x

3 Negara Asia 50 Besar Ranking FIFA yang Bisa Jadi Calon Lawan Timnas Indonesia Selanjutnya

Selasa, 27 September 2022 12:20 WIB
Editor: Juni Adi
Pratama Arhan, pemain Timnas Indonesia (kanan). Foto: Pratama Arhan

FOOTBALL265.COM - PSSI berencana membawa tim yang lebih kuat lagi untuk melawan Timnas Indonesia. Bocorannya negara yang ada di 50 besar, termasuk dari kawasan Asia juga.

Timnas Indonesia akan menghadapi Curacao untuk pertandingan kedua di laga uji coba internasional resmi FIFA atau FIFA Matchday, di Stadion Pakansari, Selasa (27/09/22) hari ini.

Baca Juga

Sebelumnya di pertemuan pertama yang digelar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (24/09/22) lalu, Timnas Indonesia menang dengan skor tipis 3-2.

Kemenangan itu membuat Timnas Indonesia akan naik tiga peringkat di ranking FIFA terbaru nanti, karena mendapat tambahan +7,41 poin.

Saat ini, mereka menduduki posisi 156 dunia menjadi 153 dunia dengan koleksi 1026.60 poin.

Baca Juga

Sedangkan Curacao harus turun satu peringkat dari 83 dunia menjadi 84 dunia dengan koleksi 1285.94 poin.

Merasa puas dengan performa tim asuhan Shin Tae-yong, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berniat akan kembali mencari lawan tangguh lainnya untuk agenda FIFA Matchday selanjutnya.

Tidak tanggung-tanggung pria yang karib disapa Iwan Bule itu menargetkan negara yang berperingkat 50 besar dunia di ranking FIFA.

Baca Juga

Melawan Curacao sendiri memang menjadi salah satu agenda dari keinginan Shin Tae-yong, yang meminta dicarikan lawan berperingkat 100 besar dunia.

Guna menguji kekuatan tim racikannya sebelum tampil di Piala Asia 2023 mendatang.

FIFA Matchday terdekat yang dapat dijalani oleh Timnas Indonesia adalah pada 20-28 Maret 2023, atau seusai Piala AFF 2022 pada akhir tahun ini.

Kedatangan Curacao ke Indonesia sendiri dijembatani oleh Bolabros Football, yang dikenalkan sebagai manajemen sepak bola.

"Saya sudah mengobrol dengan agen yang mendatangkan Curacao, kami akan mencari tim yang berposisi 50 besar ranking FIFA," ujar Iriawan.

Melihat terwujudnya kedatangan Curacao, bukan tidak mungkin negara yang ada di 50 besar dunia siap menjajal kekuatan Timnas Indonesia. Negara mana yang cocok?


1. Negara Asia Lawan yang Memungkinkan

Penyerang Timnas Korea Selatan, Hwang Ui-jo

Saat ini negara yang menduduki peringkat 50 besar terutama di papan atas dunia mayoritas dihuni oleh nama-nama besar berbasis di Eropa.

Seperti Jerman, Belanda, Belgia, Inggris, Portugal, Spanyol, hingga Prancis. Sehingga sangat kecil kemungkinan untuk bisa terealisasi.

Baca Juga

Apalagi mereka juga sedang dalam persiapan tampil di Piala Dunia 2022, sehingga menjalani laga uji coba dengan jarak cukup jauh sangat menguras tenaga.

Untuk lebih realistis, pilihannya ada di negara-negara 50 besar yang rankingnya ada di papan tengah dan bawah khususnya dari kawasan Asia, untuk menjadi lawan Timnas Indonesia. Siapa saja?

Baca Juga

Korea Selatan (28)

Hubungan Korea Selatan dengan Indonesia yang harmonis di bidang olahraga, bisa mewujudkan terselenggaranya pertandingan uji coba antara Korea Selatan vs Timnas Indonesia.

Jika biasanya bermain di Tanah Air, Skuad Garuda kali ini perlu menjajal Korea Selatan di laga tandang. 

Baca Juga

Dengan bantuan dari Shin Tae-yong dan agensi, bisa saja PSSI melobi KFA untuk bersedia uji coba.  

Terakhir kali Timnas Indonesia menjajal Korea Selatan terjadi di Piala Asia 2007 lalu, saat Merah Putih jadi tuan rumah penyelenggaranya.

Kala itu Bambang Pamungkas cs hanya kalah tipis 0-1 lewat gol Kim Jung-woo). 


2. Qatar (48)

Foto launching logo terbaru untuk turnamen sepak bola terbesar di dunia, Piala Dunia 2022 di Doha, Qatar.

Selanjutnya ada Qatar. Negara tuan rumah Piala Dunia 2022 ini bisa jadi opsi yang memungkinkan meski peluangnya sangat kecil untuk terwujud.

Namun bisa saja terjadi karena pertandingan internasional Timnas Indonesia selanjutnya masih cukup jauh yakni Maret 2023.

Baca Juga

Tahun tersebut menjadi tahun yang berdekatan dengan Piala Asia 2023, sehingga mungkin Qatar bisa mempertimbangkan menjajal lawan Indonesia sebagai persiapan.

Apalagi Indonesia juga masuk dalam salah satu bidding tuan rumah Piala Asia 2023 menggantikan China, bersaing dengan beberapa negara lain.

Baca Juga

Australia (39)

Terakhir ada Australia. Ini adalah salah satu negara 50 besar yang bisa dikatakan sangat mudah untuk dilobi menjalani pertandingan uji coba resmi FIFA.

Hal itu bisa dilihat dari beberapa laga uji coba terakhir Australia yang kebanyakan melawan tim dari kawasan Asia.

Sebut saja ada Jordania, Korea Selatan, Kuwait, Lebanon hingga Oman. 

Timnas Indonesia bisa saja melawan Australia, apalagi The Socceroos juga salah satu negara AFF sehingga sangat mungking untuk terwujud, karena dalam beberapa edisi Piala AFF ke depan, mereka bisa jadi lawan Skuad Garuda.

 

AustraliaFIFAQatarPSSIKorea SelatanTimnas IndonesiaBola InternasionalTRIVIAShin Tae-yong

Berita Terkini