x

5 Pembelian Terbaik Liverpool di Bursa Transfer Januari, Salah Satunya Sturridge

Senin, 26 Desember 2022 11:47 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Juren Klopp dan Daniel Sturridge

FOOTBALL265.COM - Liverpool mulai aktif jelang bursa transfer musim dingin Januari 2023. Menarik untuk melihat 5 pembelian terbaik mereka di bursa transfer Januari dalam sejarah. 

Salah satu yang jadi prioritas Liverpool jelang bursa transfer musim dingin Januari adalah mencari gelandang bertahan murni. 

Baca Juga

Pasalnya, Liverpool kerap kepayahan, karena beberapa gelandang tampil angin-anginan dan didera cedera, sehingga memerlukan gelandang baru.

Berdasarkan laporan Corriere dello Sport, Sofyan Amrabat dikaitkan dengan Liverpool untuk bursa transfer Januari mendatang. 

Pasalnya, sejumlah stok mereka seperti James Milner, Alex Oxlade-Chamberlain, dan Naby Keita akan segera habis kontrak pada musim panas tahun depan. 

Baca Juga

Lalu ada pula para gelandang kawak yakni Jordan Henderson dan Thiago Alcantara yang dari segi usia sudah makin menua.

Dengan Amrabat berada dalam radar mereka, Liverpool harus menengok ke belakang. Seperti apa pemain-pemain yang jadi pembelian terbaik mereka di bulan Januari sepanjang sejarah. Simak selengkapnya di bawah ini.

5. Javier Mascherano

Javier Mascherano bergabung dengan Liverpool dari West Ham pada tahun 2007, yang membuat namanya semakin meroket dan menjadi salah satu gelandang bertahan terbaik di dunia.

Baca Juga

Performa terbaik Mascherano bersama Liverpool terjadi pada musim 2008/09. Ketika itu dia menjalin kombinasi yang bagus dengan Steven Gerrard dan Xabi Alonso. 

Mascherano meninggalkan Liverpool pada tahun 2011. Dia mencatatkan 139 penampilan untuk The Reds sebelum hengkang ke Barcelona.


1. 4. Luis Suarez

Luis Suarez, mantan pemain Liverpool.

Kemudian pada Januari 2011, Liverpool merekrut Luis Suarez guna menggantikan Fernando Torres yang hengkang ke Chelsea. 

Striker kenamaan Uruguay itu langsung menjelma jadi striker haus gol dan menjadi salah satu penyerang terbaik di Liga Inggris. 

Baca Juga

Bomber Uruguay itu mampu mencetak 82 gol dari 133 penampilan untuk The Reds. Tidak hanya mencetak gol, Suarez juga rajin membuat assist sebanyak 47 kali.

3. Philippe Coutinho

Philippe Coutinho didatangkan Liverpool dari Inter Milan pada Januari 2013, dengan biaya sebesar 8,5 juta poundsterling saja. 

Pembelian tersebut dianggap cerdas karena membeli pemain muda potensial, namun juga dikritik lantaran performa Coutinho di Inter Milan tak berkembang. 

Baca Juga

Seiring berjalannya waktu, kemampuan Coutinho di Liverpool ternyata semakin bagus. Gelandang Brasil ini menjelma jadi pemain favorit publik Anfield.  

Coutinho mencatatkan 54 gol dan 45 assist dari 201 penampilan bersama The Reds. Namun, kebersamaan Philippe Coutinho bersama Liverpool berakhir pada 2018. Pemain 28 tahun itu memilih hengkang ke Barcelona.

2. Daniel Sturridge

Bersamaan ketika merekrut Coutinho, Liverpool juga melengkapi komposisi skuat di lini depan dengan merekrut Daniel Sturridge. 

Baca Juga

Striker satu ini memang dikenal lebih sering bolak-balik ruang pengobatan karena cedera kambuhan. Namun 18 bulan sejak Januari 2013 di Liverpool, dia menjelma sebagai striker berbahaya. 

Sturridge mampu mencetak 30 gol hanya dari 43 penampilan di semua kompetisi pada medio Januari 2013 hingga Agustus 2014. 


2. 1. Virgil van Dijk

Virgil van Dijk, pemain Liverpool. Foto: REUTERS/Piroschka Van De Wouw

Terakhir ada nama Virgil van Dijk yang merupakan pemain dengan pembelian paling sukses Liverpool di bursa transfer Januari.

Bek berpaspor Belanda tersebut diboyong Liverpool dari Southampton dengan mahar 85 juta euro dan menjadikannya sebagai bek termahal di dunia. 

Merogoh kocek yang dalam ternyata tidak sia-sia dilakukan The Reds, sebab kehadiran Van Dijk di lini belakang membuat pertahanan mereka sulit dibobol lawan. 

Baca Juga

Hingga akhirnya Van Dijk menjadi salah satu pemain penting dalam usaha Liverpool meraih gelar juara Liga Inggris dan Liga Champions. 

Dia sudah mencatatkan 130 penampilan untuk Liverpool dengan mencetak 13 gol dan 6 assist.

Dengan rumor Amrabat, belum lagi Jude Bellingham, menarik untuk dilihat siapa yang jadi pembelian terbaik Liverpool pada Januari 2023 mendatang.

LiverpoolLuis SuarezDaniel SturridgeJavier MascheranoLiga InggrisVirgil van Dijk

Berita Terkini