x

Liga 1: Cedera, Kiper Persib Bandung Reky Rahayu Harus Absen Hampir Sebulan

Jumat, 23 Desember 2022 17:35 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, membeberkan kondisi terkini penjaga gawang Reky Rahayu, yang mengalami cedera pada pertandingan Liga 1

FOOTBALL265.COM - Dokter tim Persib Bandung, Rafi Ghani, membeberkan kondisi terkini penjaga gawang Reky Rahayu, yang mengalami cedera pada pertandingan Liga 1 2022-2023 menghadapi Persita Tangerang, Rabu (21/12/22).

Saat pertandingan yang berlangsung di Stadion Sultan Agung, Bantul, Reky Rahayu tidak dapat melanjutkan laga di menit 68 karena mengalami cedera. Sehingga, Luis Milla memasukkan penjaga gawang senior I Made Wirawan.

Menurut Rafi, saat itu Reky merasakan sakit di bagian bahunya, sehingga membuat penjaga gawang bernomor punggung 34 itu tidak dapat melanjutkan pertandingan.

"Jadi seperti yang kita ketahui, pada hari kemarin kita melawan Persita Tangerang salah satu kiper kita Reky Rahayu mengalami cedera dan pada saat itu langsung digantikan. Karena, Reky merasakan nyeri yang cukup hebat," kata Rafi kepada wartawan, Kamis (22/12/22).

Lebih lanjut Rafi menuturkan, dari hasil pemeriksaan yang dijalani oleh penjaga gawang berusia 29 tahun tersebut, diketahui jika Reky mengalami robekan di bagian ligamen bahunya.

Baca Juga

"Dari hasil pemeriksaan setelah melakukan pemeriksaan penunjang X-ray dan USG muskuloskeletal tampak memang ada robekan di ligamentum Acromioclavicular," ucap Rafi. 

"Cederanya bagian bahu kanan, yang kita tahu di situ ada banyak otot, tendon, ligamen, yang menghubungkan antar tulang terutama ligamentum yang di tulang klavikula dan acromion-nya, tampak ada ruptur parsial tidak total tapi nampaknya ada robekan di bahu kanannya," jelasnya.

Baca Juga

Kondisi tersebut menurut Rafi, membuat Reky dipastikan bakal absen dua sampai tiga pekan untuk pemulihan. Sehingga, pada pertandingan pekan ke-17 kompetisi Liga 1 2022-2023 menghadapi Persikabo, Persib dipastikan tanpa Reky.

"Jadi kelihatannya untuk Reky butuh waktu pemulihan istirahat kurang lebih dua sampai tiga minggu ke depan," jelas Rafi.

Rafi akan terus memantau kondisi kebugaran Reky, terutama usai skuat Maung Bandung menyelesaikan pertandingan putaran pertama kompetisi Liga 1 2022-2023 yang menggunakan sistem bubble ini.

Baca Juga

1. Alasan Tak Turunkan Teja Paku Alam

Penjaga gawang Persib, Teja Paku Alam.

Selain itu, Rafi juga mendoakan dan berharap proses pemulihan cedera Reky berjalan lancar. Sehingga, bisa segera berlatih kembali dengan tim untuk persiapan menghadapi laga lainnya di kompetisi Liga 1 2022-2023. 

"Kita doakan Reky bisa lebih cepat untuk menjalani proses pemulihannya dan nanti sepulangnya dari bubble dari Jogja ini, kita akan observasi terus kalau memang memerlukan pemeriksaan penunjang lain kita akan lakukan di Bandung," ucapnya.

Sementara itu, pelatih Persib Bandung, Luis Milla, membeberkan alasan tidak menurunkan Teja Paku Alam pada pertandingan pekan ke-16 Liga 1 2022-2023 menghadapi Persita.

Menurut Luis Milla, sebelumnya dia sudah mempersiapkan Teja Paku Alam untuk mengisi posisi penjaga gawang dalam pertandingan tersebut, tetapi kiper yang menggunakan nomor punggung 14 ini kondisinya kurang bugar.

Sehingga, pada pertandingan pekan ke-16 kompetisi Liga 1 2022-2023, Luis Milla menurunkan Reky Rahayu di posisi penjaga gawang.

Baca Juga

"Saya semula menyiapkan Teja di awal, tapi dia mengalami masalah, dia menderita demam. Setelah itu kami memilih untuk memainkan Reky," kata Luis Milla.

Saat pertandingan, Reky Rahayu tidak dapat melanjutkan laga pada menit 68' karena mengalami cedera, sehingga Luis Milla memasukkan penjaga gawang senior I Made Wirawan.

Baca Juga

"Tetapi dia sedang tidak dinaungi keberuntungan. Tapi kami masih punya Made dan Fitrul," ucap pelatih asal Spanyol ini.

Menurut mantan pelatih Timnas Indonesia ini, penjaga gawang yang dimiliki Persib seluruhnya memiliki kualitas dan selalu berusaha menampilkan permainan terbaiknya, baik pada sesi latihan maupun pertandingan.

Selain itu, Luis Milla juga mengapresiasi peran dari pelatih penjaga gawang Persib, Luizinho Passos. Pasalnya, pelatih asal Brasil tersebut mampu menjaga kualitas kiper yang dimiliki skuad Maung Bandung, termasuk Reky Rahayu.

"Saya melihat seluruh penjaga gawang berlatih dan bekerja dengan sangat keras. Saya senang dengan kinerja para kiper dan Luizinho (Passos)," ujar pelatih Persib Bandung di Liga 1, Luis Milla.

Baca Juga
Persib BandungLuis MillaReky RahayuLiga IndonesiaLiga 1Berita Liga 1Luiz Fernando Silva Passos

Berita Terkini