x

3 Pelatih yang Bisa Gantikan Jurgen Klopp jika FSG Jual Liverpool

Kamis, 10 November 2022 20:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, usai laga kontra Leeds United (30/10/22). Foto: REUTERS/Phil Noble.

FOOTBALL265.COM - Isu terkait nasib masa depan Jurgen Klopp di klub Liga Inggris (Premier League), Liverpool, masih jadi perbincangan hangat yang layak dibahas.

Pelatih asal Jerman ini sejatinya sudah menandatangani perpanjangan kontrak beberapa waktu lalu, yang akan mengikatnya lebih lama lagi - hingga 2026 mendatang.

Keputusan ini ia ambil bukan hanya karena kecintaan terhadap pekerjaan, tapi mempertimbangkan keinginan sang istri uang ingin tetap tinggal.

Selama menangani Liverpool, Jurgen Klopp sudah berhasil menyumbangkan banyak trofi termasuk Liga Inggris, Liga Champions, dan Piala Dunia Antarklub.

Ia juga saksi hidup keberhasilan Fenway Sports Group (FSG) merombak Liverpool menjadi raksasa lagi di sepak bola Inggris dan Eropa.

Baca Juga

Dengan fakta-fakta tersebut di atas, nampaknya bakal cukup sulit membayangkan Jurgen Klopp bakal angkat kaki dari klub yang ditanganinya sejak 2015 ini.

Hanya saja, Jurgen Klopp bukan pelatih imortal yang akan berada di Liverpool selamanya. Akan ada masa, ketika ia akan angkat kaki dan digantikan oleh manajer lainnya.

Baca Juga

Apalagi, belum lama ini publik sepak bola dikagetkan dengan kabar FSG yang membuka pintu lebar-lebar kepada siapa saja yang ingin membeli saham Liverpool.

Selama FSG berkuasa, Jurgen Klopp memang mendapat kepercayaan yang luar biasa saat menunaikan tugasnya.

FSG juga cukup bersabar dengan progres yang dilalui Liverpool, alih-alih gegabah maupun buru-buru mengganti manajer. 

Baca Juga

1. Bagaimana Nasib Jurgen Klopp di Liverpool?

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, usai laga kontra Leeds United (30/10/22). Foto: REUTERS/Phil Noble.

Saat ini, apabila FSG menemukan calon pembeli yang tepat, apakah bakal ada perubahan terhadap nasib Jurgen Klopp?

Sang menajer sendiri sudah buka suara soal kabar FSG menjual Liverpool. Tidak menunjukkan tanda-tanda kecemasan, ia malah mengaku senang mendengarnya.

“Apa yang saya baca, mereka sedang mencari investor dan itu wajar. Saya suka ide itu, tidak akan memengaruhi persiapan apa pun,” ucapnya seperti diwartakan This Is Anfield.

“Bagi saya itu tidak berarti apa-apa. Saya suka bekerja sama dengan pemilik kami, tapi kalau memang berubah, saya akan tetap berkomitmen kepada klub,” ujarnya lagi.

Walau sudah mengungkapkan isi hatinya, klub-lah yang pada akhirnya akan membuat keputusan soal masa depan Jurgen Klopp.

Baca Juga

Lantas, apabila sang manajer ternyata angkat kaki lebih cepat - yang nampaknya tidak akan terjadi, siapa kira-kira calon pengganti yang pantas?

Ange Postecoglou

Nama yang sempat mencuat beberapa waktu lalu sebagai kandidat manajer Liverpool selanjutnya setelah Jurgen Klopp.

Baca Juga

Sebagai informasi, Ange Postecoglou saat ini masih menangani klub Liga Skotlandia, Glasgow Celtic. Bersama The Hoops, ia sudah berhasil menggondol dua gelar yang sangat berharga.

Adalah Liga Primer Skotlandia dan Piala Liga Skotlandia, yang melambungkan nama pelatih berusia 57 tahun ini.

Penunjukannya ke Glasgow Celtic yang sempat mengundang tanda tanya pada 2021 lalu, ternyata dijawab lunas Ange Postecoglou lewat raihan trofi tidak lama setelah ia menjabat.

Baca Juga
 

2. Dua Nama Familier di Liverpool

Steven Gerrard sudah sangat sering masuk bursa calon manajer Liverpool. Foto: REUTERS/David Klein.

Steven Gerrard

Sosok yang sudah sangat sering disebut-sebut sebagai calon penerus Jurgen Klopp. Statusnya sebagai legenda tentu saja akan memuluskan jalan menuju kursi manajer Liverpool.

Seperti diketahui, Steven Gerrard sudah cukup berpengalaman sebagai juru taktik, termasuk sukses membawa Glasgow Rangers menjuarai Liga Primer Skotlandia.

Hanya saja, momen comeback-nya ke Liga Inggris belum lama ini justru berujung pahit usai dipecat Aston Villa.

Pria yang akrab disapa Stevie G tersebut dianggap gagal memenuhi ekspektasi klub dan suporter yang ingin tim kesayangan mereka naik derajat di Liga Inggris.

Saat ini, Steven Gerrard adalah manajer yang sedang menganggur.

Baca Juga

Pep Lijnders

Beralih ke calon pengganti Jurgen Klopp yang sudah ada di depan mata, Pep Lijnders. Kansnya untuk mengantongi jabatan manajer Liverpool juga terbuka cukup lebar.

Bagaimanapun juga, ia adalah tangan kanan Jurgen Klopp yang sudah mengerti betul seluk-beluk The Reds, entah itu terkait para pemainnya maupun filosofi-filosofi yang dianut klub.

Baca Juga

Pep Lijnders jadi salah satu sosok penting di balik keberhasilan Jurgen Klopp menyulap Liverpool jadi tim hebat lagi di Inggris dan Eropa.

Sebelum itu, ia juga pernah menjabat sebagai asisten pelatih di FC Porto untuk waktu yang sangat lama, 2006 sampai dengan 2014.

Meski hanya punya satu pengalaman sebagai pelatih utama, yakni di NEC Nijmegen, Pepijn Lijnders punya keunggulan tersendiri di Liverpool karena statusnya sebagai asisten Jurgen Klopp.

Sumber: This Is Anfield

Baca Juga
LiverpoolSteven GerrardJurgen KloppLiga Primer InggrisLiga InggrisFenway Sports GroupAnge PostecoglouBerita Liga InggrisPepijn LijndersOne Football

Berita Terkini