x

5 Pelatih Termuda di Piala Dunia 2022, Kawan Lawas Lionel Messi Cetak Rekor Fantastis

Senin, 14 November 2022 12:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Lionel Messi merayakan trofi dan rekan setimnya setelah memenangkan Finalissima bersama Argentina REUTERS-David Klein

FOOTBALL265.COM - Berikut lima pelatih termuda yang akan menukangi tim di Piala Dunia 2022 Qatar, salah satunya adalah kawan lama dari Lionel Messi.

Kick off Piala Dunia 2022 sudah di depan mata. Ajang sepak bola terbesar antar negara ini akan dihelat di Qatar, pada 20 November hingga 18 Desember nanti.

Tak hanya fakta unik pemain, profil para pelatih yang akan menukangi tim di Piala Dunia 2022 juga menarik untuk dikulik.

Sebab, jika biasanya image pelatih timnas adalah sosok senior yang sudah banyak makan asam garam, tetapi di Piala Dunia 2022, banyak juga pelatih-pelatih muda.

Berikut INDOSPORT merangkum lima pelatih paling muda di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

5. Felix Sanchez Bas (Qatar)

Timnas Qatar akhirnya merasakan atmosfer bermain di Piala Dunia, mekipun lewat jalur sebagai tuan rumah. Mereka pun mematok prestasi untuk lolos fase grup lebih dahulu.

Namun, dalam momen spesial itu, Timnas Qatar menuai pro dan kontra karena sang pelatih masih berusia sangat muda dan minim pengalaman di kancah dunia.

Baca Juga

Felix Sanchez Bas, pelatih berusia 46 tahun itu akan menukangi Timnas Qatar di Piala Dunia 2022, dengan segala target tingginya.

Sanchez Bas pernah menimba ilmu kepelatihan di Akademi Barcelona. Ia pun pindah ke ASIPRE Akademi, hingga terjun ke tim muda Qatar, baik itu U-19, U-20, hingga U-23.

Barulah pada 2017, Sanchez Bas dipercaya melatih timnas senior. Ia pun sejauh ini berhasil memberikan Qatar satu gelar juara, yakni Piala Asia 2019.

Baca Juga

1. 4. Aliou Cisse (Senegal)

Selebrasi Aliou Cisse usai membawa Senegal raih gelar Piala Afrika 2021. (Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

Di tengah huru-hara Timnas Senegal yang masih mengharapkan Sadio Mane bermain di Piala Dunia 2022 Qatar, sang pelatih juga tak kalah mencuri perhatian publik dunia.

Sadio Mane mengalami cedera dan harus menepi selama beberapa pekan, hanya saja pelatih Aliou Cisse tetap membawanya ke Qatar untuk ikut bermain di Piala Dunia.

Sama seperti Sanchez Bas, Aliou Cisse saat ini berusia 46 tahun. Ia adalah pelatih muda yang mampu mengantarkan Senegal menjuarai kompetisi Piala Afrika 2022.

Aliou Cisse sudah menjadi asisten pelatih Timnas Senegal sejak tahun 2012, dan baru diangkat menjadi kepala pelatih pada 2015.

Baca Juga

3. Rigobert Song (Kamerun)

Tak seperti Sanchez Bas dan Aliou Cisse yang sudah lama menangani Tim Nasional, Kamerun justru berani menunjuk pelatih baru berusia muda, Rigobert Song.

Meski demikian, Rigobert Song adalah orang yang berjasa membawa Kamerun lolos ke Qatar, usai berhasil mengalahkan Aljazair di laga terakhir babak kualifikasi.

Walau baru menjadi pelatih kepala, pelatih 46 tahun itu sudah menjadi asisten pelatih Kamerun di dua edisi berbeda. Pertama di era 2012-2015, lalu yang kedua 2017-2018.

Baca Juga

2. Diego Alonso (Uruguay)

Diego Alonso kini berusia 47 tahun, dan ia dipercaya untuk menangani skuat Uruguay di Piala Dunia 2022, yang biasanya diracik oleh Oscar Tabarez sejak tahun 2006 lalu.

Meski berstatus pelatih baru dan tergolong usia muda, Diego Alonso nyatanya mampu memperlihatkan tren positif di timnya.

Sejauh ini, Uruguay asuhan Alonso sudah bermain di sembilan laga. Tujuh laga berakhir dengan kemenangan, satu kali imbang, dan hanya satu kekalahan.

Baca Juga

2. 1. Lionel Scaloni (Argentina)

Lionel Scaloni, pelatih Timnas Argentina.

Lionel Messi akhirnya bisa meraih gelar juara bersama Timnas Argentina saat tim tersebut ditangani oleh Lionel Scaloni.

Pelatih berusia 44 tahun itu membawa tim bertabur bintang bermain sangat kompak, hingga akhirnya menjuarai Copa America 2021 dan CONMEBOL-UEFA Cup 2022.

Dengan kemampuan Scaloni, lalu ditambah dengan ambisi Messi, Argentina kini menjadi salah satu kandidat kuat juara Piala Dunia.

Apalagi edisi kali ini akan menjadi Piala Dunia terakhir Messi, yang berarti Argentina akan bermain semaksimal mungkin agar La Pulga bisa meraih satu-satunya gelar yang belum ia rasakan di sepanjang kariernya.

Faktanya, pelatih Lionel Scaloni berusia 44 tahun, sementara Lionel Messi berusia 35 tahun. Sang pemain hanya terpaut usia sembilan tahun dengan sang pelatih.

KamerunUruguayArgentinaPiala DuniaQatarPiala Dunia 2022PelatihSenegalIn Depth SportsRigobert songAliou CisseLionel ScaloniTrivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini