x

5 Pemain Peraih Ballon d'Or Terbanyak dalam Sejarah Sepak Bola

Selasa, 18 Oktober 2022 16:53 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Lionel Messi Ukir Rekor Baru Ballon d'Or.

FOOTBALL265.COM - Ballon d'Or adalah trofi penghargaan tertinggi bagi tiap pesepak bola. Hanya pemain tertentu yang mampu mendapatkannya. 

Karim Benzema, bintang Real Madrid, baru saja dianugerahi Ballon d'Or 2022. Ini adalah trofi Ballon d'Or pertamanya di sepanjang kariernya.

Baca Juga

Namun, ada pula pemain lain yang justru tidak hanya mendapatkan satu trofi Ballon d'Or, bahkan lebih dari dua trofi.

Mereka yang sanggup meraihnya, jelas bukanlah seorang pesepak bola biasa. Mereka adalah para legenda dan calon legenda sepak bola dunia.

Berikut lima pemain peraih Ballon d'Or terbanyak sepanjang sejarah.

Baca Juga

Marco van Basten - 3 trofi

Jika berbicara soal sepak bola Belanda, nama Marco van Basten tentu muncul sebagai salah satunya. Tak hanya di level timnas, dia juga sangat tajam di tingkat klub.

Baca Juga

Van Basten memenangkan Ballon d'Or pertamanya pada 1988 setelah memimpin Belanda menang di Euro. Dia juga pencetak gol terbanyak di turnamen dan memenangkan Sepatu Emas.

Ballon d'Or keduanya didapatkan setahun berikutnya setelah membawa AC Milan menjuarai Piala Eropa. Trofi Ballon d'Or ketiganya diraih pada 1992.


1. Michel Platini - 3 Trofi

Michele Platini bersama trofi Ballon d'Or.

Michel Platini adalah salah satu tokoh terpenting dalam sejarah sepak bola Prancis. Dia sangat berpengaruh terhadap tim yang diperkuatnya.

Platini adalah pesepak bola terbaik dunia di awal tahun 80-an, di mana dia memimpin Timnas Prancis memenangi European Championship 1984.

Baca Juga

Kini, pria yang pernah menjabat sebagai Presiden UEFA tersebut telah merengkuh tiga Ballon d'Or secara beruntun, yaitu pada 1983, 1984, dan 1985.

Johan Cruyff - 3 Trofi

Johan Cruyff adalah legenda Timnas Belanda. Dia juga yang mempopulerkan filosofi 'total football'. Karier gemilangnya dimulai saat bermain di Ajax Amsterdam.

Baca Juga

Setelah itu, namanya kian bersinar ketika sudah berseragam Barcelona. Berbagai gelar pun diraihnya, termasuk European Player of the Century pada 1999.

Semasa hidupnya, Cruyff telah mengoleksi tiga Ballon d'Or, yakni pada tahun 1971, 1973, dan 1974.

Cristiano Ronaldo - 5 Trofi

Selama satu setengah dekade ini, jagat sepak bola dunia telah didominasi oleh Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

Hal ini terbukti dengan berbagai prestasi yang telah diraih, baik di level pribadi maupun tim, Ronaldo dan Messi benar-benar tidak tersentuh pemain lainnya.

Baca Juga

Terbukti Ronaldo mampu menorehkan lima trofi Ballon d'Or. Dengan usianya ke-37 tahun, kualitas megabintang asal Portugal ini masih terus berada di papan atas bersama pemain top dunia lainnya.

Sayangnya, usia memang jadi musuh utama bagi seorang atlet, termasuk Ronaldo. Kini, kemampuannya mulai menurun dan tidak lagi masuk dalam nominasi peraih Ballon d'Or tahun ini.


2. Lionel Messi - 7 Trofi

Lionel Messi saat memenangkan Ballon d'Or.

Messi adalah pemenang Ballon d'Or terbanyak sepanjang masa, yakni tujuh trofi. Semua trofi ini didapatkannya berkat penampilannya di Barcelona dan Timnas Argentina.

Trofi Ballon d'Or pertamanya adalah di tahun 2009. Sejak itu, ia terus memenanginya di tahun 2010, 2011, 2012, 2015, 2019, dan 2021.

Baca Juga

Di usianya yang ke-35, megabintang Paris Saint-Germain ini masih produktif mencetak gol dan memberi assist kepada rekan setimnya.

Sementara itu, sama seperti Ronaldo, Messi juga tidak masuk ke dalam nominasi 10 pemain peraih Ballon d'Or 2022.

Cristiano RonaldoLionel MessiMichel PlatiniBallon d'OrBola InternasionalTRIVIA

Berita Terkini