x

Siapa Lamine Yamal, Mini Messi Idaman Xavi yang Mulai 'Meresahkan' di Barcelona

Minggu, 11 September 2022 17:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Barcelona punya pemain berjuluk mini Lionel Messi yang eksistensinya kini makin berkibar. Foto: REUTERS/Albert Gea.

FOOTBALL265.COM - Mengenal lebih dekat sosok Lamine Yamal, wonderkid berjuluk Mini Lionel Messi yang saat ini dimiliki klub Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona.

Masih berusia 15 tahun, pemain yang satu ini merupakan produk asli Barcelona yang berkembang di bawah didikan La Masia.

Baca Juga

Belum lama ini, namanya mencuat ke permukaan setelah dipanggil Xavi Hernandez untuk ikut berlatih bersama tim utama.

Meski belum menandatangani kontrak profesional, pemanggilan Lamine Yamal oleh Xavi ini sudah membuktikan, bahwa ia dianggap prospek menjanjikan bagi skuad masa depan Barcelona.

Selain memiliki bakat sebagai pencetak gol seperti Lionel Messi, penyerang kelahiran 13 Juli 2007 ini juga bisa dipolot sebagai sayap kanan.

Baca Juga

Posisi yang ia pegang inilah yang kemudian mengingatkan publik terhadap sosok La Pulga sewaktu muda, sehingga tercetuslah julukan Mini Messi tersebut.

Adalah akun Twitter resmi LaLiga yang mengungkap julukan itu saat mengunggah video sang pemain di LaLiga Promises 2019.

Meski masih berusia muda, Lamine Yamal menjadi satu dari 10 pemain yang mendapat kesempatan berlatih bersama tim senior Barcelona sekitar awal pekan lalu.

Baca Juga

Dipanggilnya sang Mini Messi ini pun menjadi langkah konkret yang diambil Xavi untuk membuat La Masia berjaya lagi seperti dulu.

Terlebih lagi, ia juga termasuk alumni yang paling sukses selain Lionel Messi, Andres Iniesta, Sergio Busquets, dan masih banyak lagi.


1. Calon Penerus Lionel Messi dan Ansu Fati?

Barcelona punya pemain berjuluk mini Lionel Messi yang eksistensinya kini makin berkibar. Foto: REUTERS/Albert Gea.

Bukan tidak mungkin, Lamine Yamal akan melanjutkan daftar-daftar tersebut setelah mentasnya Gavi dan Ansu Fati ke tim senior.

Menyusul namanya yang mulai mencuat ke permukaan usai dipanggil latihan bersama tim utama, Lamine Yamal pun membuktikan kepercayaan yang sudah diberikan pelatih kepadanya.

Baca Juga

Debut bersama Barcelona U-19, ia langsung mencetak dua gol saat melawan Ebro pada 10 September kemarin.

Aksi itu lantas membuatnya memecahkan rekor Ansu Fati sebagai pencetak gol termuda, dengan catatan 15 tahun 1 bulan 28 hari.

Ansu Fati, mencatatkan penampilan gol perdananya untuk Barcelona U-19 (Juvenil A) di usia 15 tahun 10 bulan 8 hari.

Baca Juga

Hanya saja, penyerang asal Guinea-Bissau itu melesat sangat cepat ke tim utama Barcelona usai mencuri perhatian di Juvenil A.

Ia bahkan tidak perlu bermain di reserve team terlebih dulu untuk sampai ke level senior dan bermain bersama Sergio Busquets dkk.

Entah akan seperti apa nasib Lamine Yamal kelak. Apakah ia akan meroket kencang seperti halnya Ansu Fati, ataukah jalannya bakal sedikit lebih panjang dan berliku?

Baca Juga

Namun yang jelas, Lamine Yamal sudah menjelma sebagai salah satu prospek terbaik Barcelona saat ini.

Tidak jarang pula ia disama-samakan dengan Ansu Fati maupun Lionel Messi sebagai penyerang yang sangat berbakat.

 

2. Menanti Gebrakan Yamine Lamal

Barcelona punya pemain berjuluk mini Lionel Messi yang eksistensinya kini makin berkibar. Foto: REUTERS/Albert Gea.

Selain itu, bermain bersama rekan-rekan setim yang lebih tua juga sedikit banyak membantu dirinya berkembang lebih baik lagi.

Rasanya memang tidak dapat dipercaya, apabila melihat penampilan Yamine Lamal dan mengingat usianya masih 15 tahun.

Baca Juga

Bicara soal kualitas, ia memiliki kecepatan, kontrol bola yang menakjubkan, serta punya kaki kiri dan berbagai trik yang hebat.

Ia merupakan tipe penyerang yang bisa membuat permainan terlihat mudah, sembari di sisi lain jadi mimpi buruk bagi para bek lawan.

Xavi pun disebut-sebut sebagai penggemar berat Yamine Yamal. Menurut laporan Mundo Deportivo, mantan pemain Barcelona itu telah 'jatuh cinta' dengan bakat sang junior.

Baca Juga

Oleh sebab itu, tidak mengherankan apabila Xavi menganggap pemain Timnas Spanyol U-16 tersebut sebagai prospek terbesar di La Masia saat ini.

Sekilas tentang Yamine Lamal

Lahir di Mataro, Catalonia, dari keluarga keturunan Maroko dan Equatorial Guinea. Ia menghabiskan sebagian besar masa mudanya di Barcelona dan belum berpindah klub sama sekali.

Lamine Yamal merupakan pemain internasional untuk Spanyol dan Catalonia. Namun sejauh ini, ia bergabung dengan timnas Negeri Matador di level U-15 dan U-16.

Baca Juga

Tentu patut dinanti akan seperti apa sepak terjang remaja yang satu ini baik di Barcelona maupun Timnas Spanyol.

Nampaknya, kini hanya tinggal menunggu waktu bagi Lamine Yamal masuk ke tim utama Barcelona, melanjutkan kesuksesan Lionel Messi serta Ansu Fati bersama raksasa Liga Spanyol tersebut.

BarcelonaLionel MessiXavi HernandezLiga SpanyolAnsu FatiBerita Liga SpanyolOne Football

Berita Terkini