x

Bedah Formasi Mengerikan Jurgen Klopp Usai Kedatangan Christian Pulisic ke Liverpool

Rabu, 19 Oktober 2022 16:16 WIB
Penulis: Antonius Wahyu Indrajati | Editor: Isman Fadil
Di tengah krisis pemain, Jurgen Klopp telah mempertimbangkan untuk mendatangkan Christian Pulisic ke Liverpool guna mengarungi Liga Inggris (Premier League).

FOOTBALL265.COM – Di tengah krisis pemain, Jurgen Klopp telah mempertimbangkan untuk mendatangkan Christian Pulisic ke Liverpool guna mengarungi Liga Inggris (Premier League).

Selama beberapa pekan terakhir, Christian Pulisic terus menjadi komoditas panas setelah dikaitkan akan meninggalkan Chelsea.

Baca Juga

Pulisic hanya melakoni dua pertandingan sebagai starter, dari delapan laga yang dilakoninya bersama Chelsea di Liga Inggris musim ini.

Bahkan, dia juga harus menghabiskan waktu di bangku cadangan dalam kemenangan Chelsea atas Aston Villa pekan lalu.

Padahal, dalam beberapa pertandingan terakhir bersama Chelsea, kapten Amerika tersebut telah mencetak satu gol dan satu assist.

Baca Juga

Kendati demikian, peningkatan yang ditunjukkan Pulisic akhir-akhir ini masih belum cukup untuk mendapatkan posisinya kembali.

Berdasarkan hal tersebut, membuat AC Milan lantas dikaitkan sebagai klub potensial sebagai calon pelabuhan baru bagi penyerang berusia 24 tahun itu.

Hanya saja, tak menutup kemungkinan jika Pulisic justru akan ke Liverpool, mengingat dirinya pernah memiliki hubungan dekat dengan Jurgen Klopp.

Baca Juga

Terlebih Klopp pernah mengungkapkan jika mantan penyerangnya itu merupakan salah satu pemain fantastis.

Berikut INDOSPORT akan mengulas formasi mengerikan Jurgen Klopp, jika Christian Pulisic datang di tengah krisis cedera yang dialami Liverpool.


1. Christian Pulisic Sebagai Solusi Penyerang Kiri

Christian Pulisic merayakan golnya di laga Chelsea vs West Ham (24/04/22). (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

Sebagaimana diketahui, Jurgen Klopp telah mengenal Pulisic sejak dirinya masih kecil saat masih berada di Borussia Dortmund.

Menariknya, pelatih Liverpool itu juga mengetahui bahwa Christian Pulisic menginginkan untuk bermain di Liga Inggris.

Baca Juga

Pada waktu itu, Klopp telah memperingatkan mantan penyerangnya itu untuk menentukan klub yang tepat guna meningkatkan kemampuannya.

Tapi, pada 2019, Pulisic akhirnya menentukan pilihan untuk bergabung dengan Chelsea. Musim pertamanya di Liga Inggris, ia mampu mencetak sembilan gol dari 25 penampilan.

Memasuki musim kedua, mantan pemain Borussia Dortmund itu mulai mengalami cedera sehingga membuat performanya kian menurun.

Baca Juga

Berangkat dari sana, Pulisic justru mulai kehilangan posisinya sebagai penyerang sayap kiri dan mulai dikaitkan pindah ke sejumlah klub.

Sejalan dengan hal tersebut, situasi yang dialami Liverpool saat ini memungkinkan bagi Jurgen Klopp untuk melakukan reuni dengan mantan pemainnya itu.

Pasalnya, Liverpool telah kehilangan dua penyerang sayap kiri mereka, Luis Diaz dan Diogo Jota karena mendalami cedera.

Baca Juga

Kedua penyerang sayap kiri tersebut harus melewatkan Piala Dunia 2022, dan diperkirakan baru akan kembali di awal 2023 nanti.

Oleh karena itu, cedera yang dialami Luis Diaz dan Diogo Jota merupakan momen terbaik bagi Liverpool untuk mendatangkan Christian Pulisic.


2. Christian Pulisic Berpotensi Menjadi Bintang Baru Liverpool

Christian Pulisic, gelandang serang Chelsea tampil brilian saat melawan Burnley di Liga Inggris 2019-2020 pekan ke-10.

Penyerang asal Amerika Serikat itu, dikenal sebagai pemain fleksibel dengan kemampuannya untuk bermain di segala lini depan.

Kendati demikian, Christian Pulisic lebih kerap bermain di sisi sebelah kanan meskipun tak menutup kemungkinan bisa dimainkan di sayap kiri.

Baca Juga

Saat bermain sebagai penyerang sayap kiri, Pulisic justru bermain dengan lebih efektif ketika mencetak 21 gol dari 75 penampilan.

Pada posisi tersebut merupakan lini yang menjadi krisis Jurgen Klopp di Liverpool saat ini.

Christian Pulisic bisa ditempatkan sebagai penyerang sayap kiri untuk menggantikan Luis Diaz ataupun Diogo Jota.

Baca Juga

Formasi baru 4-2-3-1 milik Jurgen Klopp saat ini, memungkinkan Pulisic untuk berada di posisi sayap kiri.

Meskipun tak menutup kemungkinan ia juga bisa dimainkan di gelandang kiri di formasi 4-4-2, setelah mendapatkan pengalaman sebagai bek sayap ketika di Chelsea.

Berdasarkan hal tersebut, kedatangan Pulisic tentu akan menjadi harapan baru bagi Liverpool. Terlebih di tengah krisis yang sedang dialami oleh Jurgen Klopp.

Baca Juga

Berikut formasi Jurgen Klopp andai Christian Pulisic bergabung dengan Liverpool di Januari mendatang.

Liverpool (4-2-3-1): Alisson; Milner, Gomez, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Thiago Alcantara; Elliot, Firmino, Christian Pulisic; Salah.

LiverpoolLiga Primer InggrisLiga InggrisChristian Pulisic

Berita Terkini