x

Pesepakbola Iran, Amir Nasr-Azadani Terancam Dihukum Gantung karena Ikut Kampanye Hak Perempuan

Selasa, 13 Desember 2022 15:22 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Juni Adi
Pesepakbola asal Iran yakni Amir Nasr-Azadani terancam eksekusi hukuman gantung karena ikut mengampanyekan hak perempuan kasus Mahsa Amini.

FOOTBALL265.COM – Pesepakbola asal Iran yakni Amir Nasr-Azadani terancam eksekusi hukuman gantung karena ikut mengampanyekan hak perempuan kasus Mahsa Amini.

Diketahui, Iran tengah bergejolak usai kematian Mahsa Amini yang memprotes rezim penguasa tentang kebijakan mengenakan hijab bagi perempuan.

Beragam gelombang protes digencarkan rakyat setempat maupun dunia kepada pemerintah terkait dengan hak perempuan. Tak terkecuali pemain timnas Iran yang berlaga di Piala Dunia 2022.

Amir Nasr-Azadani menjadi salah pesepak bola Iran yang gencar menyuarakan hak perempuan buntut dari kasus Mahsa Amini. Namun, ia bakal menerima sanksi berat.

Sebagaimana dilansir melalui akun Twitter Federasi Internasional Asosiasi Pesepak Bola Profesional (FIFPro), menyebutkan Amir akan dihukum mati seperti beberapa terdakwa yang tidak mematuhi perintah penguasa Iran.

Baca Juga

FIFPro terkejut dan muak dengan pemberitaan mengenai Amir Nasr-Azadani akan menghadapi hukuman mati setelah mengampanyekan hak perempuan dan kebebasan di negaranya,” tulis FIFPro.

“Kami berdiri dalam solidaritas dengan Amir Nasr-Azadani dan menyerukan hukumannya segera dicabut,” sambung FIFPro.

Baca Juga

Hal yang serupa turut dilakukan timnas Iran untuk memprotes kebijakan rezim yang berkuasa, karena dianggap tidak sesuai dengan hak asasi manusia dan perempuan.

Sebelumnya, timnas Iran mengakhiri perjuangannya di Piala Dunia 2022 usai kandas di fase grup usai menelan kekalahan dari Amerika Serikat dan Inggris.

Sementara itu, satu-satunya kemenangan yang berhasil dipetik Iran di fase grup yakni ketika melawan Wales. Rouzbeh Cheshmi dan Ramin Rezaeian mencetak gol di masa injury time.

Dalam pertandingan perdana melawan Inggris, Iran turut menuai sorotan karena tak menyanyikan lagu kebangsaan. Hal ini merupakan bentuk protes terhadap rezim yang berkuasa.

Baca Juga

1. Kronologi Hukuman Amir Nasr-Azadani

Kronologi Hukuman Amir Nasr-Azadani.

Nama Amir Nasr-Azadani menjadi sorotan masyarakat usai terancam dijatuhi hukuman mati oleh Pemerintah Iran karena mendukung kampanye hak perempuan buntut dari kasus Mahsa Amini.

Amir Nasr-Azadani sendiri merupakan pemain sepak bola Iran yang sebelumnya tergabung di klub Rah-Ahan, Tractor dan Gol-e Rayhan.

Menurut salah salah satu media Iran, IranWire, Amir Nasr-Azadani dan dua terdakwa lainnya dipublikasikan oleh stasiun televisi pemerintah karena mengampanyekan hak perempuan.

Kendati demikian, IranWire mengonfirmasi Amir memang ikut dalam beberapa protes yang dilakukan warga lokal terkait dengan kasus Mahsa Amini.

Menurut pemberitaan, Amir terancam mendapatkan hukuman gantung sama seperti beberapa terdakwa yang memprotes peraturan pemerintah Iran.

Baca Juga

Sebelumnya, kasus Mahsa Amini tak hanya disoroti oleh warga lokal namun beberapa atlet Iran yang berlaga di berbagai kejuaraan internasional.

Sebagaimana yang diungkapkan kapten timnas Iran, Ehsan Hajsafi yang menolak peraturan pemerintah Iran karena tidak sesuai dengan hak kemanusiaan dan perempuan.

Baca Juga

“Kami harus menerima kondisi di negara kami dan banyak orang-orang kami tidak senang. Bukan berarti kami tidak boleh menyuarakan atau tidak boleh menghormati mereka,” ungkap Ehsan.

Sebelumnya, timnas Iran sempat dikawal ketat oleh utusan dari pemerintah Iran karena protes keras yang dilancarkan Ehsan Hajsafi kala pertandingan perdana di fase grup Piala Dunia 2022.

Beberapa pakar hukum internasional sempat memprediksi pemain timnas Iran dan keluarga akan mendapatkan sanksi dari rezim yang berkuasa.

Baca Juga

Sumber: Twitter

IranFIFProBola InternasionalSepak Bola

Berita Terkini