x

Profil Tim Piala AFF 2022: Myanmar, Negara Seribu Pagoda yang Tak Bisa Dipandang Sebelah Mata

Selasa, 20 Desember 2022 11:06 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Logo Piala AFF 2022.

FOOTBALL265.COM - Timnas Myanmar akan kembali meramaikan turnamen sepak bola paling bergengsi di ASEAN yaitu Piala AFF 2022. Lantas apakah tahun ini mereka mampu membuat kejutan?

Di Piala AFF 2022, Myanmar tergabung ke dalam Grup B bersama Malaysia, Vietnam, Singapura dan Laos. Tentu lawan yang paling menyulitkan mereka adalah Vietnam, Malaysia serta Singapura.

Namun, Myanmar tidak boleh dipandang sebelah mata. Mereka bisa saja membuat kejutan seperti yang pernah terjadi di Piala AFF 2016 lalu.

Kala itu, negara Seribu Pagoda berhasil meraih posisi kedua fase grup dengan mengungguli dari Malaysia yang gagal lolos karena berada di urutan ketiga.

Namun, Myanmar akhirnya kalah di semifinal saat bersua Thailand. Melawan tim kuat Gajah Perang, mereka kalah telak dengan agregat 6-0.

Baca Juga

Selain di edisi 2016, Tim Seribu Pagoda juga pernah tampil mengejutkan saat Piala AFF 2004 silam. Mereka kala itu sukses lolos ke semifinal sebagai juara grup.

Myanmar lolos ke semifinal dengan mengungguli negara-negara kuat seperti Malaysia dan Thailand. Namun sayang, mereka harus gagal melaju ke partai final.

Sementara itu, jelang menghadapi Piala AFF 2022, Myanmar besutan Antoine Hey telah melakukan sejumlah persiapan. Salah satunya dengan mengadakan pertandingan uji coba.

Baca Juga

Myanmar sempat menantang juara bertahan yakni Thailand pada Minggu (11/12/22) lalu. Bermain di Thammasat Stadium, Pathum Thani, pasukan Antoine Hey dihajar dengan skor 0-6.

Meski kalah telak dari Thailand, skor tersebut tetap tidak bisa dijadikan patokan oleh para lawan di Grup B Piala AFF 2022. Bisa saja Myanmar membuat kejutan, sama seperti adanya Maroko di Piala Dunia Qatar.

Baca Juga

1. Skuat Myanmar untuk Piala AFF 2022

Pertandingan kedua grup B Piala AFF U-19 antara Thailand vs Myanmar di Stadion Patriot, Senin (04/07/22).

Di ajang Piala AFF 2022, Timnas Myanmar masih mengandalkan jasa pelatih asing bernama Antoine Hey. Ia bukanlah sosok asing karena sudah menangani tim sejak 2018 lalu.

Sebelumnya, ia diberikan tugas berat dengan juga memegang skuat Myanmar U-23. Namun kini ia hanya fokus untuk memegang kendali tim nasional senior.

Pelatih asal Jerman tersebut juga memiliki pengalaman pernah melatih beberapa negara Afrika. Ia tercatat pernah membesut timnas Liberia, Rwanda, Kenya dan Gabia.

Sebelum menjadi pelatih, ia sempat berkarier sebagai pemain dengan membela klub Inggris, Birmingham City. Hanya saja kariernya sebagai pemain tidak begitu bagus.

Sementara itu, dalam menghadapi Piala AFF 2022, Antoine Hey akan memnawa sejumlah pemain andalannya, termasuk adanya bintang muda bernama Hein Htet Aung.

Berikut Daftar Pemain Timnas Myanmar untuk Piala AFF 2022:

Penjaga Gawang: Kyaw Zin Phyo, Tun Nanda Oo, San Set Naing.

Belakang: Hein Zeyar Lin, Zaw Ye Tun, David Htan, Ye Min Thu, Kyaw Zin Lwin, Thiha Htet Aung, Aung Wunna Soe, Wai Yan Oo, Nanda Kyaw, Win Moe Kyaw.

Tengah: Hlaing Bo Bo, Aung Naing Win, Kyaw Min Oo, Lin Htet Soe, Yan Naing Oo, Ye Yint Aung, Myat Kaung Khant, Wai Lin Aung, Thet Wai Moe, Hein Htet Aung.

Depan: Win Naing Tun, Naing Zin Htet, Yan Kyaw Htwe, Aee Soe.


2. Pemain Bintang: David Htan

Logo Piala AFF 2022.

David Htan menjadi sosok penting dibarikan belakang Myanmar. Meski sudah berusia 32 tahun, ia memiliki sejumlah pengalaman yang tidak bisa diremehkan.

Bermain sebagai bek kanan, David Htan tercatat sudah membela Myanmar sejak  2012 silam. Meski tidak ada gelar di tim nasional, ia sukses tampil hebat di liga domestik.

David Htan berhasil memperoleh tujuh gelar juara kompetisi kasta tertinggi Liga Myanmar bersama klubnya. Ia kini tercatat sebagai pemain Yangon United sejak 2018 lalu.

Dalam catatan pertandingan di level internasional, David Htan pernah beberapa kali bertemu dengan Timnas Indonesia.

Salah satunya dalam laga uji coba yang digelar pada November 2021 lalu. Saat itu, Myanmar kalah telak dari Timnas Indonesia dengan skor 1-4.

Tidak hanya itu, ketika masih berseragam di Shan United, David Htan pernah melawan rakasasa Liga Indonesia, PSM Makassar dan Persija Jakarta di Piala AFC.

Jadwal Timnas Myanmar di Grup B Piala AFF 2022:

Rabu, 21 Desember 2022 pukul 17.00 WIB

Myanmar vs Malaysia

Sabtu, 24 Desember 2022 pukul 17.00 WIB

Singapura vs Myanmar

Jumat, 30 Desember 2022 pukul 17.00 WIB

Myanmar vs Laos

Selasa, 3 Januari 2023 pukul 17.00 WIB

Vietnam vs Myanmar.

MalaysiaVietnamSingapuraMyanmarLaosTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala AFF 2022

Berita Terkini