x

Persib vs Persija Ditunda, Polda Jabar Berbelasungkawa Atas Tragedi Kanjuruhan

Senin, 3 Oktober 2022 08:05 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Indra Citra Sena
Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam.

FOOTBALL265.COM - Kabid Humas Polda Jabar, Kombes Pol Ibrahim Tompo, menyampaikan belasungkawa atas tragedi sepak bola yang merenggut ratusan nyawa selepas laga Arema FC kontra Persebaya Surabaya di Stadion Kanjuruhan Malang, Sabtu (1/10/22).

Insiden sepak bola di Stadion Kanjuruhan Malang menimbulkan begitu banyak korban jiwa yang jumlahnya mencapai hampir 200 orang.

Baca Juga

"Pertama-tama saya menyampaikan rasa prihatin dan kami menyampaikan turut berbelasungkawa atas kejadian yang terjadi di Malang kemarin," kata Ibrahim Tompo, Minggu (2/10/22).

"Dunia sepak bola turut berduka cita, termasuk kami di sini yang melaksanakan pengamanan kesiapan pertandingan Persib Bandung vs Persija Jakarta," ucapnya menambahkan.

Baca Juga

Secara persiapan, Polda Jabar sejatinya sudah siap untuk mengamankan laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023 antara Persib vs Persija di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (2/10/22).

Namun, PT Liga Indonesia Baru (LIB) mengambil keputusan untuk menunda seluruh pertandingan Liga 1 2022-2023 selama sepekan, akibat insiden yang terjadi di Stadion Kanjuruhan.

Baca Juga

"Di mana pada prinsipnya kami sendiri sudah siap untuk melaksanakan pengamanan. Kami sekarang ada di lapangan GBLA untuk mempersiapkan pertandingan Persib Bandung dan Persija Jakarta," ujarnya.

"Namun, karena ada pertimbangan, baik dari sisi PSSI dan PT LIB, panpel dan Mabes Polri, sehingga pertandingan ini ditunda sampai ada informasi perencanaan untuk pertandingan selanjutnya," jelas Ibrahim Tompo.


1. Harapan Polda Jabar

Kerusuhan suporter usai laga Arema FC vs Persebaya pada Liga 1 pekan ke-11 di Stadion Kanjuruhan, Malang, Sabtu (01/10/22) malam.

Ibrahim Tompo menyampaikan bela sungkawa, dan berharap insiden tersebut tidak terjadi lagi di sepak bola Indonesia. Tragedi Kanjuruhan menjadi pembelajaran bagi semua pihak.

"Kami tahu permasalahan yang terjadi di Malang ini merupakan duka  mendalam yang menimbulkan banyak korban. Semua ini adalah pelajaran berharga bagi kita, khususnya masyarakat dan pendukung sepak bola di Jawa Barat," ujarnya.

Baca Juga

"Kami berharap semoga pertandingan selanjutnya bisa berlangsung dengan aman dan tertib. Tidak ada lagi korban dan permasalahan yang timbul," ungkapnya.

Baca Juga

"Kami sama sama ingin berekspresi menikmati pertandingan tanpa ada permasalahan, baik materi maupun korban jiwa. Imbauan kami ke depan agar bisa menjaga situasi kondusif dan pertandingan bisa dilangsungkan dengan baik," harapnya.


2. Maklumi Penundaan

Logo Persija Jakarta vs Persib Bandung

Polda Jabar sendiri diketahui sudah menyiapkan ribuan personel untuk mengamankan laga kandang Persib Bandung menjamu Persija Jakarta. Dia juga meminta Bobotoh untuk memaklumi keputusan ditundanya laga pekan ke-11 Liga 1 2022-2023.

"Kita semua sama-sama menyampaikan rasa prihatin juga pada rekan-rekan yang pendukung yang ada di luar kota, agar bisa memaklumi kondisi yang ada saat ini," katanya.

"Kita sama sama menyampaikan rsa prihatin sama-sama berduka dengan kondisi itu, sehingga kita mengharapkan ada pemakluman dari pendukung tersebut dan bisa kembali hari ini," pungkas Ibrahim Tompo.

Persebaya SurabayaPersib BandungPersija JakartaJawa BaratPolriLiga IndonesiaStadion KanjuruhanArema FCLiga 1Bola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One Football

Berita Terkini