x

Beda dengan Dewa United dan Rans FC, Ini Pandangan Teco soal Persis Solo

Kamis, 15 September 2022 16:40 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, melihat Persis Solo sebagai tim yang berbeda dibanding dengan Dewa United dan Rans Nusantara FC di Liga 1.

FOOTBALL265.COM - Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, melihat Persis Solo sebagai tim yang berbeda dibanding dengan Dewa United dan Rans Nusantara FC. Persis Solo dipandang sebagai tim promosi yang lebih kuat di Liga 1 2022/2023.

Persis Solo menjadi lawan Bali United pada pekan kesepuluh Liga 1 2022/2023. Pertemuan dua tim ini akan berlangsung di Stadion Manahan Solo, Kamis (15/09/22) malam.

Baca Juga

Inilah momen ketiga Bali United akan bersua tim promosi musim ini. Ketika melawan dua tim promosi lainnya, Bali United sukses menang atas Rans FC 3-2 serta menggilas Dewa United 6-0.

Bali United lebih dijagokan untuk menang meski berstatus tim tamu. Lima kemenangan beruntun dalam kompetisi menjadi faktor utama Bali United diprediksi bisa unggul.

Namun, pandangan lain dimiliki Stefano Cugurra Teco. Menurutnya, Persis Solo tak bisa disamakan dengan Dewa United ataupun Rans FC.

Baca Juga

"Saya pikir berbeda. Persis Solo adalah tim yang lebih lama, punya tradisi di Liga Indonesia, daripada klub yang benar-benar baru dan baru naik ke Liga 1 pertama kali. Persis Solo sebelumnya sudah main banyak di Liga 1 (teratas), punya tradisi. Saya pikir tim ini lebih kuat," kata Teco saat ditemui di Bandara Adi Soemarmo, Selasa (13/09/22).

Persis Solo berbeda karena memiliki basis suporter yang sangat besar. Teco sudah tahu bagaimana Persis Solo mendapat dukungan penuh ketika main di Liga 2.

Ketika beraksi di Liga 1 2022/2023, jelas dukungan besar didapat Persis Solo. Saat melawan PSIS Semarang, Sabtu (03/09/22) lalu, ada banyak suporter Persis Solo yang tak kebagian tiket. Padahal, di dalam stadion sudah ada belasan ribu orang.

"Seperti yang saya bilang, tim ini sudah punya tradisi sebelumnya. Meski beberapa tahun main di Liga 2, suporternya masih cinta sama klub ini. Sangat beda dari dua klub baru di dalam liga," tutur Teco.

Baca Juga

Pada laga melawan Bali United, suporter Persis Solo dipastikan akan membanjiri Stadion Manahan Solo. Menurut Teco, kehadiran para suporter membuat Bali United turut berbahagia.

"Saya pikir di pertandingan, waktu ada suporter lebih bagus. Pemain jadi punya semangat lebih. Ketika kita main di luar, kita tahu suporter lebih banyak ada di pihak tuan rumah, tapi menurut kita lebih senang waktu ada banyak suporter di dalam stadion," papar Teco.


1. Pantau Kekuatan Persis

Pertandingan Persis Solo melawan Madura United di Stadion Manahan Solo, Selasa (23/8/22). Foto: Persis Solo

Menuju laga ini, Teco sudah melakukan pemantauan terhadap performa Persis Solo. Pelatih lisensi CBF Pro ini melihat beberapa rekaman video pertandingan Persis Solo musim ini.

Ada beberapa pemain yang pernah jadi anak asuh Teco di Bali United, seperti Irfan Jauhari, Arapenta Poerba, Gavin Kwan Adsit, Irfan Bachdim, Sutanto Tan, Eky Taufik dan Abduh Lestaluhu.

Baca Juga

"Saya sudah lihat mereka dalam beberapa pertandingan. Ya pasti ada beberapa pemain, mantan pemain Bali United. Kita sudah tahu kualitas bagus dari mereka," jelas Teco.

Bagi Teco, Persis Solo saat ini merupakan tim yang berbeda dari tim yang dihadapi pada uji coba pramusim. Bali United dan Persis Solo pernah uji coba di Stadion Sriwedari Solo, 5 Juni 2022 lalu.

Kala itu, Bali United bermain imbang dengan Persis Solo 2-2. Bali United mencetak dua gol lewat Lerby Eliandry dan Rizky Pellu. Sementara gol Persis Solo dicetak Sutanto Tan dan Samsul Arif.

Baca Juga

"Sekarang sudah beda. Tim yang sekarang sudah lebih lengkap dengan adanya pemain asing," ungkap Teco.

Rombongan tim Bali United sendiri sudah tiba di Solo pada Selasa (13/09/22). Mereka menggunakan pesawat Lion Air untuk mencapai kota Solo dalam waktu sekitar 75 menit.

Baca Juga

Bali United dijadwalkan menggelar latihan resmi di Stadion Manahan Solo pada Rabu (14/09/22) sore.

"Kita akan lihat kondisi para pemain yang siap pada sesi latihan terakhir," ucap Teco.


2. Teco Punya Harapan pada Suporter Persis Solo

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco (kanan), saat konferensi pers setelah pertandingan menghadapi Persib Bandung, Selasa (23/08/22).

Pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, berharap suporter Persis Solo menyambut positif kehadiran ratusan Semeton Dewata di Stadion Manahan Solo, Kamis (15/9/22) untuk pertandingan Liga 1 Indonesia.

Sepak bola menjadi indah ketika dua suporter bisa berdampingan.

Dukungan penuh akan diberikan Semeton Dewata atau suporter Bali United pada lawatan pekan kesepuluh Liga 1 2022/2023. Rombongan mulai berangkat dari Bali pada Rabu (14/9/22) siang.

Rombongan suporter ini diperkirakan lebih dari 600 orang. Kota Solo sebagai destinasi away day baru menjadi daya tarik bagi suporter Bali United untuk berdatangan.

Rencana Semeton Dewata untuk memerahkan Stadion Manahan Solo disambut gembira pelatih Bali United, Stefano Cugurra Teco, jelang melawan Persis Solo di Liga 1. 

Baca Selengkapnya: Liga 1: Ratusan Semeton Dewata Datang, Teco Punya Harapan pada Suporter Persis Solo

Persis SoloBali UnitedLiga IndonesiaStefano Cugurra TecoLiga 1Berita Liga 1

Berita Terkini