x

Profil Tim Piala AFF 2022: Brunei, si 'Anak Hilang' Asia Tenggara yang Akhirnya Kembali

Rabu, 14 Desember 2022 17:12 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Profil Timnas Brunei Darussalam, yang bakal comeback di Piala AFF 2022. Foto: Instagram@bruneifootball.

FOOTBALL265.COM - Profil Timnas Brunei Darussalam, yang bakal comeback di Piala AFF 2022 setelah absen dari kompetisi Asia Tenggara sejak 1996.

Ya, terakhir kali mereka berpartisipasi di Piala AFF adalah 1996 - edisi pertama turnamen yang masih bernama Tiger Cup. Setelah itu, nama Brunei selama bertahun-tahun tidak pernah terlihat di daftar kontestan.

Di Piala AFF 2020, mereka memilih mundur dari kualifikasi akibat pandemi Covid-19, hingga akhirnya bisa kembali di edisi 2022 ini.

Sudah lama tidak menginjakkan kaki di Piala AFF, Timnas Brunei tentu dihadapkan pada tantangan besar bersama pelatih mereka saat ini, Mario Rivera Campesino.

Apalagi, catatan mereka saat terakhir kali bermain di Piala AFF 1996 tidak terlalu bagus. Bemain di Singapura, Brunei langsung tersingkir di fase grup.

Baca Juga

Dari empat pertandingan, mereka hanya mencatatkan satu kemenangan dan sisanya berakhir dengan kekalahan.

Yang lebih mengerikannya lagi, tim berjuluk The Wasps tersebut kebobolan sampai 15 gol namun di sisi lain hanya mencetak satu ke gawang lawan.

Baca Juga

Sepanjang sejarahnya menuju Piala AFF 2022, sepak bola Brunei pernah diganjar sanksi pembekuan FIFA pada 2009 silam.

Namun akhirnya sanksi tersebut dicabut kurang lebih dua tahun kemudian. Brunei akhirnya kembali aktif di kancah sepak bola pada 30 Mei 2011.

Meski sanksi telah dicabut, sepak terjang Brunei Darussalam di dunia si kulit bundar terbilang tidak terlalu maju. Akan tetapi, tahun 2022 ini berbeda.

Baca Juga

1. Skuad Timnas Brunei Darussalam

Profil Timnas Brunei Darussalam, yang bakal comeback di Piala AFF 2022. Foto: Instagram@bruneifootball.

Pada tahun 2022, Brunei Darussalam memiliki ambisi yang luar biasa untuk memajukan sektor sepak bola mereka.

Dimulai dari penunjukan Paul Munster sebagai dirtek, menyusul kemudian pengangkatan Mario Rivera Campesino sebagai pelatih.

Kebijakan itu pun berbuah manis untuk Timnas Brunei, yang untuk pertama kalinya lolos kualifikasi Piala AFF sejak 26 tahun lalu.

Kepastian lolos ke Piala AFF 2022 diperoleh Timnas Brunei setelah menekuk Timor-Leste - dua tim sepak bola dengan ranking rendah di Asia Tenggara.

Brunei akan memulai perjuangan di Grup A Piala AFF 2022 menghadapi Timnas Indonesia, Kamboja, Filipina, dan juara edisi 2020, Thailand.

Baca Juga

Namun sayang, mereka belum bisa menggunakan Stadion Nasional Hassanal Bolkiah sebagai venue pertandingan lantaran masih dalam proses renovasi.

Nantinya mereka akan menjamu lawan-lawannya di KLFA Stadium, yang menjadi markas klub sepak bola Malaysia, Kuala Lumpur City.

Baca Juga

Skuad

Kiper: Haimie Abdullah Nyaring, Ishyra Asmin Jabidi, Jefri Syafiq Ishak

Belakang: Najib Tarif, Hanif Hamir, Alinur Rashimy Jufri, Yura Indera Putera Yunos, Abdul Mu'iz Sisa, Wafi Aminuddin, Fakharrazi Hassan

Tengah: Azwan Ali Rahman, Azwan Saleh, Shafie Effendy, Hendra Azim Idris, Nur Ikhwan Othman, Haziq Kasyful, Khairil Shahme Suhaimi

Depan: Nazirrudin Ismail, Adi Said, Abdul Azizi Ali Rahman, Razimie Ramlli, Hamizan Azizi, Hakeme Yazid Said

Baca Juga

2. Pemain Bintang dan Pelatih Brunei

Profil Timnas Brunei Darussalam, yang bakal comeback di Piala AFF 2022. Foto: Instagram@bruneifootball.

Pemain Bintang: Razimie Ramlli

Jika bicara soal sepak bola Brunei, mungkin nama yang pertama muncul di benak adalah Faiq Bolkiah. Namun di Piala AFF 2022 nanti, Mario Rivera Campesino bisa mengandalkan sosok Razimie Ramlli.

Pemain yang satu ini termasuk sosok yang cukup senior di Timnas Brunei, yang punya peran penting dalam perjuangan mereka menembus kompetisi Piala AFF 2022.

Dua golnya di pertandingan melawan Timor-Leste membantu Brunei menang besar 6-2 di pertemuan pertama mereka pada awal November.

Razimie Ramlli saat ini berusia 32 tahun dan bermain untuk klub sepak bola yang berbasis di Bandar Seri Begawan, DPMM FC.

Baca Juga

Pelatih: Mario Rivera Campesino

Ditunjuk pada 2022 lalu, pelatih asal Spanyol ini sejatinya bukan nama asing di ruang lingkup sepak bola Brunei, lantaran pernah menangani tim U-21 mereka pada 2018.

Sekarang menangani tim senior, Mario Rivera Campesino adalah harapan sekaligus ekspektasi tinggi masyarakat Brunei yang ingin melihat sektor sepak bola mereka bangkit kembali.

Baca Juga

Jadwal Pertandingan Timnas Brunei di Piala AFF 2022

Selasa, 20 Desember 2022

Brunei vs Thailand

Jumat, 23 Desember 2022

Filipina vs Brunei

Senin, 26 Desember 2022

Brunei vs Indonesia

Kamis, 29 Desember 2022

Kamboja vs Brunei

Baca Juga
Brunei DarussalamPiala AFFBola InternasionalPiala AFF 2022

Berita Terkini