x

Sejarah Hari Ini: Tekel David Beckham ke Andik Vermansah Bikin Sang Bintang Dibully

Kamis, 1 Desember 2022 08:29 WIB
Penulis: Martini | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
David Beckham. Foto: Reuters/Matthew Childs

FOOTBALL265.COM - Sejarah 30 November 2011, David Beckham sempat melakukan tekel pada pemain Timnas Indonesia, Andik Vermansah, yang membuatnya di-bully.

Flashback pada 30 November 2011 lalu, tim LA Galaxy yang diperkuat David Beckham sempat menyambangi Tanah Air, serta menghadapi tim Indonesia Selection.

Sebagaimana diketahui, saat itu Andik Vermansah adalah seorang primadona, aksinya selalu dinanti di Timnas Indonesia.

Kala itu, Andik baru saja membawa Timnas Indonesia U-23 meraih titel runner up pada SEA Games 2011. Sehingga, pesepak bola asal Jember itu dijuluki Messi Indonesia.

Bahkan, Andik dikabarkan juga mendapat tawaran untuk bermain di Eropa. Namun, ia memilih bertahan di Persebaya Surabaya.

Baca Juga

Lebih dari satu dekade lalu, Andik masuk salam skuat Indonesia Selection besutan Rahmad Darmawan, menghadapi laga uji coba melawan tim Amerika, LA Galaxy.

Kala itu, LA Galaxy diperkuat nama-nama pemain bintang seperti David Beckham, Robbie Keane, Juninho, Donovan, dll.

Baca Juga

Singkat cerita, ketika peluit tanda kick off berbunyi, Andik Vermansah menunjukkan permainannya yang brilian, meliuk-liuk dan mengecoh lini pertahanan milik LA Galaxy.

Siapa sangka, sekaan frustasi meladeni aksi solo Andik Vermansah, sang pemain kelas dunia, David Beckham pun melakukan tekel keras pada Andik, tepat pada menit ketujuh.

Detik itu, suporter sepak bola Indonesia langsung hilang respek pada Beckham. Ia tidak lagi mendapat dukungan, melainkan sorakan 'boo' setiap kali menguasai bola.

Baca Juga

1. Jersey David Beckham untuk Andik Vermansah

Andik Vermansah (kiri) saat membela Timnas Indonesia menghadapi Thailand dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Skuat Indonesia Selection yang dikawal oleh Andritany Ardhiyasa harus kebobolan satu gol dari LA Galaxy, dilesakkan oleh Robbie Kane di menit ke-14, hingga skor akhir 1-0.

Semua pemain bahagia mengikuti jalannya laga, tetapi tidak dengan David Beckham, ia terus mendapat teriakan 'boo' dari suporter.

Sampai David Beckham ditarik keluar pada menit ke-84 pun, ia terus mendapat sorakan dari suporter Garuda yang memenuhi tribun

Pada titik itu, David Beckham akhirnya sadar jika Andik Vermansah adalah sosok yang sangat dicintai oleh suporter Garuda.

Setelah pertandingan usai, meski banyak pemain Indonesia yang ingin bertukar jersey dengannya, namun David Beckham justru mencari-cari di mana Andik Vermansah.

Baca Juga

Mereka bertukar jersey dan berdamai atas insiden yang sempat terjadi di lapangan.

Menurut kesaksian Andik Vermansah, sampai hari ini pun jersey berharga milik Beckham masih tersimpan rapi di rumahnya.

Seiring waktu, pada tahun 2019 lalu, ada akun Instagram yang mengunggah cuplikan pertandingan antara LA Galaxy vs Indonesia Selection, menyorot aksi Andik Vermansah.

Baca Juga

Tak disangka, David Beckham juga turut meninggalkan komentar. "Very good player," kata sang legenda Timnas Inggris tersebut.

"Ya Tuhan, mimpi apa aku semalam. Terima kasih banyak idolaku," balas Andik melalui akun Instagram pribadinya.

Saat ini, Andik Vermansah tercatat masih aktif bermain di BRI Liga 1 2022-2023. Sang gelandang memperkuat Bhayangkara FC.

Baca Juga
David BeckhamLA GalaxyAndik VermansahTimnas IndonesiaOn This DayIndonesia SelectionBerita Timnas IndonesiaSejarah

Berita Terkini