x

Tak Habis Pikir Kinerja Wasit Laga Persija, Pelatih Madura United: Biar Publik Menilai

Minggu, 18 September 2022 19:10 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
Fabio Araujo Lefundes benar-benar tidak habis pikir dengan kinerja wasit, saat Madura United menghadapi Persija Jakarta di Liga 1.

FOOTBALL265.COM - Fabio Araujo Lefundes benar-benar tidak habis pikir dengan kinerja wasit, Liga 1 saat Madura United menghadapi Persija Jakarta di Stadion Patriot Bekasi, Sabtu (17/9/22).

Pelatih Madura United itu sampai seringkali melemparkan senyum atas sindiran saat merespon sejumlah keputusan Ginanjar Rahmat Latief sebagai wasit di lapangan.

Baca Juga

Puncak kekesalannya adalah ketika Madura United mencetak gol pada menit 94, memanfaatkan kesalahan antisipasi Andritany Ardhiyasa.

Namun, wasit memutuskan laga rampung sesuai tambahan waktu, yakni menit 93. Peluit panjang dibunyikan Ginanjar ketika shooting jarak jauh itu menuju gawang Persija.

"Kami bisa mencetak gol di akhir laga. Tapi tidak bisa dipercaya dengan apa yang terjadi di lapangan," bilang Fabio Lefundes saat post-match press conferrence.

Baca Juga

Dia pun menaruh curiga atas keberpihakan wasit kepada Persija dalam menilai jalannya laga sepanjang 90 menit di lapangan.

"Kalau umpan Andritany masuk ke dalam kotak penalti tim kami, apakah wasit juga menghentikan laga?" Pelatih Madura United asal Brasil itu balik bertanya kepada media.

Lefundes pun menilai anak asuhnya berhak memenangkan laga. Terlebih, juga ada sejumlah peluang yang digagalkan oleh wasit.

Baca Juga

Seperti ketika Novan Sasongko dijatuhkan di kotak penalti pada menit 34. Begitu juga ketika Andritany jatuh dengan sebab tak jelas ketika sepak pojok Madura United pada menit 45.

"Padahal, suporter di stadion sudah terdiam saat itu (gol pada menit akhir). Tapi wasit menghentikan pertandingan," Lefundes menandaskan.


1. Serahkan ke Publik

Pertandingan antara Persija Jakarta vs Madura United di BRI Liga 1 2022.

Fabio Lefundes bahkan sampai tak bisa melakukan apa-apa lagi atas kegeramannya terhadap kinerja pengadil lapangan hijau.

Terlebih, fenomena seperti ini juga sudah terjadi pada beberapa laga selain Madura United di Liga 1 musim ini. 

Baca Juga

"Cukup memperlihatkan kamera (tayangan ulang), maka publik bisa melihat sendiri apa yang terjadi di lapangan," Lefundes menegaskan.

Terlepas dari itu, Fabio Lefundes tetap memberi apresiasi atas semangat tanding Fachruddin Wahyudi Aryanto dkk yang sukses mengimbangi materi berkelas milik Persija.

Baca Juga

Hasil 0-0 tetap membuat Madura United bertengger di puncak klasemen. Mereka memimpin dengan 23 poin, disusul PSM Makassar, Bali United dan Persija Jakarta dengan 21 poin.


2. Madura United Kritik Keras Kinerja Wasit

Pertandingan antara Persija Jakarta vs Madura United di BRI Liga 1 2022.

Madura United mengambil sikap atas kinerja wasit yang memimpin laga saat dijamu Persija Jakarta, pada pekan ke-10 Liga 1 di Stadion Patriot Bekasi, Sabtu (17/09/22).

Tim berjulukan Laskar Sape Kerrab memang berhasil membawa pulang satu poin dari hasil imbang 0-0. Namun, kinerja wasit mendapat sorotan tajam.

"Manajemen sangat menyayangkan kinerja wasit yang kurang teliti," beber Direktur klub Madura United, Ziaul Haq Abdurrahim, Minggu (18/9/22).

Pernyataan itu mengacu pada keputusan off-side yang dialami Lulinha pada menit 36. Versi klub, winger asal Brasil itu berada dalam posisi on-side sebelum menerima umpan Zulfiandi.

Itu menjadi salah satu kritik yang disampaikan Madura United. Menurut mereka, ada empat poin yang menggambarkan kinerja tak optimal dari Ginanjar Rahmat Latief selaku wasit di laga Liga 1 kontra Persija.

Baca Selengkapnya: Berulangkali Dirugikan Lawan Persija, Madura United Kritik Keras Kinerja Wasit

Persija JakartaMadura United FCLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Fabio Araujo Lefundes

Berita Terkini