidat sudah mulai mengerucut. Mereka tampak masih nyaman dengan kendali Rasiman di Liga 1 Indonesia 2022-2023.

Sentuhan Persis Solo di tangan Rasiman memang menjanjikan. Bukan soal hasil akhir, namun secara permainan terlihat dominan dari lawan.

Baca Juga

Situasi ini berbanding terbalik ketika Persis Solo tak bisa berbuat banyak pada masa kepelatihan Jacksen Tiago. Rasiman membuat permainan mulai banyak variasi dan sikap egois pemain cenderung menurun.

Makanya, Persis Solo tidak mau buru-buru menunjuk sosok baru sebagai pelatih kepala. Dalam regulasi Liga 1, posisi caretaker bisa bertahan selama sebulan.

"Hitungannya sebulan setelah laga melawan Madura United, berarti ya sekitar tanggal 20-an September ya," kata media officer Persis Solo, Bryan Barcelona.

Baca Juga

Namun, Bryan menyebut Persis Solo terus bekerja keras mencari pelatih baru. Ada beberapa kandidat, namun proses seleksi masih terus berjalan meski sudah dilakukan pengerucutan nama.

"Kalau beberapa nama sudah mengerucut, dari owner dan klub sudah punya bayangan siapa yang akan mengisi, karena sudah mendiskusikan beberapa nama," ucap Bryan.

Baca Juga

Persis Solo tak merasa dikejar waktu untuk menetapkan pelatih baru. Tampaknya, mereka sudah nyaman dengan hasil Rasiman memegang tim.

"Kami tidak ada deadline, santai saja, kalau nanti sudah saatnya akan diumumkan. Cuma nanti siapanya, akan diumumkan secara resmi," ungkap Bryan.


1. Rasiman Terbentur Regulasi

Caretaker Persis Solo, Rasiman. Foto: Persis Solo

Jika prestasi Rasiman bersama Fabiano Beltrame dkk. terus naik, Persis Solo bisa jadi semakin bingung dalam menetapkan pelatih kepala.

Pasalnya, suasana tim juga berpotensi berubah ketika ada pergantian pelatih lagi. Namun, yang menjadi masalah adalah lisensi kepelatihan Rasiman belum sesuai regulasi Liga 1.

Baca Juga

Dalam regulasi Liga 1 2022-2023, jabatan pelatih kepala hanya bisa dipegang sosok berlisensi AFC Pro atau setara. Sementara, lisensi Rasiman masih A AFC atau setingkat di bawah AFC Pro.

"Kalau secara registrasi, lisensinya belum bisa, tapi kita tidak tahu apakah tetap di senior sebagai asisten atau dikembalikan ke akademi," jelas Bryan Barcelona.

Baca Juga

"Kira-kira peluangnya seperti apa belum tahu, nanti usai penunjukkan head coach resmi baru akan kelihatan proyeksinya seperti apa (untuk Rasiman)," lanjut Bryan.


2. Kandidat Bermunculan

Pelatih Persik Kediri, Javier Roca. Foto: Ian Setiawan/INDOSPORT

Saat ini, kandidat pelatih Persis Solo terus bermunculan. Javier Roca sempat menjadi yang terdepan sebagai kandidat pelatih Persis Solo.

Sosok asal Chile itu punya lisensi setara AFC Pro. Semasa menjadi pemain, Roca juga pernah membela Persis Solo dan kini beristrikan wanita asli Solo.

Baca Juga

Selain Javier Roca, muncul nama Sergio Alexandre yang sebelumnya dipecat PSIS Semarang. Ada pula eks Persib Bandung, Robert Rene Alberts, serta eks pelatih Johor Darul Takzim, Benjamin Mora.

Terlepas dari siapapun sosoknya, Persis Solo berharap bisa meraih posisi yang lebih baik di klasemen sementara Liga 1 2022-2023.

Persis SoloLiga IndonesiaLiga 1Bola IndonesiaRasimanBerita Liga 1Javier RocaLiga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini