x

Piala AFF 2022: Timnas Malaysia Keluhkan Tempat Latihan di Myanmar seperti Lapangan Kampung

Rabu, 21 Desember 2022 14:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Jelang laga perdana di Piala AFF 2022, Rabu (21/12/22) sore, Timnas Malaysia mengeluh tempat latihan mereka di Myanmar seperti lapangan kampung.

FOOTBALL265.COM - Jelang laga perdana di Piala AFF 2022, Rabu (21/12/22) sore, Timnas Malaysia mengeluh tempat latihan mereka di Myanmar seperti lapangan kampung.

Keluhan pedas ini sebetulnya tidak secara langsung disampaikan oleh para pemain Timnas Malaysia, tetapi diviralkan oleh netizen Negeri Jiran di media sosial.

Suporter Timnas Malaysia kaget melihat timnya melakukan latihan peregangan di teras suatu bangunan sederhana. Di teras itu bahkan terdapat sebuah alat berat.

Pagar pembatas antara area lapangan dan area luar sangat sederhana, hanya dibatasi kawat yang sudah karatan, sangat jauh dari kata layak untuk menjamu tim internasional. Bahkan digambarkan sebagai lapangan daerah pedesaan. 

Belum lagi jika mengamati kualitas lapangan, skuad Malaysia harus berlatih di lapangan yang tidak rata, tentu belum berstandar FIFA.

Baca Juga

Kondisi lapangan di Myanmar yang seperti lapangan kampung, tidak memungkinkan bagi skuad Harimau Malaya untuk berlatih.

Baca Juga

Dilansir dari Berita Harian, skuad besutan Kim Pan-gon hanya melakukan pemanasan ringan, tidak berlatih keras, untuk menjaga stamina mereka menjelang laga Piala AFF.

"Tanah yang tidak rata dan keras dapat menyebabkan pemain Timnas (Malaysia) cedera," tertulis di laman Berita Harian.

"Tidak hanya harus berlatih di lapangan yang berkualitas buruk, para pemain juga harus 'berbagi' ruang sempit dengan roller (alat berat) untuk tempat relaksasi otot."

"Situasi ini tidak dapat diterima karena Piala AFF adalah turnamen sepak bola terbesar bagi tim regional (Asia Tenggara)," tulisnya.

Baca Juga

1. Malaysia Mengeluh, Pelatih Myanmar Minta Maaf

Pelatih Timnas Myanmar, Antoine Hey.

Meski banyak protes datang dari netizen Negeri Jiran terkait lapangan di Myanmar, tetapi pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan Gon, mengaku menerima dengan tabah.

"Saya menghormati Federasi Sepak Bola Myanmar (MFF). Saya tahu ini yang terbaik yang bisa mereka lakukan. Kami tidak bisa mengeluh tentang ini," ucap Kim Pan Gon.

Sementara pelatih Timnas Myanmar, Antoine Hey mewakili penyelenggara meminta maaf atas keterbatasan yang disiapkan Myanmar di Piala AFF 2022.

Keterbatasan yang mereka berikan pada Timnas Malaysia, lantaran sudah dua tahun pandemi merebak, sehingga Myanmar sulit mempersiapkan fasilitas level internasional.

"Ini adalah pertandingan kandang pertama tim Myanmar setelah hampir tiga tahun," ungkap Antoine Hey kepada awak media.

Baca Juga

Sementara melirik kolom komentar akun Instagram FA Malaysia, netizen masih juga mempermasalahkan kualitas lapangan yang disiapkan Myanmar untuk Timnas Malaysia.

"Aduh parah kali dikasih lapangan latihan begitu, yang semangat ya Mase Mase Malaysia," komentar @theblackk****.

Baca Juga

"Lapangan apa yang diberikan untuk latihan Timnas Malaysia, lebih bagus lapangan sekolahku," balas akun @tgism***.

"Lapangan latihan ini bisa membuat cedera yang tidak diharapkan," ungkap @kudo***.

"Kita tidak bisa menyalahkan Myanmar, sebab fasilitas kita pun belum canggih, tapi kalau seperti ini kayak main tarkam saja," komentar dari akun Instagram @w4n***.

Baca Juga
MalaysiaMyanmarPiala AFFBola InternasionalTimnas MalaysiaPiala AFF 2022

Berita Terkini