x

Kisah Pilu di Balik Laga Inggris vs Iran di Piala Dunia 2022: Venue Stadion Makan Korban

Senin, 21 November 2022 15:57 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Laga Grup B Piala Dunia 2022 antara Timnas Inggris vs Iran, Senin (21/11/22) menyimpan sebuah kisah pedih. Foto: REUTERS/Molly Darlington.

FOOTBALL265.COM - Laga Grup B Piala Dunia 2022 antara Timnas Inggris vs Iran, Senin (21/11/22) menyimpan sebuah kisah pedih.

Adalah Khalifa International Stadium ‘sumber’ kepiluan tersebut, lantaran pernah memakan korban saat masih dibangun sebagai infrastrukur Piala Dunia 2022.

Seperti diketahui, penunjukan Qatar sebagai tuan rumah Piala Dunia 2022 memang diiringi seabrek kontroversi - bukan baru saja, melainkan sejak lama.

Salah satunya isu para pekerja infrastruktur yang dianggap tidak diperlakukan layak dan sebagaimana mestinya.

Kejadian di Khalifa International Stadium pun jadi satu cerita yang paling banyak disorot jelang laga perdana Grup B antara Inggris vs Iran nanti malam WIB.

Baca Juga

Zac Cox, mungkin tidak banyak yang mengenal sosoknya karena ia bukan figur publik terkenal, apalagi pesepak bola populer yang dielu-elukan publik.

Ia hanya orang biasa, yang turut berpartisipasi dalam pembangunan Khalifa International Stadium jelang Piala Dunia 2022 beberapa waktu lalu.

Baca Juga

Tepatnya pada 2017, Zac Cox yang memiliki kewarganegaraan ganda yakni British (Britania) dan New Zealand, mengalami kecelakaan kerja yakni jatuh dari ketinggian 40 meter.

Saat itu, ia sedang mengerjakan renovasi Khalifa International Stadium dan terjatuh saat melakukan proses rigging.

Lever hoist (alat yang dipakai untuk mengangkat dan menurunkan beban berat tanpa bantuan mesin) yang dipakainya tidak beroperasi dengan benar.

Baca Juga

1. Lebih Lanjut tentang Insiden Zac Cox

Laga Grup B Piala Dunia 2022 antara Timnas Inggris vs Iran, Senin (21/11/22) menyimpan sebuah kisah pedih. Foto: REUTERS/Molly Darlington.

Kecelakaan kerja yang terjadi pada Zac Cox itu sempat menuai kritik pedas terkait kelayakan alat-alat pertukangan di proyek pengerjaan stadion Piala Dunia 2022.

Isu seputar lever hoist yang sudah berkarat pun mencuat, ditambah keinginan pihak penyelenggara yang ingin buru-buru dan mempercepat perbaikan infrasturtur.

Namun AFC selaku induk sepak bola Asia kala itu tetap memerintahkan Qatar melanjutkan persiapan mereka untuk Piala Dunia 2022.

Veronica Hamilton-Deeley, coroner atau pejabat publik yang ditunjuk untuk menangani kasus ini pun membeberkan ‘biang kerok’ utama di balik insiden yang menimpa Zac Cox.

Seperti diwartakan Independent, para pekerja diminta memakai peralatan yang kondisinya kurang bagus.

Baca Juga

Bahkan, salah satu rekan kerja korban menyebut peralatan-peralatan tersebut semestinya dibuangs saja ke tempat sampah.

Tragedi Zac Cox ini pun menjadi duka mendalam jelang pertandingan Inggris vs Iran, di venue stadion yang sudah merenggut nyawa seseorang lima tahun lalu.

Baca Juga

Isu Pekerja dan HAM

Seperti telah disebutkan sebelumnya, kesejahteraan pekerja adalah salah satu isu paling kontroversial sepanjang perjalanan Qatar mempersiapkan Piala Dunia 2022.

Desas-desus bahkan sempat menyebut bahwa ada ribuan orang yang telah meninggal dunia selama persiapan berlangsung, namun Qatar dengan tegas membantahnya.

Dalam sebuah pengakuan, tuan rumah menyebut ada 37 pekerja infrastruktur Piala Dunia 2022 yang meninggal dunia - yang mana kematian 34 di antaranya diklaim tidak berkaitan dengan urusan pekerjaan.

Baca Juga

2. Jelang Inggris vs Iran

Laga Grup B Piala Dunia 2022 antara Timnas Inggris vs Iran, Senin (21/11/22) menyimpan sebuah kisah pedih. Foto: REUTERS/Molly Darlington.

Di antara banyak venue Piala Dunia 2022, Timnas Inggris nampaknya punya koneksi spesial dengan Khalifa International Stadium yang menjadi tempat pertandingan perdana mereka di Grup B.

Kematian Zac Cox yang juga berkebangsaan British tersebut, bakal meninggalkan satu noda yang tidak bisa hilang dari diari perjalanan The Three Lions di Piala Dunia 2022.

Inggris Siap-Siap Melawan Iran

Anak-anak asuh Gareth Southgate dijagokan sebagai pemenang di pertandingan Inggris vs Iran nanti malam.

Iran nampaknya bukan musuh yang sulit ditaklukkan Harry Kane cs. Namun kemenangan kontra tim asal Asia ini sangat dibutuhkan The Three Lions untuk melakoni jadwal-jadwal mereka selanjutnya.

Pasalnya di Grup B, mereka masih harus menghadapi perlawanan Wales dan Amerika Serikat. Jika Iran berhasil ditekuk, langkah Inggris akan sedikit lebih mudah menghadapi dua tim tersebut.

Baca Juga

Timnas Inggris juga harus memanfaatkan momentum dengan baik mengingat mereka adalah finalis Euro 2020 dan semifinalis Piala Dunia 2018.

Sementara itu, kegagalan di UEFA Nations League belum lama ini sebaiknya langsung dikubur dalam-dalam saja dan tidak perlu ditengok lagi.

Baca Juga

Harry Kane masih akan jadi andalan Gareth Southgate untuk menggempur pertahanan Iran di Khalifa International Stadium.

Di sisi lain, Iran juga memiliki Mehdi Taremi yang sebaiknya diwaspadai Harry Maguire cs agar tidak sampai berhadapan satu lawa satu dengan Jordan Pickford.

Laga Grup B Piala Dunia 2022 Inggris vs Iran dijadwalkan bergulir nanti malam mulai pukul 20.00 WIB.

Baca Juga

Sumber: independent.co.uk

InggrisIranPiala Dunia 2022Timnas InggrisUpdate Piala Dunia 2022

Berita Terkini