x

Tua-tua Keladi! Deretan Rekor Lionel Messi Antar Argentina ke Final Piala Dunia 2022

Rabu, 14 Desember 2022 08:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Pemain megabintang sekaligus kapten Timnas Argentina, Lionel Messi tersenyum lebar usai membawa timnya ke final Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Molly Darlington).

FOOTBALL265.COM – Lionel Messi benar-benar membuktikan dirinya mampu membawa Argentina jadi kandidat terkuat menjuarai Piala Dunia 2022. Sejumlah fakta terbaru menunjukkan kiprah Messi tersebut, apa sajakah itu?

Sempat terjegal di laga perdana babak penyisihan grup, Argentina dengan cepat berbenah diri untuk menunjukkan performa apiknya di panggung sepak bola empat tahunan ini.

Terbaru, Argentina akhirnya berhasil memastikan diri melangkahkan kaki ke partai puncak Piala Dunia 2022 setelah menaklukkan Kroasia dengan skor, 3-0.

Dua gol Argentina tercipta pada babak pertama melalui aksi Lionel Messi di menit ke-34’ dan Julian Alvarez ke-39’.

Sedangkan, tambahan satu gol Argentina terjadi saat babak kedua atau tepatnya di menit ke-69’ melalui aksi Julian Alvarez kembali.

Baca Juga

Argentina akan meladeni pemenang antara Prancis vs Maroko yang baru akan berlangsung pada Kamis (15/12/22) pukul 02.00 WIB dini hari nanti.

Lionel Messi, yang memainkan Piala Dunia terakhirnya bersama Tim Tango, rupanya tidak hanya mencetak gol namun juga menyumbangkan assist untuk gol kemenangan tim.

Baca Juga

Berkat torehannya tersebut, Lionel Messi dinobatkan sebagai Man of The Match sekaligus memecahkan sejumlah rekor di usianya yang menginjak 35 tahun.

INDOSPORT memaparkan deretan fakta dan rekor terbaru yang berhasil dikantongi Lionel Messi setelah memenangkan laga Argentina vs Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022:

Baca Juga

1. 1. Raih Trofi Man of the Match Terbanyak

Selebrasi pemain megabintang sekaligus kapten Timnas Argentina, Lionel Messi usai cetak gol ke gawang Kroasia di semifinal Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Molly Darlington).

Diketahui, bintang berjuluk La Pulga itu memenangkan gelar pemain terbaik alias Man of the Match dari pertandingan Argentina vs Kroasia.

Penghargaan yang dia terima ini ternyata membuat Messi mencatatkan rekor sebagai pemain dengan peraih trofi Man of The Match terbanyak di Piala Dunia.

Di Piala Dunia 2022 ini, Messi tercatat sudah empat kali meraih gelar Man of the Match, masing-masing di pertandingan melawan Meksiko, Australia, Belanda, dan Kroasia.

Sepanjang keikutsertaannya di Piala Dunia, Mess sudah 10 kali meraih gelar Man of the Match. Catatan ini merupakan yang terbanyak di antara pemain lainnya.

Baca Juga

2. Pemain Tertua dan Tersubur yang Cetak Gol untuk Negaranya

Satu golnya ke gawang Kroasia membuat Lionel Messi saat ini mengantongi lima gol di Piala Dunia 2022. Melansir dari ESPN, Messi pun mencatatkan rekor sebagai pemain tertua yang mampu mencetak lima gol dalam 1 edisi Piala Dunia.

Selain itu, lima gol yang dia sarangkan di Qatar ini menjadikan Messi kini mengantongi 11 gol yang berhasil dia ceploskan ke gawang lawan di semua edisi Piala Dunia yang dia jalani.

Baca Juga

Secara keseluruhan, Messi pun sudah mencetak 16 gol untuk timnas Argentina di sepanjang 2022, lebih dari yang dia cetak pada tahun-tahun sebelumnya.

Hebatnya lagi Messi hanya butuh 13 pertandingan saja untuk mengumpulkannya.  Belum pernah sebelumnya ia sesubur ini untuk Argentina. Padahal saat ini usianya sudah menginjak 35 tahun.

Sebelumnya tahun tersubur Lionel Messi saat berbaju Tim Tango adalah pada 2012 silam. Kala itu sebanyak 12 gol sukses ia sarangkan.

Baca Juga

2. 3. Messi Gacor Abis di Laga Argentina vs Kroasia

Striker muda Argentina, Julian Alvarez dan Lionel Messi melakukan selebrasi bersama saat unggul 3-0 atas Kroasia dalam pertandingan semifinal Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Carl Recine).

Pertandingan Argentina vs Kroasia merupakan laga yang ke-25 bagi Messi di Piala Dunia. Itu berarti, Messi telah menyamai rekor penampilan terbanyak sebelumnya yang dipegang legenda Jerman, Lothar Matthaus.

Di Piala Dunia 2022, Messi sudah tampil sebanyak enam kali, masing-masing tiga laga di babak penyisihan grup, dan tiga lainnya di babak 16 besar, perempat final dan semifinal.

Dengan Messi tetap dijamin tampil di final melawan Prancis atau Maroko, maka dirinya sudah bisa dipastikan akan memecahkan rekor Matthaus terlepas apa pun hasil yang diraih Argentina di semifinal.

Bukan hanya itu, penampilan terakhir Messi saat melawan Kroasia menunjukkan bahwa dirinya punya andil yang besar untuk mewujudkan impian negaranya di ambang gelar juara dunia.

Melansir dari FotMob, Messi yang tampil penuh selama 90 menit telah mencetak satu gol dan satu assist. Satu golnya dicetak lewat titik putih penalti, sementara assistnya tercipta setelah mengoyak pertahanan Kroasia.

Baca Juga
Baca Juga

Lewat aksi individu brilian di menit ke-69 sukses, Messi sukses memperdaya bek andalan Kroasia, Josko Gvardiol.

Messi mencoba menusuk ke kotak penalti dari sisi kanan pertahanan lawan. Gocekan mautnya diakhiri dengan assist berupa umpan tarik yang dituntaskan Julian Alvarez jadi gol. 3-0 untuk Argentina.

Secara statistik, Messi telah menciptakan dua peluang, lima kali sukses melakukan dribbling dari 7 upaya yang dilakukan dan 34 kali sukses lakukan umpan akurat dari 40 percobaan.

Baca Juga
ArgentinaLionel MessiPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022Trivia Piala Dunia 2022

Berita Terkini