x

Misi Kemanusiaan, Persik Kediri Salurkan Santunan Untuk Korban Tragedi Kanjuruhan

Kamis, 13 Oktober 2022 17:49 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Juni Adi
Persik di patung Singa Tegar Jawara.

FOOTBALL265.COM - Klub Liga 1, Persik Kediri turut tergerak dalam misi kemanusiaan atas terjadinya Tragedi Kanjuruhan, seusai Derby Jatim antara Arema FC versus Persebaya di Malang, Sabtu (01/10/22) lalu.

Persik Kediri menjalankan misi kemanusiaan dengan turut menyalurkan santunan kepada korban. Kendati tidak semuanya, namun diharapkan misi ini dapat meringankan beban keluarga korban.

Baca Juga

"Kami respek sekali kepada Arema, Aremania dan Aremanita. Tapi untuk saat ini kita lupakan sepak bola dulu, kemanusiaan sangat penting," ucap Arthur Irawan kepada awak media di Malang, Rabu (12/10/22).

"Kami turut berkunjung ke rumah korban, sungguh tersentuh sekali dan sedih. Bagaimana keluarga kehilangan orang-orang tercintanya," sambung kapten tim Persik Kediri itu.

Dalam kunjungannya, Arthur Irawan bersama Dany Saputra mewakili pemain tim Persik. Dalam rombongan itu juga tampak beberapa suporter, yang tergabung dalam Aliansi Suporter Persik.

Baca Juga

Dua korban meninggal dunia atas Tragedi Kanjuruhan mereka kunjungi lebih dulu. Keduanya tinggal di Kecamatan Wonosari Kabupaten Malang, bernama Gabrielle Fenindra Yudha Putra dan Revano Prasetyo.

Persik juga mengunjungi Nur Saguwanto, seorang Aremania asal Kepanjen yang selamat dalam tragedi itu. Kondisinya sudah lebih stabil meski menyisakan luka pada mata dan kakinya.

"Tentu ini membuat kita sangat sedih. Seharusnya sepak bola menjadi hiburan bagi semua orang, termasuk perempuan anak-anak," tutur Arthur Irawan.

Baca Juga

Mereka lantas memungkasi kunjungan dengan berdoa bersama dan menaburkan kembang sebagai tanda dukacita di Gate 13 Stadion Kanjuruhan dan Patung Singa Tegar Jawara.

"Kita semuanya keluarga sepak bola, tidak ada rivalitas lagi. Kita lupakan sepak bola dan fokus kepada misi kemanusiann," sambung dia.


1. Salurkan Santunan

Arthur Irawan dan Dany Saputra mewakili pemain Persik beri bantuan ke korban.

Sehubungan dengan itu, kedatangan Persik Kediri juga sekaligus menyalurkan santunan kepada tiga keluarga yang menjadi korban dalam Tragedi Kanjuruhan.

AFG (Athlete For Good) selaku sponsor Persik Kediri, turut menyumbangan sejumlah santunan. Terlebih, misi ini juga selaras dengan AFG yang memang merupakan foundation dengan fokus pada misi sosial.

Baca Juga

"Semoga keluarga yang sedang berduka turut diberi ketabahan untuk menghadapi musibah ini. Bagaimana pun, sepak bola tidak ada yang seharga nyawa," tandas Arthur Irawan.

"Yang jelas kami sangat berharap kejadian ini menjadi yang terakhir. Tidak ada lagi tragedi di sepak bola," tambah eks pemain Espanyol B tersebut.

Baca Juga

AFG sendiri kerap sudah melaksanakan misi serupa di bidang sepak bola. Sponsor yang berada di jersey Persik itu sebelumnya menggelar aksi membagi bola dan coaching clinic untuk siswa-siswa Sekolah Sepak Bola di Kediri.


2. Liga 1 Ditunda, Persik Kediri Tetap Gelar Latihan: Sambil Tunggu Keputusan PSSI

Persik di patung Singa Tegar Jawara.

Persik Kediri tetap berusaha menjalankan aktivitas di sepak bola selama Kompetisi Liga 1 dinyatakan ditunda akibat terjadinya Tragedi Kanjuruhan di Malang.

Sebagaimana diketahui, awalnya PSSI maupun PT Liga Indonesia Baru hanya menunda jadwal pertandingan dalam waktu satu pekan ke depan.

Namun, PSSI dalam surat bernomor 4114/UDN/2630/X-2022 pada Selasa (4/10/22), menyatakan untuk menghentikan sementara seluruh kompetisi sampai dengan batas waktu yang akan disampaikan kemudian.

"Saya memahami soal kompetisi dihentikan sementara, karena ini duka untuk seluruh Bangsa Indonesia," beber Pelatih Persik Kediri, Divaldo Alves Rabu (5/10/22).

"Bukan hanya para pelaku sepak bola yang tengah berkabung, tetapi juga untuk memastikan proses penyelidikan menyeluruh bisa dilaksanakan," tambah dia.

Baca selengkapnya: Liga 1 Ditunda, Persik Kediri Tetap Gelar Latihan: Sambil Tunggu Keputusan PSSI

Persik KediriArthur IrawanLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini