x

Fantastis! Nominal Hadiah yang Didapat Juara Piala Dunia 2022 Senilai Triliunan Rupiah

Selasa, 22 November 2022 23:43 WIB
Penulis: Lukman Hadi Subroto | Editor: Yohanes Ishak
Trofi Piala Dunia. Foto: Majid Asgaripour/WANA (West Asia News Agency) via REUTERS.

FOOTBALL265.COM - Mengapa Piala Dunia sangatlah diminati oleh bebreapa negara? Selain karena gengsi bermain di turnamen sepak bola terbesar di dunia, Federasi Sepak Bola, FIFA juga menganggarkan hadiah yang besar bagi jawaranya, tak terkecuali di Piala Dunia 2022 Qatar.

Piala Dunia 2022 yang diselenggarakan di Qatar sudah resmi dimulai pada Minggu, 20 November 2022 kemarin dengan laga pembuka yang dimenangkan oleh Timnas Ekuador atas tuan rumah Qatar dengan skor 0-2.

Sejak jauh-jauh hari sebelum Piala Dunia 2022 resmi dimulai, FIFA, federasi tertinggi sepak bola dunia telah mengumumkan besaran hadiah untuk para kontestan.

Terdapat 32 negara yang berpartisipasi dalam gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar. Keseluruhan negara tersebut terbagi lagi dalam 8 grup yang saling bentrok untuk merebut trofi juara.

Selain gengsi yang besar bisa mengangkat trofi juara dan membawa pulang ke negara pemenang, tim juga bakal mendapatkan uang hadiah yang nominalnya sangat menggiurkan.

Baca Juga

Melansir dari Sporting News, FIFA telah mengalokasikan total anggaran hadiah Piala Dunia dengan uang sebesar 440 juta USD atau sekitar Rp6,91 triliun.

Uang sebesar 440 juta USD atau sekitar Rp6,91 triliun tersebut merupakan hadiah penyelenggaraan Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Baca Juga

Nantinya, setiap kontestan yang berkompetisi akan mendapat hadiah uang tergantung dengan sejauh mana tim kontestan melaju di Piala Dunia 2022.

Di level babak penyisihan grup, tiap kontestan yang berkompetisi akan mendapatkan hadiah uang sebesar 9 juta USD atau sekitar Rp141,4 miliar.

Selanjutnya, bagi tim peserta yang finis di babak ke-16 besar, FIFA menyiapkan hadiah uang sebesar 13 juta USD atau setara dengan Rp204,25 miliar.

Baca Juga

1. Hadiah Besar

Logo Piala Dunia 2022

Sedangkan negara peserta Piala Dunia yang finis di perempatfinal akan mendapatkan hadiah uang sebesar 17 juta USD atau sekitar Rp267,1 miliar.

Setelah itu, bagi peserta yang menempati peringkat ke-4 akan mendapat hadiah uang sebesar 25 juta USD atau setara dengan Rp392,8 miliar.

Bagi tim yang berada di peringkat ketiga akan mendapatkan hadiah uang sebesar 27 juta USD atau setara dengan Rp424,22 miliar.

Tim yang menempati runner up akan mendapat 30 juta USD atau Rp471,36 miliar. sedangkan bagi tim yang berhasil menjuarai Piala Dunia akan mendapat hadiah uang 42 juta USD atau Rp659,9 miliar.

Adapun besaran jumlah hadiah para kontestan Piala Dunia akan selalu meningkat di setiap edisinya. Pada edisi 2010 di Afrika Selatan, juaranya mendapat uang sebesar 30 juta USD.

Baca Juga

Sedangkan pada edisi Piala Dunia 2014 di Brasil hadiah bagi jawaranya sebesar 35 juta USD dan Piala Dunia 2018 di Rusia juaranya mendapat total 38 juta USD.

Saat ini, terdapat 32 negara yang berkompetisi untuk mendapatkan hadiah uang maksimal. Semakin jauh melangkah di Piala Dunia, maka akan semakin besar hadiahnya.

Baca Juga

Para pengamat sepak bola sendiri menjagokan beberapa negara yang akan menjadi kampiun Piala Dunia 2022 kali ini. Negara tersebut adalah Brasil, Argentina, Prancis, dan Jerman.

Meski demikian, ada banyak kontestan yang berpotensi menjadi tim kuda hitam yang akan mengguncang dunia. Spanyol, Inggris, Belanda, Jepang, Ghana, bisa jadi akan mendapat hadiah maksimal.

Perlu ditunggu negara manakah yang akan mengondol gelar juara Piala Dunia 2022 yang digelar di Qatar kali ini. 

Baca Juga
ArgentinaJermanFIFABrasilPiala DuniaPiala Dunia 2022

Berita Terkini