x

Profil Tim Piala Dunia 2022: Kamerun, Ambisi The Indomitable Lions untuk Merubah Nasib

Rabu, 16 November 2022 18:20 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Prio Hari Kristanto
Berikut adalah profil tim Piala Dunia 2022 dari Grup G, Kamerun, yang bakal berjuang menjadi kuda hitam di babak penyisihan. (Foto: REUTERS/Kim Hong-Ji)

FOOTBALL265.COM – Berikut adalah profil tim Piala Dunia 2022 dari Grup G, Kamerun, yang bakal menjadi kuda hitam di babak penyisihan.

Kamerun bergabung dengan Brasil, Serbia, dan Swiss, dalam Grup G Piala Dunia 2022, yang berlangsung di Qatar pada 20 November hingga 18 Desember 2022.

Meski sebenarnya Brasil dan Swiss, lebih diunggulkan untuk bisa lolos ke fase 16 besar Piala Dunia 2022. Namun, kekuatan Kamerun tidak bisa dianggap enteng.

Pasalnya, Kamerun telah berulang kali merasakan kerasnya persaingan dalam turnamen yang digelar setiap empat tahun sekali tersebut.

Terhitung, Piala Dunia edisi 1982, merupakan pertama kalinya The Indomitable Lions merasakan gelaran akbar antarnegara di dunia tersebut.

Baca Juga

Bahkan, Kamerun juga pernah mencatatkan penampilan terbaiknya dengan mencapai fase perempat final Piala Dunia 1990 yang tersaji di Italia.

Kendati demikian, Kamerun tidak dapat berpartisipasi dalam Piala Dunia 2018 di Rusia, karena mereka tidak lolos dari zona kualifikasi.

Baca Juga

Sehingga, ajang Piala Dunia edisi tahun ini akan menjadi ambisi bagi Timnas Kamerun untuk melaju lebih jauh, dengan kata lain lolos dari fase grup.

Hal tersebut tentunya dilakukan oleh tim besutan Rigebort Song untuk merubah nasib, atau justru mengulangi momen tak terlupakan pada edisi 1990 silam.

Ambisi dari Timnas Kamerun tersebut bukannya tanpa alasan, mengingat The Indomitable Lions memiliki beberapa nama besar dalam daftar yang dibawa ke Piala Dunia 2022.

Baca Juga

1. Perkiraan Formasi dan Starting XI

Harould Moukoudi (kiri) memenangi duel udara di laga Burkina Faso vs Kamerun (06/02/22).(Foto: REUTERS/Mohamed Abd El Ghany)

Dalam ajang Piala Dunia 2022 yang berlangsung di Qatar, Timnas Kamerun dinakhodai oleh pelatih yang memiliki jam terbang tinggi di negaranya, Rigobert Song.

Mengingat, sebelumnya Song merupakan pelatih yang menangani Kamerun U-23. Sehingga, dirinya diyakini telah mengetahui seluk beluk pemain yang dibawa ke Piala Dunia 2022.

Pelatih kelahiran Kamerun tersebut ditunjuk sejak 1 Maret 2022 lalu. Dari lima laga yang telah dilakoni, The Indomitable Lions di bawah tangan Rigobert Song menang tiga kali.

Rigobert Song dilaporkan memiliki formasi kesukaan 4-4-2. Hal itu juga terbukti dari lima laga yang dilakoni oleh Kamerun, Song sering menggunakan skema tersebut.

Selain itu, terdapat beberapa nama yang diyakini akan menjadi tumpuan dari Rigobert Song dalam Piala Dunia 2022 seperti, Andre Onana, Frank Angissa, Erick Maxim Choupo-Moting, dan Vincent Aboubakar.

Baca Juga

Starting Line-up Kamerun

Kamerun (4-4-2): Andre Onana, Christopher Wooh, Jean-Charles Castelletto, Enzo Ebosse, Olivier Mbaizo; Frank Anguissa, Martin Hongla, Karl Toko Ekambi, Bryan Mbeumo, Eric-Maxim Choupo-Moting, Vincent Aboubakar.

Berikut Skuad Timnas Kamerun untuk Piala Dunia 2022

Kiper: Andre Onana, Devis Epassy, Simon Ngapandouetnbu

Baca Juga

Bek: Christopher Wooh, Jean-Charles Castelletto, Nicolas N’Koulou, Enzo Ebosse, Nouhou Tolo, Olivier Mbaizo, Collins Fai.

Gelandang: Frank Anguissa, Martin hongla, Samuel Oum Gouet, Gael Oundua, Olivier Ntcham, Pierre Kunde.

Penyerang: Karl Toko Ekambi, Georges-Kevin N’Koudou, Nicolas Moumi Ngamaleu, Jorme Ngom Mbekeli, Bran Mbeumo, Christian Bassogog, Eric Maxim Choupo Moting, Vincent Aboubakar, Jean-Pierre Nsame, Souaibou Marou.

Baca Juga

* Daftar pemain masih sementara dan bisa berubah sampai rilis resmi daftar skuad secara penuh


2. Players to Watch

Andre Zambo Anguissa saat laga Liga Italia antara Napoli vs Torino

Gelandang Napoli, Frank Anguissa, diyakini bakal menjadi pemain kunci yang dimiliki oleh Rigobert Song pada Piala Dunia 2022.

Hal tersebut dikarenakan Anguissa juga menjadi tumpuan di setiap laga yang dilakoni oleh Napoli pada semua kompetisi musim ini.

Tercatat, pada musim ini, pemain kelahiran Yaounde pada 16 November 1995 tersebut telah mencatatkan 19 penampilan, dengan mengemas 3 gol dan 6 assist.

Sementara, Frank Anguissa telah melakukan debut dengan Timnas Kamerun sejak 24 Maret 2017 lalu, saat ditangani Hugo Broos.

Selain itu, pemain berusia 27 tahun tersebut juga telah mengoleksi 5 gol dan 2 assist untuk Timnas yang berjuluk The Idomptables Lions.

Prediksi Timnas Kamerun di Piala Dunia 2022

Pada edisi kali ini, Timnas Kamerun diprediksi bakal kesulitan dalam fase babak penyisihan Grup G Piala Dunia 2022.

Hal tersebut dikarenakan tim besutan Rigobert Song tersebut tergabung dengan Brasil, Swiss, dan Serbia di grup G.

Selain itu, Song juga baru saja menangani Timnas Kamerun sejak awal 2022 lalu. Sehingga, jam terbangnya dirasa masih kurang. Meski sang pelatih sebelumnya telah menangani U-23.

Kendati demikian, Kamerun diprediksi tidak akan finis di dasar klasemen. Pasalnya, The Indomitable Lions akan berjuang mati-matian untuk memperbaiki catatan baiknya di Piala Dunia 2022.

KamerunPiala DuniaPiala Dunia 2022Profil Piala Dunia 2022

Berita Terkini