x

Bedah Harga Skuad 4 Semifinalis Piala Dunia 2022: Prancis 4 Kali Lipatnya Maroko!

Minggu, 11 Desember 2022 14:23 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Selebrasi Aurelien Tchouameni usai mencetak gol Prancis kontra Inggris di perenpat final Piala Dunia Qatar 2022. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

FOOTBALL265.COM – Empat tim nasional yang berhasil memastikan lolos ke babak semifinal Piala Dunia 2022 memiliki nilai skuad yang bervariasi. Mulai dari yang termahal Prancis hingga termurah Maroko.

Piala Dunia 2022 telah memasuki babak semifinal seusai empat negara kontestan memastikan diri lolos. Empat negara tersebut adalah Argentina, Kroasia, Maroko, dan Prancis.

Argentina memastikan lolos ke semifinal setelah menumbangkan Belanda lewat adu penalti 4-3, setelah bermain imbang 2-2 di waktu normal.

Kroasia, sebagai calon lawan Argentina di partai empat besar juga memuntaskan perlawanan atas rival Argentina, Brasil.

Sama seperti Argentina, Kroasia menumbangkan Brasil melalui babak adu penalti dengan skor 4-2, setelah pada waktu normal bermain imbang 1-1.

Baca Juga

Pertandingan Argentina vs Kroasia akan menjadi laga pembuka pada babak semifinal Piala Dunia 2022 di Lusai Stadium, Qatar, Rabu (14/12/22) pukul 02.00 WIB.

Maroko berhasil tampil mengejutkan pada babak perempat final seusai memulangkan salah satu raksasa Eropa, Portugal dengan skor, 1-0.

Baca Juga

Youssef En-Nesyri menjadi pahlawan Singa Atlas dalam laga melawan Portugal lewat torehan golnya pada menit ke-42’.

Di babak semifinal, Maroko akan menghadapi Prancis yang menyingkirkan Inggris dengan skor, 2-1. Duel ini akan dimainkan di Stadium Al Byat, Qatar, Kamis (15/12/22) pukul 02.00 WIB.

Duel semifinal Piala Dunia 2022 sendiri diyakini akan berlangsung sengit. Sebab, duel ini bukan hanya soal perebutan tiket ke final namun juga adu gengsi tim nasional berdasarkan nilai skuad masing-masing.

Baca Juga

1. 1. Prancis: Skuad Termahal Serba Pertama

Kylian Mbappe dari Prancis merayakan gol ketiga mereka. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

Tim nasional Prancis mengusung misi untuk mempertahankan gelar juara Piala Dunia di Qatar, yang mana pada edisi Rusia pada 2018 lalu mereka berhasil keluar sebagai jawaranya.

Prancis dipenuhi dengan pemain bintang dengan usia rata-rata 26,6 tahun. Sebut saja Kylian Mbappe, Aurelien Tchouameni, Theo Hernandez, Olivier Giroud, Antoine Griezmann, hingga sang kapten Hugo Lloris.

Menurut data di Transfermarkt, Prancis yang memboyong 26 pemainnya ke Qatar untuk kampanye ini memiliki nilai skuad mencapai 1,03 miliar euro atau setara Rp16,9 triliun.

Nilai tersebut menjadikan skuad Didier Deschamps dinobatkan sebagai timnas termahal ketiga di gelaran Piala Dunia 2022, setelah Inggris (1,26 miliar euro) dan Brasil (1,14 miliar euro).

Adapun Kylian Mbappe menjadi pemain termahal di skuad Prancis. Bintang Paris Saint-Germain ini bernilai 160 juta euro (Rp2,6 triliun), yang juga nilai tertinggi di antara pemain Piala Dunia 2022.

Baca Juga

Kualitas Kylian Mbappe memang tak kaleng-kaleng. Dia merajai top skor baik di kancah kompetisi antarklub di Prancis bersama PSG, di Liga Champions dan di Piala Dunia 2022.

Eks pemain AS Monaco tersebut sejauh ini sudah mengantongi lima gol di Qatar, yang membuatnya ajdi kandidat utama peraih Golden Boots turnamen.

Aurelien Tchouameni yang merupakan pemain termahal kedua di timnas Prancis bahkan hanya memiliki nilai pasar setengah dari harga Kylian Mbappe.

Baca Juga

2. Argentina: Bukan Lionel Messi Sosok Paling Mahal

Timnas Argentina yang digendong Lionel Messi merupakan tim termahal kedua di babak semifinal Piala Dunia 2022.

