x

Cristiano Ronaldo Terancam Absen di Portugal vs Nigeria, 3 Taktik Ini Cocok Dijajal Fernando Santos

Kamis, 17 November 2022 13:28 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Persiapan Cristiano Ronaldo untuk Piala Dunia 2022 kembali terganggu setelah harus absen di uji coba Portugal vs Nigeria. (Foto: REUTERS/Pedro Nunes)

FOOTBALL265.COM - Persiapan Cristiano Ronaldo untuk Piala Dunia 2022 kembali terganggu setelah harus absen di uji coba Portugal vs Nigeria.

Setelah disibukkan dengan huru-hara yang dibuatnya sendiri dengan mengkritik habis klubnya, Manchester United, penyerang 37 tahun itu kini harus menepi karena sakit.

Tentunya hal ini akan sangat merugikan Ronaldo dan juga Portugal. Pasalnya hanya ada satu jadwal uji coba yang diagendakan Selecao das Quinas sebelum terbang ke Qatar.

Setelah menghadapi Nigeria di Stadio Jose Alvalade pada Jumat (18/11/22) dini hari nanti, pertandingan Portugal selanjutnya langsung partai perdana Grup H kontra Ghana.

Laga tersebut dijadwalkan dihelar pada Kamis pekan depan tanggal 24 November 2022. Jeda diantaranya akan digunakan untuk penyesuaian diri.

Baca Juga

Portugal dan Qatar tidak memiliki perbedaan jauh dalam hal waktu namun suhu di kedua negara cukup timpang. Tentunya ini bisa berpengaruh pada performa di lapangan.

Cristiano Ronaldo yang sudah tergolong sangat uzur pastinya perlu persiapan paling matang sebelum bisa berlaga di Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Hanya saja kesehatannya tidak mengizinkan. Pelatih Fernando Santos mau tidak mau harus meracik taktik tanpa kehadiran kaptennya untuk eksibisi Portugal vs Nigeria.

"(Ronaldo) tidak akan fit untuk pertandingan nanti. Ia kehilangan banyak cairan karena sakit perut dan tidak bisa berlatih," beber Santos.

"Saat ini hanya bisa beristirahat. Tidak ada kans baginya untuk pulih lebih cepat," tambah pria yang sudah menangani Portugal sejak 2014 tersebut.

Baca Juga

1. Pertahankan Pakem, Ganti Personel

Andre Silva.

1. Maksimalkan Striker Lain

Cristiano Ronaldo memang top skor sepanjang masa negaranya dengan 117 gol dari 191 caps namun absennya sang megabintang justru bisa jadi berkah tersembunyi untuk tuan rumah Portugal vs Nigeria.

Pasalnya CR7 sekarang tengah tidak subur di depan gawang lawan layaknya di level klub.

Dari sembilan penampilan terakhir Ronaldo bersama Portugal, hanya ada dua gol saja yang dapat ia jaringkan.

Sayangnya justru alternatif sumber gol kedua terbaik Portugal yakni Diogo Jota harus tidak ikut Piala Dunia 2022.

Penyerang versatile Liverpool tersebut terpaksa absen karena cedera panjang sehingga kini Fernando Santos harus bergantung pada opsi lain.

Baca Juga

Santos bisa coba memasang Andre Silva andai ingin memainkan formasi dengan penyerang murni.

Wonderkid 21 tahun milik Benfica, Goncalo Ramos, juga boleh dicoba meski sama sekali belum punya pengalaman di Portugal senior.

Baca Juga

Itu karena Silva saat ini keran golnya tidak begitu deras mengalir. Untuk RB Leipzig di 2022/2023 ia baru mengantongi tujuh gol dari 24 pertandingan.

Selain itu eks AC Milan tersebut juga sudah puasa gol selama lebih dari setahun di level internasional.

Gol terakhir Silva dalam baju merah ala Portugal terakhir tercipta pada laga persahabatan kontra Qatar di Oktober 2021 silam.

Baca Juga

2. Tak Bergantung pada Nomor 9

Bruno Fernandes bersama timnas Portugal. Foto: REUTERS/Miguel Vidal

2. Alih Fungsi Leao dan Felix

Baik Joao Felix maupun Rafael Leao bukanlah penyerang murni layaknya Cristiano Ronaldo.

Keduanya adalah pemain berbakat dan bisa mencetak gol namun hanya tidak dari posisi 'nomor 9'.

Hanya saja Fernando Santos bisa tetap bergantung pada mereka dengan memberi instruksi pergerakan cair guna bergantian mengisi pos penyerang tengah.

Apabila didukung dengan satu penyerang lain dalam formasi 4-3-3, Bernardo Silva contohnya, maka Portugal berkesempatan untuk membuat bingung para bek Nigeria karena tidak adanya sosok goal getter alami.

Disokong dengan support Bruno Fernandes dari second line, maka bersiap saja publik Jose Alvalade menyaksikan hujan gol peningkat kepercayaan diri jelang Piala Dunia 2022.

Baca Juga

3. Kirim Lebih Banyak Bola untuk Bernardo dan Bruno

Keberadaan Cristiano Ronaldo terkadang membuat publik lupa jika Portugal juga punya pemain kaliber bintang lain seperti Bernardo Silva dan Bruno Fernandes.

Keduanya adalah gelandang dengan insting gol tinggi dan dapat menjadi alternatif perobek jala gawang Nigeria bila diperlukan.

Baca Juga

Bruno dalam delapan laga terakhir sudah memberikan tiga gol untuk negaranya. Jumlah yang sama belum bisa dicatatkan oleh Bernardo namun tetap saja berbahaya membiarkannya berdiri lepas tanpa penjagaan.

Apapun susunan pemain Portugal nanti, mereka sudah pasti masuk starting XI dan para penyerang di lini depan bisa jadi pancingan agar pergerakan keduanya lebih leluasa.

Sebagai negara besar calon juara Piala Dunia 2022, Portugal harus bersiap dengan kondisi apapun termasuk tampil tanpa Cristiano Ronaldo. Duel Portugal vs Nigeria dapat mencerminkan seberapa siaga mereka untuk terbang ke Qatar.

Baca Juga
NigeriaPortugalRonaldoPiala Dunia 2022

Berita Terkini