x

Liga 1: Kembali Gabung Persib Usai Operasi, David Rumakiek Beberkan Kondisinya

Jumat, 18 November 2022 15:08 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Herry Ibrahim
Pemain Persib Bandung, David Rumakiek saat sesi latihan perdana untuk persiapan Liga 1 2022-2023 di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (17/05/22). Foto: Arif Rahman/Football265.com

FOOTBALL265.COM - Pemain belakang Persib Bandung, David Rumakiek, sudah kembali bergabung dengan tim pada sesi latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Jumat (18/11/22).

Meski demikian, pada kesempatan tersebut Rumakiek masih menjalankan program latihan terpisah di pinggir lapangan ditemani fisioterapi tim Persib Bandung, Benidektus Adi Priyanto.

Sebagai informasi, pemain yang menggunakan nomor punggung 18 tersebut sebelumnya mengalami cedera di bagian lutut dan harus menjalani operasi.

Proses operasi sudah dilakukan oleh David Rumakiek di salah satu rumah sakit di Jakarta, Jumat (28/10/22). Sehingga, saat ini pemain berusia 23 tahun tersebut masih menjalani program pemulihan.

Meski demikian, Rumakiek merasa kondisinya perlahan semakin membaik dan tidak membutuhkan waktu lama untuk kembali bergabung dengan tim, walaupun belum bisa berlatih bersama rekan-rekannya.

Baca Juga

"Setelah operasi perkembangan puji Tuhan sudah bagus tidak butuh waktu sampai 6 minggu, cukup dikasih lurus, ya tak butuh lama, perkembangan bagus," kata David Rumakiek ditemui di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Jumat (18/11/22).

Sejauh ini, kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 belum bergulir, setelah dihentikan sejak awal Oktober lalu usai Tragedi di Stadion Kanjuruhan, Malang.

Baca Juga

Menurut Rumakiek, meski saat ini kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 belum bergulir, hal itu tidak dijadikan sebagai keuntungan atau kerugian. Pasalnya, fokus utamanya saat ini adalah memulihkan kondisinya.

Jika sudah pulih 100 persen, Rumakiek memiliki tekad untuk tampil lebih baik lagi dari sebelumnya.

"Kalau saya mungkin fokus nomor satu sembuh dulu, sembuh yang utama, lalu saya akan meningkatkan, kalau meningkatkan pasti, harus itu," tegas Rumakiek.

Baca Juga

1. Butuh Waktu Pemulihan

Pemain Persib Bandung, David Rumakiek saat sesi latihan perdana untuk persiapan Liga 1 2022-2023 di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (17/05/22). Foto: Arif Rahman/Football265.com

Pemain yang sempat memperkuat Persipura Jayapura ini menuturkan, jika kompetisi Liga 1 musim 2022-2023 digelar pada awal Desember 2022, peluangnya untuk bermain masih tipis.

Pasalnya, Rumakiek masih membutuhkan waktu pemulihan yang cukup lama, walaupun dia merasa optimis pemulihan tersebut bisa lebih cepat dari yang diprediksi sebelumnya.

Sebagai informasi, usai menjalani operasi, proses pemulihan dibutuhkan oleh David Rumakiek diprediksi sekitar enam sampai sembilan bulan. 

"Mungkin yakin 60-70 persen lah (kemungkinan bisa main), saya cepat sembuh saja," ucapnya.

Selama menjalankan program pemulihan, David Rumakiek mengakui sedikit terkendala dalam menjalankan aktivitas, terutama saat menggunakan tongkat untuk membantunya berjalan.

Baca Juga

Meski demikian, dia merasa bersyukur proses pemulihan yang dijalankan berjalan dengan lancar dan lebih cepat dari yang diperkirakan.

"Ya besar sekali (pengaruhnya), di tangan ini menopang. Tapi puji Tuhan dua hari pasca operasi bisa kayak gini (nekuk), kan seharusnya nunggu 6 minggu," ujarnya.

"Dokter lihat saya sudah bisa nekuk, sudah bisa pakai beban dikit, saya yakin rencana tuhan bisa sembuh cepat," ucapnya.

Baca Juga

Jika proses pemulihan berjalan dengan lancar, maka bulan depan dia bisa melepas tongkat. Selain itu, Rumakiek merasa kembali menegaskan merasa optimis bisa pulih lebih cepat dari yang diperkirakan.

"Puji tuhan bulan depan sudah lepas, bulan Desember sudah lepas makanya gak butuh waktu lama, saya punya semangat mau sembuh cepat," tegasnya.

Cedera David Rumakiek tersebut, didapat saat latihan di Stadion Persib beberapa waktu lalu. Namun, baru menjalani operasi pada akhirnya Oktober.

Baca Juga
Persib BandungBobotohLuis MillaLiga IndonesiaLiga 1David Kevin Rumakiek

Berita Terkini