Menurut data Transfermarkt, Tim Tango yang memboyong 26 pemain ke Qatar memiliki nilai skuad sebesar 645,2 juta euro atau setara dengan Rp10,6 triliun.

Namun Lionel Messi bukanlah pemain dengan nilai termahal di skuad Argentina. Nilai Messi yang kini bermain untuk Paris Saint-Germain hanya bernilai 50 juta euro (Rp822,8 miliar).

Baca Juga

Messi berada di urutan ketiga dalam daftar pemain termahal Argentina.  Di urutan kedua ada bek tengah Cristian Romero yang bernilai 55 juta euro (Rp905 miliar), dan Lautaro Martinez dengan nilai 75 juta euro (Rp1,2 triliun) ada di urutan pertama.

Lautaro Martinez sendiri sudah membuat empat penampilan di Piala Dunia 2022. Namun striker yang bermain di Inter Milan tersebut belum berhasil mencetak satu pun gol.

Kondisi fisik dari alasannya. Lautaro rupanya masih dibekap cedera di bagian engkel. Bahkan, dia harus mendapatkan suntikan penghilang rasa sakit demi bisa main untuk Argentina.

Lain halnya dengan Lionel Messi yang tampil meyakinkan sejak pertandingan pertama. Bahkan, pemain berusia 35 tahun tersebut sudah mengemas 4 gol dan masuk jajaran top skor Piala Dunia 2022.

Baca Juga

2. 3. Kroasia: Bukan Termahal tapi Dihuni Pemain Berkualitas

Luapan kegembiraan Timnas Kroasia usai kalahkan Brasil di Babak Perempatfinal Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hannah Mckay)

Kroasia, yang berstatus kuda hitam di Piala Dunia 2022, memboyong 26 pemainnya ke Qatar. Nilai skuad tim besutan Zlatko Dalic tersebut sebesar 377 juta euro atau setara Rp6,2 triliun.

Bek tengah Josko Gvardiol merupakan pemai termahal di tim berjuluk The Vatreni. Pemain 20 tahun ini bernilai 60 juta euro atau Rp987,2 miliar.

Gelandang tengah Matheo Kovacic menyusul di tempat kedua dengan nilai 40 juta euro atau setara setara Rp658,2 miliar.

Sang kapten Luka Modric hanya bernilai 10 juta euro (Rp164 miliar), sedangkan kiper heroik Kroasia Dominic Livakovic hanya bernilai 8,5 juta euro (Rp139 miliar).

Adapun top skor timnas Kroasia, Andrej Kramaric, yang sejauh ini sudah mencetak dua gol di Qatar memiliki nilai mencapai 9 juta euro (Rp148 miliar).

Baca Juga

4. Maroko: Cuma Seperempatnya Prancis

Salah satu kemenangan paling bersejarah Maroko di Piala Dunia 2022 tentunya saat mereka menjungkalkan Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo demi lolos ke semifinal.

Namun siapa sangka, satu-satunya wakil Afrika ini merupakan tim dengan nilai skuad terkecil di antara tiga semifinalis lainnya. Maroko tercatat hanya bernilai 240,1 juta euro atau setara Rp3,9 triliun.

Baca Juga

Bek kanan Achraf Hakimi merupakan pemain termahal di skuad Singa Atlas. Pemain yang bermain di Paris Saint-Germain ini bernilai 65 juta euro atau Rp1,06 triliun.

Kualitas Achraf Hakimi pun sangat terlihat saat membantu Maroko melancarkan taktik defensifnya di sejumlah pertandingan kontra raksasa Eropa.

Top skor Maroko di Piala Dunia, Youssef en-Nesyri yang sudah mengantongi dua gol sejauh ini hanya memiliki nilai 12 juta euro atau Rp197 miliar.

Gelandang serang Hakim Ziyech dengan satu assist-nya memiliki nilai 17 juta euro (Rp279 miliar), kiper hebat Yassine Bounou bernilai 15 juta euro atau Rp246,8 miliar.

Memang, harga sebuah tim tidak akan menjamin kesuksesan untuk merengkuh gelar Piala Dunia 2022. Mampukah Maroko melanjutkan kisah ajaibnya dan jadi yang terbaik di antara Argentina, Kroasia, dan Prancis?

Baca Juga
KroasiaPrancisArgentinaMarokoPiala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini